Hasil Kualifikasi EURO 2020: Ukraina Kalahkan Portugal 2-1

SEPAKBOLA | 15 Oktober 2019 10:53 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Portugal harus rela menelan kekalahan pada laga Kualifikasi EURO 2020. Ukraina berhasil mengalahkan Portugal di Stadion NSK Olimpiyskiy, Kyiv, Selasa (15/10), 2-1.

Ukraina unggul dua gol lebih dulu pada babak pertama, masing-masing lewat gol Roman Yaremchuk dan Andriy Yarmolenko. Cristiano Ronaldo sempat memperkecil skor lewat eksekusi penalti di babak kedua.

Berkat hasil ini, Ukraina memastikan diri lolos ke putaran final EURO 2020 dengan poin 19 di puncak klasemen Grup B. Sementara Portugal masih tertahan di peringkat dua dengan poin 11.

Tampil di depan publik sendiri membuat Ukraina tampil trengginas sejak kick-off. Hasilnya pun didapat ketika laga baru berjalan enam menit, tepatnya kala Yaremchuk sukses membobol gawang Rui Patricio.

Berawal dari sepak pojok Marlos, bola sunulan Sergey Krivstov masih bisa dimentahkan Patricio, tapi bola rebound sukses dicocor Yaremchuk menjadi gol.

Portugal berusaha bangkit dari situasi ini. Namun upaya yang dilakukan Cristiano Ronaldo masih belum mampu membahayakan barisan pertahanan tuan rumah.

Ukraina pun makin berada di atas angin usai Yarmolenko berhasil menggandakan keunggulan timnya pada menit ke-27. Crossing Vitali Mykolenko dari sisi kiri sukses dituntaskan Yarmolenko untuk memperdaya Patricio. Skor 2-0 untuk keunggulan Ukraina bertahan hingga turun minum.

1 dari 1 halaman

Babak Kedua

Kembali dari kamar ganti, Portugal berusaha lebih berani tampil keluar menyerang guna mengejar ketertinggalan. Pelatih Fernando Santos pun memasukkan Joao Felix untuk menggantikan Goncalo Guedes.

Portugal mendapat hadiah penalti pada menit ke-71 setelah Taras Stepanenko melakukan handball di kotak terlarang. Ronaldo yang maju sebagai algojo pun menunaikan tugasnya dengan sempurna. Ini merupakan gol ke-700 dalam karier profesional CR7.

Moral Portugal naik setelah gol ini. Seleccao pun makin gencar mengurung pertahanan Ukraina untuk mencari gol penyama kedudukan.

Pada waktu tambahan, Ronaldo mendapat dua peluang emas. Hanya saja keduanya tak menambah keunggulan untuk kedua tim sehingga skor tetap 2-1 untuk kemenangan Ukrania.

Reporter: Ari Prayoga
Sumber: Bola.net (mdk/RWP)

Baca juga:
Hasil Kualifikasi EURO 2020: Inggris Gilas Bulgaria 6-0
Hasil Kualifikasi EURO 2020: Jerman Libas Estonia 3-0
Hasil Kualifikasi EURO 2020: Spanyol Bermain Imbang 1-1 Hadapi Norwegia
Hasil Kualifikasi EURO 2020: Italia Lolos Ke EURO 2020 Setelah Kalahkan Yunani
Hasil Kualifikasi EURO 2020: Portugal Kalahkan Luksemburg 3-0