SEMARANG
  1. HOME
  2. PSIS
Olahraga

Dukung PSIS hadapi Persija, Wali Kota Hendi siapkan 10 armada bus untuk suporter

"Bantuan bus ini kami berikan agar tim dapat berlaga dengan semangat karena dukungan suporter,"

Oleh: Nur Salam 19 April 2018 17:28
Kepala Badan Pendapatan Daerah, Yudi Mardiana (tengah) saat memberikan bantuan kepada perwakilan supporter Panser Biru, Edi Susanto, Kamis (19/4).

Merdeka.com, Semarang - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memberikan bantuan 10 armada bus untuk mengangkut perwakilan suporter PSIS Semarang ke Bantul saat melawan Persija Jakarta, Jumat (20/4).

Pemberian bantuan bus itu diberikan oleh Hendrar Prihadi melalui Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Semarang, Yudi Mardiana. Dalam laga yang akan digelar di Stadion Sultan Agung Bantul tersebut, PSIS Semarang menjalani laga kandang ketiga di Liga 1 musim ini, setelah pekan sebelumnya berhasil menghajar PSMS Medan dengan skor telak 4-1.

"Saya akan terus mendukung tim sepak bola kebanggaan Kota Semarang. Bantuan bus ini kami berikan agar tim dapat berlaga dengan semangat karena dukungan suporter," kata Wali Kota yang akrab disapa Hendi saat dikonfirmasi, Kamis (19/4).

Bantuan bus dari Pemkot Semarang untuk mengangkut suporter, lanjut Hendi, bukan kali pertama diberikan. Di musim lalu, pihaknya juga menyediakan bus untuk mengangkut para supporter untuk mendukung PSIS masuk ke Liga 1. "Dan saat ini harapannya bisa menjadi dukungan tambahan untuk PSIS terus meraih kemenangan sampai juara Liga 1," tambahnya.

Bantuan 10 armada bus itu sendiri nantinya akan dibagi untuk mengangkut dua basis suporter terbesar PSIS Semarang, yakni SNEX dan Panser Biru. Nantinya, lima armada untuk supporter SNEX dan lima armada untuk supporter Panser Biru.

Tiap armada bus tersebut, memiliki kapasitas sebanyak 55 kursi. Maka minimal akan ada 550 supporter yang terfasilitasi dalam perjalanan menggunakan bus. Jumlah itu disebutkan akan digunakan oleh setiap koordinator supporter untuk meminimalisir penggunaan sepeda motor dalam perjalanan menuju Bantul, sehingga lebih mudah untuk mengkoordinir.

"Saya titip pesan, berikan dukungan yang positif dan yang terpenting adalah menjaga kondusifitas, karena walaupun ini adalah laga kandang, tetapi kita main di luar Kota Semarang. Sehingga harus menjaga nama Kota Semarang," paparnya.

Sementara itu, perwakilan supporter Panser Biru, Edi Susanto merasa sangat terbantu karena dapat memfasilitasi sebagai suporter yang masih duduk di bangku sekolah. "Kami mengucapkan terima kasih, jadi lebih aman, dan kami akan berangkat pukul 07.00WIB pagi dari Simpang Lima secara bersama-sama," kata Edi.

Hal senada disampaikan Edi Purwanto, perwakilan suporter SNEX. Dia mengaku dengan adanya bus ini, para suporter sangat terbantu. "Karena lebih mudah mengkoordinir, dan untuk yang belum tertampung dalam bus, kami imbau untuk berangkat menggunakan mobil," kata dia.

Di lain sisi, perwakilan manajemen PSIS Semarang, Danur Rispriyanto menegaskan dukungan 10 armada bus tersebut dapat mencegah penggunaan motor oleh para supporter yang akan mendukung PSIS Semarang. "Syukur kami memiliki wali kota yang sangat peduli, dan ini bukan pertama kalinya mas Hendi memberikan perhatian kepada kami. Jadi kami mengucapkan banyak-banyak terimakasih," katanya.

Dia berharap, dengan bantuan bus itu, tidak ada lagi suporter yang menggunakan motor dalam perjalanan mendukung PSIS. "Karena sangat besar resiko yang mungkin terjadi bila menggunakan motor," ungkapnya.

(ns)

Laporan: Andi Pujakesuma

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI SEMARANG

BERITA SEMARANG