10 Gol dalam Dua Laga, Mentalitas Timnas Inggris Sudah Berubah

SEPAKBOLA | 26 Maret 2019 17:16 Reporter : liputan6.com

Merdeka.com - Liputan6.com, London - Timnas Inggris menunjukkan performa yang prima pada babak grup Kualifikasi Euro 2020. Dua laga sudah dimainkan. Hasil yang diraih: dua kemenangan, mencetak 10 gol dan hanya kebobolan satu gol saja.

Laga pertama yang dilakoni Inggris yakni saat menjamu Republik Ceko di Wembley, Sabtu (23/3). Harry Kane dan kawan-kawan pun menang dengan cukup mudah. Lima gol dicetak Inggris tanpa berbelas sekalipun dari Republik Ceko.

Pada laga kedua, Timnas Inggris menjalani laga tandang di markas Montenegro (26/3), Selasa dini hari WIB. Lima gol kembali dicetak oleh Inggris. Bedanya, kali ini gawang Jordan Pickford harus kebobolan satu gol. Inggris menang 5-1.

Performa Timnas Inggris membuat Gareth Southgate sangat senang. Bagaimana tidak, menurut Southgate, Timnas Inggris sejatinya hanya mencoba bermain dengan cara sederhana. Namun, eksekusi di atas lapangan sangat efektif sehingga banyak gol tercipta.

"Sangat senang," buka Southgate dikutip dari ITV.

"Permainan ini sederhana karena kami berbicara sepanjang minggu tentang cara bermain di sisi lapangan dan memastikan kami tidak mengalami kebuntuan di sisi sayap dan pemain sayap kami sangat produktif," ucap Southgate.

Sektor Sayap

Dari dua laga tersebut, sektor sayap memang jadi tumpuan serangan Inggris. Pada laga melawan Ceko misalnya, Raheem Sterling jadi bintang dengan mencetak hattrick. Sementara, Callum Hudson-Odoi dan Jadon Sancho juga punya peran yang penting.

Southgate juga menyoroti mental para pemain Timnas Inggris yang dia nilai sudah lebih tangguh. Hal ini tergambar saat Inggris menang atas Montenegro pada laga yang digelar di Stadion Pod Goricom, di markas lawan.

Balikkan Situasi

Inggris lebih dulu tertinggal pada menit ke-17. Namun, setelah itu mereka justru mampu membalikkan situasi dengan mencetak lima gol beruntun. Southgate merasa jika situasi ini akan sulit terjadi di masa lalu.

"Tim ini mampu bangkit usai tertinggal lebih dulu di tempat yang sangat sulit bagi kami sebelumnya. Mereka menunjukkan karakter yang bagus dan ini adalah ujian yang tepat bagi timnas Inggris," tandas Southgate.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini