Wanita Miliki Satu Organ Tubuh yang Menua Lebih Cepat Dibanding Pria

SEHAT | 23 Januari 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Penuaan yang terjadi pada pria dan wanita bisa terjadi secara sangat berbeda pada organ tubuh tertentu. Hal ini terungkap oleh sebuah penelitian terbaru.

Wanita mungkin memiliki pembuluh darah yang lebih tua dibanding pria pada usia yang sama. Hal ini disebut membuat mereka menjadi memiliki risiko yang lebih tinggi pada penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari Medical Daily, hal ini diketahui dari sebuah penelitian terhadap ribuan orang selama empat dekade terakhir. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan pada jurnal JAMA Cardiology.

Diketahui bahwa pembuluh darah, termasuk arteri besar dan kecil, menua lebih cepat secara signifikan pada wanita dibanding pada pria. Peneliti mengungkap bahwa temuan ini bisa meningkatkan penanganan untuk mengatasi atau memeriska wanita terkait penyakit kardiovaskular.

"Hasil penelitian ini tidak hanya mengonfirmasi bahwa wanita memiliki biologi dan fisiologi yang berbeda dibanding pria, namun hal ini juga mengilustrasikan mengapa wanita lebih rentan mengalami penyakit jantung jenis tertentu pada titik berbeda dalam kehidupan," terang Susan Cheng, peneliti yang terlibat dalam temuan ini.

1 dari 1 halaman

Cheng dan tim penelitinya menganalisis data dari sekitar 33.000 pasien pada usia 5 hingga 98 tahun pada komunitas yang berbeda di seluruh Amerika Serikat. Partisipan ini terlibat dalam penelitian selama lebih dari 43 tahun dan mengumpulkan dara dari 145.000 orang.

Peneliti juga mempelajari mengenai risiko serangan jantung, gagal jantung, serta stroke pada pria dan wanita. Hasil menunjukkan bahwa pembuluh darah pada wanita bekerja secara berbeda dibanding pria.

Diketahui bahwa banyak wanita pada penelitian ini menunjukkan perubahan pada fungsi pada pembuluh darah mereka setelah tiga puluh tahun. Oada periode ini, wanita menunjukkan bahwa mereka memiliki risiko hipertensi lebih tinggi.

"Hal ini berarti bahwa jika kita mengartikan ambang hipertensi dengan cara yang sama, wanita usia 30 tahun dengan tekanan darah tinggi memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi dibanding pria dengan tekanan darah tinggi pada usia sama," terang Cheng.

Meningkatkan tekanan darah ini juga menjadi lebih sering dialami wanita pada usia 30 tahun dibanding pria pada usia sama. Walau penelitian ini melibatkan populasi yang besar, peneliti mengungkap bahwa penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan mengenai hal ini dan mencari cara lebih baik dalam mengatasinya. (mdk/RWP)

Baca juga:
Pare Diketahui Bisa Membunuh Sel Kanker pada Beberapa Jenis Tertentu
Menonton Pertunjukan dan ke Galeri Seni Bisa Bantu Manula Cegah Kematian
Menonton Film di Bioskop Bisa Miliki Manfaat Setara Olahraga Ringan
Konsumsi Teh Hijau Seminggu 3 Kali Bisa Bantu Cegah Risiko Masalah Kardiovaskular
Tekstur Bisa Sangat Menentukan Persepsi Sebuah Makanan Sehat atau Tidak

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.