SEMARANG
  1. HOME
  2. KULINER
Kesehatan

Menyesap nikmatnya jahe rempah Mbah Jo, minuman segar nan menyehatkan

"Tidak hanya nikmat, namun minuman ini memiliki banyak khasiat kesehatan, seperti menghilangkan pegal-pegal, pusing, mual dan banyak lagi..."

Oleh: Nur Salam 14 Januari 2018 13:43
Minuman jahe rempah

Merdeka.com, Semarang - Mencari tukang jamu keliling saat ini bisa dibilang sangat sulit ditemukan di kota-kota besar seperti Semarang. Hal itu yang membuat orang harus menunda keinginannya untuk menikmati minuman berkhasiat itu.

Namun bagi anda warga Semarang atau wisatawan Kota Semarang, anda tidak perlu khawatir. Sebab di Kota ini, ada warung khusus yang menjual minuman berbahan dasar jamu-jamuan itu. Namanya warung "Jahe Rempah Mbah Jo."

Ya, warung yang terletak di Jl Menteri Supeno 1 Kota Semarang ini memang bisa disebut sebagai Kedai kesehatan. Sebab aneka menu minuman yang ada di kedai ini semuanya memberikan efek kesehatan bagi yang menikmatinya.

Menurut Mbah Jo, berbagai penyakit dapat disembuhkan seperti pegal linu, capek-capek, asam urat, kolesterol, batuk, pilek, dan lain sebagainya. "Khasiatnya macam-macam, karena semua bahan yang kami gunakan adalah jamu tradisional," kata Mbah Jo, Minggu (14/1).

Minuman yang paling terkenal di kedai ini, lanjut Mbah Jo, adalah jahe rempahnya. Sesuai dengan namanya, maka minuman berbahan dasar wedang jahe ini berisi aneka rempah-rempah pilihan, seperti jahe, kunir, temulawak, jeruk nipis, kencur, kapulaga dan aneka rempah lainnya. "Semuanya digeprek dan disiram dengan air jahe panas yang masih mengepul. Tambahan gula batu membuat minuman ini semakin menggoda untuk dicicipi," terangnya.

Selain jahe rempah, minuman jenis lain, cemilan dan nasi bungkus juga disediakan di kedai ini
© 2018 semarang.merdeka.com/Andi Kaprabowo

Bau harum rempah-rempah langsung tercium saat berbagai rempah itu disiram air jahe panas. Saat diseruput, aroma khas rempah dan rasa yang nikmat membuat tubuh anda semakin segar. "Tidak hanya nikmat, namun minuman ini memiliki banyak khasiat kesehatan, seperti menghilangkan pegal-pegal, pusing, mual dan banyak lagi khasiatnya," tambahnya.

Kenikmatan Jahe Rempah Mbah Jo memang sudah tidak asing lagi. Meski tempatnya agak sulit dijangkau karena tidak di tepi jalan umum, namun tempat ini selalu penuh pengunjung. "Para pejabat di lingkungan Pemprov Jateng juga sudah menjadi pelanggan setia jahe rempah saya. Bahkan Gubernur Jateng dari beberapa periode sering mampir untuk menikmati sajian ini," terangnya.

Selain jahe rempah yang melegenda, di warung Jahe Rempah Mbah Jo juga memiliki aneka minuman jamu lainnya. Ada jahe coklat, jahe coklat rempah, jahe kencur, jahe temu lawak, jahe jeruk, jahe kunir, jahe susu, jahe kopi, jahe kopi susu, jahe teh, jahe murni, jerkuk, temulawak, kunir asem, werdang uwuh, kunir putih dan beras kencur.

Selain aneka minuman rempah, di warung ini juga menyediakan berbagai camilan seperti nasi bungkus, aneka gorengan, tahu bacem, kerupuk, kacang goreng dan camilan lain yang cocok untuk menikmati segelas Jahe Rempah. "Untuk menjaga kualitas, saya tidak membuka cabang. Jadi kalau mau mencari minuman jahe rempah dan aneka minuman jamu lainnya ya hanya di sini," imbuh Mbah Jo.

Untuk harga, satu gelas besar jahe rempah dan minuman jamu lainnya hanya dihargai Rp6.000. Jika anda menambah susu atau coklat, mak harganya menjadi Rp7.000 saja. Untuk makanan, seperti nasi bungkus, hanya dihargai Rp3.000 dan aneka gorengan Rp1.000. Anda juga bisa membawa pulang bahan jahe rempah yang sudah dikemas perbungkus. Harganya Rp6.000 saja. Tinggal menyeduh dengan air panas, maka minuman berkhasiat tinggi ini bisa dinikmati.

Anda bisa datang langsung ke tempat ini atau meminta bantuan driver ojek online untuk memesannya. Anda juga bisa melakukan pemesanan dalam jumlah besar dan akan dikirim via paket denga menghubungi nomor 08122505012. Jadi silahkan mencoba menikmati minuman rempah berkhasiat Mbah Jo. Dijamin, selain ketagihan, berbagai penyakit yang anda derita akan berkurang bahkan bisa sembuh.

(ns)

Laporan: Andi Pujakesuma

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI SEMARANG