Arema Sudah Susun Penyesuaian Program Latihan saat Ramadan

Arema Sudah Susun Penyesuaian Program Latihan saat Ramadan
Pemain Arema FC kembali latihan di Lapangan Ketawang, Kabupaten Malang sejak Sabtu (3/4/2021). Ada sesi sharing dalam latihan tersebut. (Bola.com/Iwan Setiawan)
SEPAKBOLA | 8 April 2021 08:06 Reporter : Redaksi Bola.com

Merdeka.com - Bola.com, Malang - Arema FC sudah bersiap-siap mengangendakan jadwal latihan untuk pemain setelah Piala Menpora. Bahkan, Arema sudah menyusun agenda latihan selama Ramadan untuk persiapan menyambut bergulirnya Liga 1 2021. 

Tim pelatih Arema FC tak ingin memberikan banyak libur untuk para pemain. Harapannya supaya kondisi Ahmad Alfarizi dan kawan-kawan tetap terjaga.

“Puasa tetap latihan, karena kompetisi bagi kami tidak lama lagi. Kalau rencana Liga 1 diputar Juni, artinya tinggal dua bulan. Persiapan harus tetap intens,” kata pelatih sementara Arema, Kuncoro, Rabu (7/4/2021). 

Lantaran Bulan Puasa tinggal hitungan hari, tim pelatih Arema bakal melakukan penyesuaian program dan waktu latihan.

“Biasanya latihan pagi. Nanti waktu puasa latihannya sore. Selesainya mendekati waktu berbuka puasa. Kasihan pemain kalau latihan pagi. Bisa tidak kuat puasanya,” lanjut Kuncoro.

Saat ini, program latihan Arema masih tergolong berat. Pemain banyak dihajar program fisik dengan berlari di lapangan. Fisik jadi salah satu kekurangan pemain saat terjun di Piala Menpora 2021.

“Sebenarnya kekurangan tim ini juga organisasi permainan. Karena banyak pemain yang gabung mendekati Piala Menpora. Tapi sekarang kami siapkan fisiknya dulu. Itu jadi bagian Siswantoro (asisten pelatih Arema FC) yang punya program fisik,” lanjutnya.

 

Tetap Butuh Adaptasi

_Ilustrasi_Logo
Arema FC - Ilustrasi Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Latihan di pada bulan Ramadan sudah jadi rutinitas setahun sekali. Meski demikian, pemain tetap butuh adaptasi di awal latihan.

Bagi pemain yang beragama Islam, tentu mereka berlatih dengan kondisi perut kosong. Sementara pemain yang beragama selain Islam diminta bertoleransi dengan tidak minum di depan pemain yang berpuasa.

Aturan ini sama seperti tahun-tahun lalu. Bahkan Arema sempat berbuka puasa bersama di lapangan lebih dulu sebelum pulang ke rumah masing-masing.

Untuk tahun ini, tim pelatih akan berdiskusi dengan pemain apakah lebih dulu berbuka puasa di lapangan atau tidak. Yang pasti, di hari pertama dan kedua puasa, Arema akan memberikan libur latihan kepada pemainnya. Setelah itu, program berjalan normal.  

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami