Waspadai 3 makanan yang bikin persendianmu linu

SEHAT | 19 Juni 2017 12:27 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Saat persendian kaku, linu, dan bengkak, maka kamu tak bisa menggerakkan tubuh dengan nyaman. Akibatnya beberapa aktivitas bisa terganggu.

Nah, selain rajin melakukan pemanasan, kamu juga bisa mencegah nyeri sendi dengan menghindari makanan yang membuat persendian linu. Apa saja makanan yang berpotensi menimbulkan masalah tersebut? Dilansir dari prevention.com, ini dia daftarnya.

Tomat

Meskipun tomat bersifat anti inflamasi, namun para penderita asam urat sebaiknya mewaspadai sayuran ini. Penelitian menemukan bahwa di antara penderita encok atau nyeri sendi, 20% di antaranya melaporkan bahwa tomat sebagai penyebabnya. Meski belum ditemukan alasan yang jelas, namun beberapa peneliti menilai bahwa mengonsumsi tomat bisa meningkatkan kadar asam urat yang menjadi pemicu nyeri sendi.

kedelai

Kedelai, minyak kedelai, dan makanan yang mengandung kedelai ternyata berpotensi menyebabkan persendianmu jadi nyeri. Sebabnya kedelai mengandung asam lemak omega 6 yang tidak baik untuk dikonsumsi penderita nyeri sendi terlalu banyak karena bisa membuat peradangan.

Minuman bersoda

Selain memicu munculnya diabetes, minuman bersoda bisa memicu pelepasan sitokin yang membuat persendian nyeri. Wanita yang minum sekaleng soda atau lebih setiap harinya memiliki risiko 30% lebih tinggi untuk mengalami risiko radang sendi.

Tak hanya menghindari makanan di atas, penderita obesitas pun bisa berisiko tinggi untuk terkena nyeri sendi karena beratnya massa tubuh akan menekan persendian. Oleh karena itu kurangi berat badanmu demi alasan kesehatan.

Smartphone thumb, saat jempol kebanyakan main smartphone

'Menggeretak' jari bikin risiko peradangan sendi meningkat?

Menengok osteorthritis,penyakit yang dikenal dengan pengapuran sendi

Duduk dengan silangkan kaki bikin nyeri sendi?

(mdk/feb)