Hasil Kualifikasi EURO 2020: Spanyol Bermain Imbang 1-1 Hadapi Norwegia

SEPAKBOLA | 13 Oktober 2019 08:27 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Spanyol gagal meraih kemenangan pada laga pekan ke-7 Kualifikasi EURO 2020 Grup F. Bertamu ke kandang Norwegia di Ullevaal Stadion, Oslo, Minggu (13/10), laga berakhir dengan skor 1-1.

Pada laga ini, Sergio Ramos memecahkan rekor jumlah penampilan, tapi Spanyol gagal menang. Drama menit akhir kontra Norwegia di Oslo juga membuat kelolosan La Furia Roja ke EURO 2020 tertunda.

Norwegia menjamu Spanyol di Ullevaal Stadion, Oslo, pada matchday 7 Kualifikasi EURO 2020 Grup F, Minggu (13/10/2019). Laga ini berkesudahan imbang 1-1.

Spanyol membuka keunggulan lewat gol Saul Niguez di menit 46. Norwegia menyamakan kedudukan melalui penalti Joshua King di injury time. Penalti itu diberikan wasit setelah kiper Kepa Arrizabalaga melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Spanyol sudah tak lagi sempurna di grup ini. Namun, Spanyol masih tetap memimpin. Hanya saja, secara matematis, mereka belum bisa lolos otomatis. Laga mereka berikutnya adalah tandang ke Swedia, tiga hari lagi.

1 dari 1 halaman

Jalannya Pertandingan

Sergio Ramos, yang di laga ini menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak untuk Spanyol (168), melampaui Iker Casillas (167), bermain apik menggalang lini belakang La Furia Roja. Norwegia, yang mengincar hasil terbaik demi menjaga peluang lolos, gagal berbuat banyak di babak pertama meski main kandang.

Di babak pertama, Spanyol unggul penguasaan bola maupun jumlah tembakan, tapi tembakan tepat sasarannya berimbang. Ancaman tuan rumah lewat Joshua King dari dalam kotak penalti di menit 21 bisa dinetralisir oleh Kepa Arrizabalaga (Chelsea), yang dipercaya jadi starter Spanyol, bukan David De Gea (Manchester United). Sementara itu, tembakan Saul dari luar kotak, hanya dua menit berselang, juga bisa diamankan oleh kiper Norwegia.

Tak ada gol di babak pertama, keadaan langsung berubah tak lama setelah jeda. Di menit pertama babak kedua, Saul membawa Spanyol memimpin dengan gol yang diciptakannya dari jarak 20 meter menuju gawang. Tembakannya menembus kerumunan pemain, kiper Rune Jarstein gagal menepis dengan sempurna, dan bola bersarang di gawang. Spanyol pun tercatat selalu mencetak gol di setiap laga sejak disingkirkan Italia di EURO 2016.

Norwegia mencoba menekan balik. Spanyol berusaha bertahan. Ramos bahkan sampai harus mendapatkan kartu kuning, dan absen di laga berikutnya.

Tertinggal satu gol, Norwegia tak berputus asa. Mereka terus berusaha bangkit dan menyerang demi coba menyamakan kedudukan. Usaha itu tak sia-sia. Norwegia mendapatkan gol penyama skor lewat titik penalti ketika laga sudah masuk injury time.

Vonis pelanggaran untuk Kepa terhadap Elabdellaoui di kotak terlarang membuat wasit Michael Oliver (Inggris) menunjuk titik putih. Joshua King bertindak sebagai eksekutor. Penyerang klub Bournemouth itu menjalankan tugasnya dengan baik. Kemenangan Spanyol yang sudah berada di depan mata langsung lenyap. Kedua tim pun berbagi satu angka.

Reporter: Gia Yuda Pradana
Sumber: Bola.net (mdk/RWP)

Baca juga:
Hasil Kualifikasi EURO 2020: Italia Lolos Ke EURO 2020 Setelah Kalahkan Yunani
Hasil Kualifikasi EURO 2020: Portugal Kalahkan Luksemburg 3-0
Hasil Kualifikasi EURO 2020: Belanda Sukses Kalahkan Irlandia Utara 3-1