Waspada! Gangguan Pendengaran pada Anak Bisa Hambat Perkembangan Bicara

Waspada! Gangguan Pendengaran pada Anak Bisa Hambat Perkembangan Bicara
ilustrasi anak. ©erwinreviews.com
SEHAT | 8 April 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Masalah pendengaran pada anak bisa berdampak sangat besar pada berbagai macam hal. Kondisi ini juga bisa menyebabkan masalah berupa terhambatnya perkembangan bicara pada anak.

Dokter Spesialis Telinga, Hidung Tenggorokan-Bedah Kepala Leher Dr. dr. Siti Faisa Abiratno, M.Sc Aud-Vestib Med mengatakan, pendengaran sangat berpengaruh besar pada proses perkembangan bicara anak.

“Terkadang orangtua beralasan anak belum bisa bicara karena belum waktunya atau karena lidahnya pendek. Ini yang menyebabkan penanganan terlambat,” ujarnya dalam keterangan pers Kasoem Hearing Center beberapa waktu lalu.

Menurut Siti, faktor pendukung proses perkembangan bicara anak adalah masuknya stimulus kata-kata atau kalimat di telinga yang diteruskan via jalur saraf pendengaran ke pusat pendengaran di otak. Di sini suara atau kata-kata diinterpretasi dan disimpan untuk dasar perkembangan berbicara lebih lanjut.

“Dengan demikian masalah kemampuan mendengar merupakan hal yang penting dalam perkembangan proses berbicara pada anak. Dimulai dengan anak faham apa yang didengar."

Masalah gangguan dengar pada anak sering tidak disadari oleh para orangtua, lanjut Siti. Anak yang kurang responsif terhadap bunyi di sekitar atau apabila dipanggil tidak respons, dianggap oleh karena anak ‘cuek’ padahal kemungkinan ada masalah kurang dengar.

Siti yang juga dokter konsultan di Kasoem Hearing Center mengungkapkan, perkembangan bicara anak dapat juga dipengaruhi oleh status mental, kesehatan anak dan lingkungan.

Baca Selanjutnya: Auditory Feedback...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami