SEMARANG
  1. HOME
  2. KABAR SEMARANG
Infrastruktur

Terminal angkutan barang di Terboyo segera dibangun

"Detail engineering design (DED) sudah selesai dibuat. Tahun ini akan kami mulai pengerjaan fisiknya,"

Oleh: Nur Salam 9 Januari 2018 00:07
Kepala Dishub Kota Semarang M Khadik

Merdeka.com, Semarang - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang segera melakukan pembangunan fisik fasilitas terminal parkir angkutan barang di Terminal Terboyo. Rencananya, tahun 2018 ini pembangunan fasilitas parkir angkutan barang itu akan dikerjakan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkot Semarang M Khadik mengatakan, semua persiapan untuk penataan dan pembangunan Terminal Terboyo sudah disiapkan. Nantinya, terminal itu akan dikelola oleh Pemerintah Kota Semarang. "Terboyo itu sudah ditetapkan sebagai terminal tipe C, sehingga dikelola oleh pemerintah. Sementara untuk Terminal Mangkang dikelola pemerintah pusat dan Terminal Penggaron dikelola (Pemerintah) Provinsi," kata Khadik.

Untuk Terminal Terboyo sendiri, lanjut dia, nantinya akan difungsikan untuk bus angkutan dalam kota. Selain itu, separuhnya akan digunakan untuk terminal truk angkutan barang. "Detail engineering design (DED) sudah selesai dibuat. Tahun ini akan kami mulai pengerjaan fisiknya," terangnya.

Bahkan, Khadik mengaku jika anggaran untuk proyek itu sudah disiapkan. Namun ditanya mengenai berapa jumlah anggaran, Khadik mengaku tidak mengetahui. "Itu yang menangani Dinas Tata Ruang karena memang mereka yang melaksanakan pekerjaan, jadi kami tidak mengetahui berapa anggarannya. Yang jelas, anggaran sudah disiapkan," imbuhnya.

Dengan pembangunan tersebut, kata dia, akan mengurangi kemacetan akibat banyaknya truk besar yang selama ini parkir di bahu jalanan Kota Semarang. Nantinya, semua truk dilarang untuk parkir di bahu jalan dan harus menempati terminal angkutan barang Terboyo. "Tentunya akan membuat arus lalulintas di beberapa daerah seperti di Arteri Yos Sudarso, Jalan Mpu Tantular, Jalan Ronggolawe dan sekitarnya bersih dari area parkir," tambahnya.

Sementara mengenai pedagang yang ada di Terminal Terboyo, Khadik mengaku telah mempersiapkan mereka di Terminal Mangkang dan Penggaron. "Nanti akan kami bagi di dua tempat itu, tidak hanya pedagang, tetapi juga pengusaha jasa tiket yang ada di sana," pungkasnya.

(ns)

Laporan: Andi Pujakesuma

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI SEMARANG