SEMARANG
  1. HOME
  2. KULINER
Ragam

Mencicipi pedasnya gulai ikan manyung Bu Fat yang selalu ngangenin

"Dimasak dengan bumbu dan rempah pilihan sehingga hasilnya menjadi lebih mantab,"

Oleh: Nur Salam 14 Januari 2018 14:14
Gulai ikan manyung Bu Fat begitu menggoda. Kuliner khas Kota Semarang ini selalu dicari oleh para wisatawan saat singgah di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini.

Merdeka.com, Semarang - Anda penggila kuliner? Jika anda berkunjung ke Semarang, tak ada salahnya anda mengunjungi warung makan ikan manyung Bu Fatimah atau yang dikenal dengan nama Bu Fat. Di lokasi itu, anda akan disuguhkan cita rasa menarik sekaligus unik bernama gulai ikan manyung yang rasanya sudah melegenda sejak tahun 1958.

Menu khas Semarangan ini memang sudah begitu terkenal bagi masyarakat penggila kuliner di Kota Semarang. Bagian kepala ikan manyung yang segar yang sebelumnya diasapi atau disebut mangut, dimasak dengan bumbu-bumbu tradisional yang sangat menggoda selera makan.

Menurut Yani, putri bungsu Bu Fat, ikan manyung atau masyarakat lain mengenalnya dengan ikan jambal, ditangkap dari laut kemudian diasap. Setelah matang, kemudian dimasak lagi dengan bumbu-bumbu dan rempah pilihan untuk kemudian disajikan. "Dimasak dengan bumbu dan rempah pilihan sehingga hasilnya menjadi lebih mantab," kata Yani, Minggu (14/1).

Soal rasa? Tak perlu ditanya lagi, dari tampilannya saja sudah membuat air liur menetes. Kuah yang kental, dengan paduan bumbu dan daging ikan yang enak membuat tak mau berhenti mengunyahnya. Saat menyantap menu ini, rasa nikmat bisa mengalir hingga ke ubun-ubun. Begitulah testimoni sejumlah pengunjung yang ditemui.

Selain menu kepala manyung, di warung makan yang terletak di Jalan Ariloka Semarang Barat Kota Semarang ini masih ada beberapa menu pilihan. "Kami memiliki beberapa menu pilihan, diantaranya kepala ikan sembilang, daging manyung, belut dan banyak menu pilihan lainnya," tambahnya.

Untuk harga, anda tak perlu cemas. Di warung makan ini, harga yang dibanderol sangat ekonomis. Untuk satu porsi Ikan Manyung, anda hanya mengeluarkan uang Rp75.000-Rp100.000, tergantung besar kecilnya ukuran kepala ikan tersebut.

Namun, bagi anda yang ingin menikmati menu istimewa ini, anda harus datang ke warung yang terletak di Jalan Ariloka Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Sebab, pemilik warung tidak berkenan menerima pemesanan. Ini yang menjadi kelemahan warung Ikan Manyung Bu Fat ini.

"Kami tidak mau menerima pesanan via paket, karena maraknya penipuan dari pengiriman via paket yang menjadi penyebabnya. Kami pernah mengalami hal itu, barang sudah dikirim namun tidak dibayar," tegasnya.

Untuk itu, jika ingin menikmati lezatnya Kepala Manyung Bu Fat, lebih baik sempatkan waktu untuk datang ke Semarang. Atau, ada sanak saudara di Semarang, bisa juga diminta mengirimkan. Jadi lebih baik anda mengajak teman, kerabat atau keluarga untuk menyantap kenikmatan Ikan Manyung dan menu lain andalan Bu Fat. Sebab di warung makan tersebut, lokasinya juga nyaman untuk makan bersam keluarga.

Namun jika saat jam makan siang tiba, biasanya warung tersebut penuh dengan pelanggan. Jadi, anda harus sabar menunggu giliran karena memang ukuran warung tidak terlalu besar. Atau jika ingin lebih nyaman, tidak ada salahnya anda reservasi tempat terlebih dahulu. Anda dapat menghubungi nomor 081390550240 untuk keperluan reservasi itu.

(ns)

Laporan: Andi Pujakesuma

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI SEMARANG

BERITA SEMARANG