SEMARANG
  1. HOME
  2. PSIS
Peristiwa

Perkuat tim, PSIS Semarang rekrut kiper muda asal Arema FC

"Saya sudah lama ingin memperkuat PSIS, ini tim idola saya."

Oleh: Nur Salam 18 Juli 2018 15:40
CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi memperkenalkan penjaga gawang anyar PSIS Semarang, Joko Ribowo, Rabu (18/7).

Merdeka.com, Semarang - Manajemen PSIS Semarang merekrut kiper baru asal Arema FC, Joko Ribowo. Kehadiran Joko menambah banyak daftar penjaga gawang tim Mahesa Jenar yang kini berjumlah empat orang. Joko secara resmi diperkenalkan oleh jajaran Manajemen PSIS pada Rabu (18/7).

Joko diperkenalkan langsung oleh CEO PSIS, AS Sukawijaya didampingi GM PSIS Semarang Wahyu 'Liluk' Winarto. "Kami sudah ada kesepakatan dengan Arema FC terkait kiper Joko Ribowo ini. Hari ini, Joko resmi memperkuat tim untuk berlaga di Liga 1," kata Yoyok, panggilan akrab Sukawijaya.

Yoyok menerangkan, pihaknya sudah lama mengincar kiper Arema FC tersebut. Namun, hal itu baru terealisasi pada putaran kedua Liga 1 ini. "Joko kami kontrak selama dua tahun untuk memperkuat tim. Kontrak dan administrasi sudah selesai semuanya, besok dia sudah bergabung dengan tim untuk latihan," terangnya.

Dengan jumlah kiper PSIS Semarang yang saat ini berjumlah empat orang, pihaknya mengaku akan melakukan evaluasi terkait posisi penjaga gawang ini. PSIS Semarang selama ini memiliki tiga penjaga gawang. Namun, hanya dua penjaga gawang yang memiliki jam terbang tinggi, sementara satu penjaga gawang masih belum cukup berpengalaman di Liga 1.

"Itu sangat riskan jika ada cidera atau penurunan performa, sehingga harus mencari penjaga gawang di putaran kedua ini agar nantinya tim pelatih tidak kebingungan mencari opsi," tegasnya.

Apalagi, lanjut dia, semua kiper memiliki karakter yang berbeda-beda. Hal itu akan memudahkan pelatih untuk memasang siapa yang diandalkan untuk menghadapi penyerang-penyerang lawan yang juga memiliki karakter berbeda-beda pula.

"Perhari ini berkas dan administrasi Joko sudah ditransfer ke kami, sudah kami laporkan ke PT Liga, tinggal menunggu pengesahan saja. Saya optimistis satu atau dua hari sudah sah dan saat lawan Persebaya nanti bisa diturunkan," tukasnya.

Sementara itu, GM PSIS Wahyu 'Liluk' Winarto mengaku senang dengan kedatangan Joko Ribowo itu. Sebab, Joko diharapkan mampu menambah posisi lini belakang khususnya penjaga gawang. "Kami berharap masuknya Joko dapat menambah semangat tim agar bermain lebih bagus dan percaya diri di sisa musim ini," ucapnya.

Sementara itu, Joko Ribowo mengaku senang dapat berseragam PSIS. Menurutnya, PSIS adalah tim impiannya sejak kecil sebelum bergelut dengan sepakbola. "Sebenarnya ada beberapa tim yang mengajukan penawaran kepada saya, namun saya lebih memilih PSIS Semarang karena tim ini adalah tim impian dan idola saya sejak kecil," kata dia.

Joko berharap dengan bergabungnya dia bersama PSIS, dapat menjadikan tim ini semakin baik mengarungi sisa laga. Dia juga berkeinginan bermain maksimal dan mengangkat prestasi tim tersebut. "Saya berharap mendapat dukungan dari semua rekan-rekan di tim dan suporter serta jajaran pelatih untuk bekerjasama mengangkat prestasi tim ini," tambahnya.

Joko pun mengaku sudah siap diturunkan dalam setiap laga PSIS Semarang. Disinggung terkait persaingan di posisi penjaga gawang mengingat ada empat penjaga gawang di tim ini, Joko menanggapi santai.

"Kalau saya prinsipnya tidak ada persaingan dengan sesama rekan tim. Yang ada hanya kerjasama untuk menjadikan tim yang terbaik. Masalah main atau tidak, itu terserah pelatih," paparnya.

Sedangkan terkait lamanya kontrak yakni dua tahun, Joko mengaku jika menerima kontrak panjang tersebut karena memang sudah lama ingin memperkuat tim berjuluk Mahesa Jenar itu. "Saya sudah lama ingin memperkuat PSIS, ini tim idola saya. Makanya saat disodori kontrak selama dua tahun itu, kenapa tidak?. Saya justru sangat senang," pungkasnya.

(ns)

Laporan: Andi Pujakesuma

Join Merdeka.com
Komentar

KAMU PERLU TAHU

POPULER DI SEMARANG

BERITA SEMARANG