SEMARANG
  1. HOME
  2. PARIWISATA
Ragam

Kampung Sawah, Kampung Wisata Alam Murah Meriah

"Senang sekali rasanya dapat berkunjung ke tempat ini. Bisa sejenak menghilangkan stres karena pekerjaan,"

Oleh: Nur Salam 13 Januari 2019 17:17
Suasana di Kampung Sawah.

Merdeka.com, Semarang - Suasana sejuk alam pedesaan langsung terasa saat berkunjung ke Kampung Sawah di Kelurahan Tambangan Kecamatan Mijen Kota Semarang, Minggu (13/1). Hamparan sawah nan hijau dilengkapi latar belakang Gunung Ungaran menambah damai suasana di lokasi tersebut.

Cukup dengan tiket masuk Rp3.000 saja, anda dapat menikmati keindahan wisata alam di Kampung Sawah tersebut. Menyusuri sawah dengan jembatan yang terbuat dari bambu, anda akan dimanjakan dengan hamparan padi yang menghijau dan menyejukkan mata.

Salah satu yang unik di kampung wisata ini adalah terdapat panggung berbentuk hati dengan lebar sekitar 10x10 meter yang berdiri di atas areal persawahan dan akan menjadi daya tarik utama di wisata ini. Tidak ketinggalan, Kampung Sawah juga menyediakan spot foto menarik bagi pengunjung untuk dipajang di media sosial.

"Suasananya sejuk, pemandangannya asri. Senang sekali rasanya dapat berkunjung ke tempat ini. Bisa sejenak menghilangkan stres karena pekerjaan," kata Dian Lestari, 33, salah seorang pengunjung.

Menurut Dian, Kampung Sawah yang dibuat oleh Pemkot Semarang tersebut mampu menjadi alternatif wisata alam di Kota Semarang. "Apalagi tiket masuknya murah sekali, hanya Rp3.000 saja. Selain bisa menikmati pemandangan, di sini juga ada restoran yang menyajikan makanan khas pedesaan yang nikmat," terangnya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat meresmikan Kampung Sawah mengatakan, keberadaan kampung wisata ini dirasa sangat tepat karena Semarang hari ini semakin banyak diminati sebagai destinasi wisata, khususnya pada masa liburan seperti saat ini.

"Semarang hari ini menjadi tempat yang dicari orang untuk berwisata pada saat musim liburan. Bisa dilihat dari indeks persepsi pariwisata Kota Semarang yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata, dimana Kota Semarang menempati urutan ke-5 di Indonesia. Kemudian menurut rilis yang dikeluarkan oleh Google, Kota Semarang masuk 10 besar Kota yang dicari netizen, untuk itu Kampung Wisata Sawah yang kita resmikan ini sudah pada track yang benar," jelas Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi.

Dia berharap, keberadaan Kampung Sawah di Mijen Kota Semarang tersebut dapat menjadi destinasi wisata unggulan seperti di Ubud Bali. "Di Ubud yang destinasi wisatanya berupa hamparan sawah sangat diminati oleh wisatawan khususnya yang berasal dari mancanegara. Sehingga, dengan konsep yang hampir sama, Kampung Wisata Sawah Tambangan, Mijen juga memiliki potensi untuk dapat menjadi jujugan wisatawan," tukasnya.

Untuk sampai ke lokasi kampung wisata tidaklah sulit. Bagi masyarakat yang ingin berkunjung, bisa melewati rute dari Semarang Kota menuju arah barat jurusan Jakarta. Kemudian sampai pertigaan Tugu atau Polsek Tugu belok ke kiri menuju ke Kecamatan Mijen dengan jarak kurang lebih 10 km hingga sampai ke Kelurahan Tambangan. Sesampainya di lokasi, akan terlihat gapura bertuliskan Kampung Sawah Mijen Cangkiran yang berada di sisi kiri jalan.

(ns)

Laporan: Andi Pujakesuma

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI SEMARANG

BERITA SEMARANG