Wanita pemalu tak mau menyusui anaknya?

Wanita pemalu tak mau menyusui anaknya?
SEHAT | 12 Agustus 2013 14:58 Reporter : Rizqi Adnamazida

Merdeka.com - Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa wanita pemalu cenderung menghindari aktivitas menyusui anak. Padahal kebiasaan tersebut mampu membahayakan kesehatan bayi.

Penelitian dari Swansea University tersebut adalah riset pertama yang mengaitkan kepribadian seorang wanita dan keinginan menyusui mereka. Menurut peneliti, wanita introvert - yang cenderung lebih pemalu - lebih memilih untuk memberikan susu formula pada bayinya daripada menyusui.

Bukan cuma itu, ibu yang sering cemas dan depresi juga merasa kesulitan untuk menyusui anaknya. Peneliti pun menyarankan jika wanita merasa demikian, sebaiknya segera mencari bantuan daripada membahayakan kesehatan anak.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, menyusui sebenarnya bukan cuma bermanfaat bagi bagi, tetapi juga ibu. Menyusui tepatnya mampu meningkatkan IQ anak, mencegah infeksi dada, asma, alergi, dan berbagai keuntungan sehat lainnya di masa depan.

Sayangnya, sebagian kecil wanita di inggris menyusui anaknya dalam jangka waktu yang lama. Bahkan, hanya ada sekitar dua persen wanita yang memberi asi eksklusif pada bayi sampai usianya menginjak enam bulan.

"Beberapa wanita yang punya sifat pemalu, introvert, mudah cemas, dan stres memang mengalami tantangan tersendiri untuk menyusui anaknya," terang kepala peneliti, Dr Amy Brown.

Namun bukan berarti kepribadian tersebut dijadikan alasan bagi para wanita untuk tidak menyusui anaknya. Menurut Dr Brown, para wanita tersebut perlu menemukan cara yang tepat untuk mengatasi kesulitannya dalam menyusui dan tetap memberikan ASI secara eksklusif sampai bayi berusia enam bulan atau lebih.

Hasil penelitian kemudian diterbitkan dalam Journal of Advanced Nursing.

Baca juga:
5 Mitos dan fakta seputar kehamilan
Cara mengusir rasa gugup menjelang persalinan
Satu dari lima wanita 'dipaksa' kurus setelah hamil
Dikira sakit perut biasa, gadis ini ternyata melahirkan bayi
Tips hamil sehat untuk wanita usia 40-an (mdk/riz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami