SEMARANG
  1. HOME
  2. KABAR SEMARANG
Cagar Budaya

Menuju World Heritage, dua lembaga asing bantu Pemkot Semarang

"Kedua lembaga itu berasal dari Rotterdam, Belanda dan perwakilan Unesco,"

Oleh: Nur Salam 9 Januari 2018 12:25
Kawasan Kota Lama Semarang

Merdeka.com, Semarang - Dua lembaga asing berkelas dunia memberikan bantuan terhadap persiapan Kota Lama Semarang sebagai situs warisan dunia atau World Heritage. Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryati Rahayu mengatakan, penataan Kota Lama menuju World Heritage atau Situs Warisan Dunia yang diakui Unesco memerlukan perhatian bersama tidak hanya Pemerintah Kota Semarang Saja.

"Untuk itu ada bantuan supervisi dari dua lembaga asing untuk mewujudkan hal itu. Kedua lembaga itu berasal dari Rotterdam Belanda dan perwakilan Unesco," kata Hevearita yang juga Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang, Selasa (9/1).

Hevearita menambahkan, kedua lembaga yang konsen terhadap situs warisan dunia itu sudah mendatangi kawasan Kota Lama untuk memberikan masukan terkait dengan Warisan Budaya termasuk pendataan dokumen bangunan tuanya.

"Kedatangan mereka ini dalam rangka mempersiapkan kawasan Kota Lama yang masuk dalam nominasi situs warisan dunia bersama Penang, Malaysia dan Fiji. Selain itu dalam kunjungan ini, Kota Lama juga diharapkan menjadi kota tangguh di tengah ancaman rob, banjir, dan pencurian barang kuno," terangnya.

Lebih lanjut Hevearita mengatakan, supervisi yang telah dilakukan dua Lembaga berkelas dunia tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi BPK2L untuk menyiapkan dokumen lengkap menyongsong kota lama sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2020. "Salah satu hal yang kami lakukan saat ini adalah melaksanakan pendataan bangunan tua yang ada baik di Belanda secara langusng maupun di Arsip Nasional," terangnya.

Selain itu lanjutnya, pemilik gedung tua saat ini juga sudah mulai aktif melaporkan kepemilikan bangunan tua di wilayah itu. Bahkan, sebagian sudah dimanfaatkan dan difungsikan dengan baik. "Dengan bantuan semua pihak, kami berharap penetapan Kota Lama sebagai World Heritage dapat benar-benar tercapai," pungkasnya.

(ns)

Laporan: Andi Pujakesuma

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI SEMARANG

BERITA SEMARANG