SEMARANG
  1. HOME
  2. KABAR SEMARANG
Pendidikan

Wali Kota Hendi Dorong OSIS Saling Berkolaborasi

"Saya minta para pengurus OSIS yang hadir kali ini mampu menjadi inisiator dalam mewujudkan kolaborasi,"

Oleh: Nur Salam 28 Februari 2019 18:28
Wali Kota Semarang Hendi bersalaman dengan para anggota OSIS yang tergabung dalam Forum OSIS Kota Semarang.

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meminta Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di Kota Semarang saling berkolaborasi untuk meraih tujuan bersama. Hal itu disampaikan Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut saat memberikan sambutan di depan para pengurus OSIS SMA/SMK yang tergabung dalam forum Komunikasi OSIS se-Kota Semarang di Aula Kampus Universitas Semarang (USM), Kamis (28/2).

Menurutnya, di era sekarang sudah tidak zamannya lagi berkompetisi, melainkan harus saling berkolaborasi. "Saya minta para pengurus OSIS yang hadir kali ini mampu menjadi inisiator dalam mewujudkan kolaborasi," ujarnya.

Hendi menerangkan, saat ini tidak zamannya lagi mengedepankan ego sektoral. Belajar dengan pihak lain untuk saling maju bersama juga amatlah penting. "Studi tiru lebih baik daripada studi banding. Saya juga sudah menerapkan ini dalam pemerintahan, yakni melakukan kolaborasi dengan kota lain seperti Grobogan, Pemalang, Tegal, Surakarta, Surabaya dan daerah lainnya. Saya ingin cara yang saya lakukan ini dapat ditiru pengurus OSIS," ucapnya.

Lebih lanjut Hendi menambahkan, pihaknya mengapresiasi keberadaan Forum OSIS Kota Semarang yang diinisiasi oleh KPU Kota Semarang sejak 2012 itu. Menurutnya, pembentukan forum itu merupakan langkah baik untuk mempersatukan siswa di jenjang SMA sederajat.

"Semangat kolaborasi itu bisa kemudian diterapkan bersama. Misalnya di SMA favorit ada kegiatan bagus, dapat ditiru oleh sekolah lainnya. Begitu seterusnya hingga kekuatan kapasitas prestasi para intelektual muda ini akan muncul," paparnya.

Hendi juga berpendapat, bahwa menjadi pengurus OSIS bukan merupakan ajang gagah-gagahan. Dengan menjadi anggota OSIS, para siswa dapat saling bertukar pengalaman untuk kemudian ikut memajukan Kota Semarang.

"Masih banyak persoalan yang dihadapi kota ini, OSIS memiliki peran cukup strategis untuk berkontribusi. Misalnya banyaknya persoalan kemiskinan, kriminalitas, infrastruktur dan sebagainya" tukasnya.

Tak lupa dia juga berpesan kepada para anggota OSIS untuk ikut menggelorakan cinta pada Kota Semarang kepada masyarakat. Anggota OSIS diminta tidak segan menegur jika melihat teman sekolah yang melakukan kesalahan. "Jangan lupa terus berkegiatan yang positif, kegiatan yang murah namun menyinggung persoalan sosial serta melibatkan lebih banyak anak muda," tukasnya.

Sementara itu, Rektor USM Andi Krida Susila mengatakan, selain menuntut ilmu, para pelajar maupun mahasiswa harus aktif dalam kegiatan lain seperti ekstrakurikuler dan kegiatan kemasyarakatan lainnya. Dia meyakini, kegiatan-kegiatan tersebut dapat mendukung siswa menggali kemampuannya.

"Apalagi ini didukung penuh wali kota, jadi pasti bermanfaat. Kegiatan semacam ini akan mengeksplor kemampuan yang dimiliki siswa yang tentunya akan bermanfaat bagi masa depan," ucapnya.

(ns)

Laporan: Andi Pujakesuma

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI SEMARANG

BERITA SEMARANG