SEMARANG
  1. HOME
  2. PARIWISATA
Ragam

Semarang Zoo, tempat wisata keluarga murah meriah di Semarang

"Selain bisa mengajarkan anak-anak mengenai dunia satwa, juga bisa bersenang-senang di wahana permainan..."

Oleh: Nur Salam 21 Oktober 2018 16:48
Pengunjung menyaksikan satwa gajah di Semarang Zoo

Merdeka.com, Semarang - Kota Semarang memiliki banyak sekali tempat wisata keluarga yang sayang untuk dilewatkan. Tak hanya menawarkan konsep edukatif dan menarik, sejumlah obyek wisata keluarga di Kota Semarang juga murah meriah sehingga cocok untuk seluruh kalangan masyarakat.

Semarang Zoo misalnya, kebun binatang yang terletak di kawasan Mangkang Kota Semarang itu merupakan salah satu obyek wisata keluarga yang sering menjadi pilihan. Tempatnya yang asri, serta dilengkapi dengan ratusan jenis binatang koleksinya membuat anak-anak pasti menyukai tempat ini.

Terletak di Perbatasan Semarang-Kendal, Semarang Zoo selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tidak hanya hari libur, hari biasa pun lokasi wisata edukatif itu selalu dipadati pengunjung.

Hanya dengan merogoh kocek Rp7.500 sebagai tiket masuk di hari biasa dan Rp10.000 di hari libur, pengunjung dapat puas berjalan-jalan menikmati aneka satwa yang ada. Mulai aneka jenis burung seperti elang, gagak, cenderawasih, aneka jenis satwa lainnya seperti rusa, kanguru, buaya, gajah, harimau, singa, orang utan, monyet, beruang madu dan banyak lagi koleksi lainnya.

Tidak hanya melihat dari luar kandang, pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan beberapa satwa dan berfoto bersama. Misalnya berfoto dengan menaiki gajah, memegang ular, burung dan lain sebagainya.

Selain wisata satwa, di tempat tersebut juga terdapat wahana khusus yang disediakan untuk anak-anak. Seperti wahana out bond, flying fox, becak air dan juga wahana water boom lengkap dengan seluncuran dan ember tumpahnya.

Ada pula museum satwa yang berisi aneka satwa yang telah mati kemudian diawetkan. Juga ada mini bioskop yang dapat digunakan untuk melihat aneka film dokumenter mengenai satwa.

"Komplit sekali di sini, anak-anak selalu senang jika diajak berkunjung ke lokasi ini. Selain bisa mengajarkan anak-anak mengenai dunia satwa, juga bisa bersenang-senang di wahana permainan dan wahana airnya," kata Darmawan, 33, salah seorang pengunjung.

Pengunjung menikmati wahana permainan air di Semarang Zoo.
© 2018 semarang.merdeka.com/Andi Pujakesuma

Hal senada disampaikan Lestari, 30, pengunjung lain. Dia mengaku jika kerap mengajak anak-anaknya bermain di Semarang Zoo karena dekat dan memiliki banyak wahana permainan. "Harga tiket masuknya sangat murah dan ramah di kantong, jadi sangat menyenangkan berwisata di sini," ucapnya.

Di lain sisi, Direktur Semarang Zoo, Samsul Bahri Siregar mengatakan, ada ratusan satwa dari sekitar 60 jenis satwa yang saat ini menjadi koleksi Semarang Zoo. Ke depan, pihaknya mengaku akan terus melakukan perbaikan-perbaikan untuk menjadikan Semarang Zoo sebagai destinasi wisata keluarga yang menarik.

"Nanti juga kami akan melakukan sejumlah perbaikan-perbaikan dan penambahan wahana-wahana baru. Hal itu penting agar obyek wisata andalan Kota Semarang ini semakin menarik dan selalu dipadati pengunjung," ucapnya.

Disinggung mengenai jumlah pengunjung, Samsul mengaku jika pada hari biasa jumlah kunjungan berkisar antara 800 sampai 2000 orang. "Kalau hari libur bisa dua kali lipat, bahkan kalau lebaran bisa mencapai belasan ribu pengunjung," tutupnya.

(ns)

Laporan: Andi Pujakesuma

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI SEMARANG

BERITA SEMARANG