SEMARANG
  1. HOME
  2. KABAR SEMARANG
Peristiwa

Kemenlu Akan Gelar DiploFest di Semarang, Calon Diplomat Wajib Datang

DiploFest digelar dengan dua kegiatan, yakni Public Lecture dan Festival Diplomasi.

Oleh: Nur Salam 26 Agustus 2019 22:50
DiploFest.

Merdeka.com, Semarang - Diplomacy Festival atau DiploFest yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RepubIik Indonesia akan hadir di Kota Semarang. Menurut rencana, event tersebut akan digelar pada tanggal 29-30 Agustus 2019.

Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri Listiana Operananta menyebutkan, sebelumnya Diplofest telah sukses diselenggarakan di Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Padang dan Makassar. DiploFest diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk membumikan diplomasi Indonesia agar lebih dekat dengan masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa dan pelajar yang ada di Kota Semarang.

"Melalui DiploFest, kita ingin mengajak masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa mengeksplorasi diplomasi dari simulasi sidang internasional, bagaimana menjadi diplomat hingga kesempatan meraih beasiswa dalam dan luar negeri,” ujar Listiana.

Di Kota Semarang, DiploFest digelar dengan dua kegiatan, yaitu Public Lecture dan Festival Diplomasi. Dalam Public Lecture, para pelajar dan mahasiswa dapat langsung berdiskusi bersama pelaku garis depan diplomasi Indonesia termasuk dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi.

Public Lecture bersama para pejabat Kementerian Luar Negeri akan diselenggarakan pada tanggal 29 Agustus 2019 di enam universitas. Antara lain, Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas), Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula), Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, dan Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

"Sementara Public Lecture/Talk Show Menlu RI akan diselenggarakan di Auditorium Prof Soedarto Universitas Diponegoro, Tembalang pada tanggal 30 Agustus 2019 pukul 09.00–11.00 WIB," imbuhnya.

Sementara untuk pelaksanaan Festival Diplomasi, akan diselenggarakan di Simpang Lima pada hari Jumat (30/8) mulai pukul 10.00 WIB. Pada acara itu, para pengunjung dapat menyelami diplomasi Indonesia secara langsung.

"Mereka dapat terjun merasakan mewakili Indonesia untuk perdamaian dunia dalam sidang Dewan Keamanan PBB, bernegosiasi dengan negara lain dalam sidang bilateral, berbicara di depan publik, simulasi TOEFL/IELTS dan masih banyak lagi," terangnya.

Festival Diplomasi juga menghadirkan area Edu Fairs, di mana pelajar dapat mengunjungi berbagai booth yang menawarkan program beasiswa, bagaimana menjadi diplomat, hingga lowongan kerja di organisasi internasional. Berbagai universitas di Semarang juga bergabung untuk memperkenalkan jurusan yang terkait dengan Kementerian Luar Negeri.

Di area ini, para pelajar juga dapat langsung berdiskusi dalam talk show dengan diplomat Indonesia dan negara sahabat. DiploFest juga akan dimeriahkan oleh beberapa artis nasional yang akan hadir menjadi bagian dari diplomasi Indonesia di Simpang Lima Semarang.

"Bagi masyarakat yang berminat mengikuti event DiploFest, dapat mendaftar melalui instagram dan twitter Kemlu RI di @Kemlu_RI maupun Youtube Kemlu TV. Pendaftaran untuk Public Lecture dan Diplofest akan dibuka tanggal 22 Agustus 2019," pungkasnya.

Di sisi lain, Kabag Humas dan Protokol Kota Semarang Wing Wiyarso mengatakan, DiploFest yang diselenggarakan di Kota Semarang diharapkan dapat mendorong masyarakat khususnya generasi muda, mahasiswa dan pelajar untuk dapat lebih memahami dan menjadi bagian dari diplomasi Indonesia.

"Ini kesempatan yang langka di mana selama ini kita mungkin tidak tahu apa dan bagaimana diplomasi luar negeri dijalankan. Maka event DiploFest ini supaya kita manfaatkan sebaik mungkin, karena yang namanya diplomasi Indonesia adalah milik bersama,” ujar Wing.

(ns)

Laporan: Andi Pujakesuma

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI SEMARANG

BERITA SEMARANG