Wanita yang Punya Alis Tebal Ternyata Cenderung Menunjukkan Perilaku Narsistik
SEHAT | 10 Februari 2019 14:09 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Saat ini alis merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang cukup jadi pusat perhatian. Banyak wanita rela menghabiskan waktu cukup lama untuk merias alis mereka dan bahkan beberapa juga melakukan sulam alis untuk membuatnya terlihat lebih tebal dan sesuai dengan yang mereka inginkan.

Alis yang tebal dan memiliki bentuk merupakan hal yang kini menjadi perhatian cukup penting bagi wanita. Namun rupanya alis yang tebal ini juga menjadi sebuah pertanda adanya masalah terkait kepribadian yang dimiliki wanita tersebut.

Dilansir dari Femima.in, sebuah penelitian mengungkap bahwa alis yang dimiliki wanita ini mampu menjelaskan mengenai sesuatu hal. Diketahui bahwa alis ini dapat menentukan apakan seseorang memiliki sikap narsisme atau tidak.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Personality mencoba melakukan riset terhadap Narcissism Personality Inventory (NPI), sebuah tes untuk mengetahui adanya gejala narsisme pada seseorang. Pada masing-masing 39 responden, 28 orang diminta menilai orang lain antara satu hingga delapan. Penilaian itu dilakukan dalam skala tidak narsis hingga sangat narsis sekali berdasar penampilan.

Hasil NPI dan penilaian yang diberikan itu kemudian dibandingkan dan dianalisis kembali dengan melihat hal-hal di wajah seseorang. Dari hasil tersebut diketahui bahwa orang dengan alis lebih tebal dan mencolok cenderung memiliki sikap narsisme secara alami.

Analisis lain juga mendukung hasil temuan ini. Pada penelitian tersebut, hasil NPI dari 121 siswa dibandingkan dengan penilaian dari alis yang mereka miliki.

Berdasar penilaian tersebut, ditemukan hasil yang tak jauh berbeda. Mereka yang memiliki alis mencolok dan berbeda juga cenderung memiliki nilai NPI yang lebih tinggi.

"Narsisis mungkin mempertahankan alis yang mencolok, tebal, dan pekat untuk bisa dikenali dan berusaha mereka pertahankan. Hal ini juga memfasilitasi hasrat mereka agar dapat diingat dan disukai oleh orang lain, untuk mendukung penilaian positif yang mereka berikan terhadap diri sendiri," jelas Miranda Giacomin, peneliti dari riset tersebut.

Cocoknya penilaian antara diri sendiri dengan orang lain terhadap wanita dengan alis tebal terhadap perilaku narsis ini cukup menarik. Mungkin tidak terlalu menghabiskan waktu terlalu lama dalam mendandani alis dapat membuat penilaian terhadap seseorang menjadi berubah.

Baca juga:
Penjelasan Ilmiah Soal Kecanduan Media Sosial yang Serupa Narkoba, Berbahaya?
Kenapa Seseorang Mudah Marah Ketika Tengah Lapar?
4 Hal yang Tak Disangka dapat Memperburuk Gejala Kecemasan
Kata Psikolog, Ini 8 Tanda Kamu Adalah Pasangan yang Egois
Menurut Psikoterapis, Ini 10 Pikiran Negatif yang Harus Disingkirkan Jika Mau Bahagia
Wanita Ternyata Lebih Tahan Terhadap Rasa Sakit Dibanding Pria
Perilaku Selfie di Lokasi Bencana Alam Jadi Tanda Adanya Masalah Psikologis

(mdk/RWP)