Hasil Liga Champions: Kalahkan Lille, Chelsea Dipastikan Lolos ke Babak 16 Besar

SEPAKBOLA | 11 Desember 2019 09:54 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Chelsea berhasil meraih kemenangan pada matchday 6 Grup H Liga Champions 2019/20 dan memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Menghadapi Lille di Stamford Bridge, Rabu (11/12) dini hari WIB, Chelsea berhasil meraih kemenangan 2-1.

Gol pertama Chelsea lahir lewat kaki Tammy Abraham di menit ke-19, lalu digandakan Cesar Azpilicueta di menit ke-35. Lille mencoba melawan, tapi hanya bisa mencetak satu gol balasan lewat Loic Remy di babak kedua.

Babak pertama dimulai, Chelsea mencoba memainkan bola senyaman mungkin. Bermain di kandang, The Blues dominan pada menit-menit awal, Lille baru mulai bergerak di menit ke-8.

Chelsea memang lebih dominan. Pasukan Lampard ini memanfaatkan kecepatan Willian dan Pulisic, tapi Lille berbahaya dalam serangan balik.

Peluang pertama Chelsea lahir di menit ke-16. Emerson mencoba tembakan spekulatif dari dalam kotak penalti, tapi Maignan masih bisa menahan bola dengan baik.

Usaha Chelsea akhirnya berbuah manis. Menit ke-19, Pulisic menyodorkan bola pada Willian yang berlari di sisi kanan kotak penalti. Pergerakan Willian begitu gesit, dia mengecoh satu pemain Lille lalu melepaskan umpan silang yang disambut backheel Tammy ke gawang kosong. Gol! Chelsea 1-0 Lille, keseimbangan pertandingan mulai goyah.

Unggul satu gol membuat Chelsea kian aktif menyreang, Lille lebih sibuk bertahan. Ancaman Willian di sisi kanan benar-benar merepotkan, juga masih ada aksi Pulisic dari lini kedua.

Keunggulan Chelsea berlipat di menit ke-35. Kali ini lewat skema sepak pojok yang dieksekusi Emerson. Azpilicueta berhasil mengecoh pemain Lille untuk menyambut bola dengan sundulan keras. Gol! Sang kapten membawa timnya unggul 2-0.

Meski tertinggal, Lille masih menunjukkan perlawanan mereka. Ada sejumlah peluang yang tercipta, pertahanan Chelsea beberapa kali membuat kesalahan.

Biar begitu, tidak ada perubahan signifikan sampai akhir babak pertama. Skor 2-0 untuk keunggulan Chelsea mengantar para pemain ke ruang ganti.

1 dari 1 halaman

Babak Kedua

Pertandingan dimulai kembali, Chelsea masih begitu dominan dengan gebrakan dua serangan cepat di menit awal. Mereka pun berbahaya lewat bola mati yang dieksekusi Emerson.

10 menit pertandingan berjalan, Chelsea masih terus mencari gol berikutnya dan tampaknya hanya masalah waktu. Bek-bek Chelsea bahkan ikut naik menyerang sesekali.

Tercatat, tim Lampard menguasai 68% penguasaan bola dengan 13 tembakan, Lille hanya tiga kali menembak. Tim tuan rumah sedang percaya diri dan mendominasi.

Menit ke-71, Maignan harus meninggalkan lapangan lebih cepat. Kiper muda Lille ini memang tidak bermain nyaman usai tubrukan dengan Rudiger di babak pertama, dan akhirnya dia harus ditarik keluar karena kondisi yang sudah tidak memungkinkan.

15 menit akhir babak kedua, tim Lampard kembali menunjukkan kekurangan mereka pada beberapa pertandingan sebelumnya. Tempo permainan Chelsea merosot, Lille lebih sering mendapatkan kesempatan menyerang.

Celah ini benar-benar dimanfaatkan Lille. Menit ke-78, Loic Remy menjebol gawang Kepa dengan menyambut umpan tarik Bamba dari sisi kiri. Sepakannya keras, membentur mistar, lalu masuk ke gawang Chelsea tanpa terbendung. Gol! Chelsea 2-1 Lille, sang mantan mencetak gol di Stamford Bridge.

Chelsea terus mencari gol ketiga di sisa waktu, ada sejumlah peluang tercipta, tapi gagal dimaksimalkan dengan baik. Batshuayi yang menggantikan Tammy beberapa kali mencoba mencetak gol.

Tidak ada perubahan signifikan hingga akhir pertandingan. Wasit meniup peluit panjang, Chelsea kalahkan Lille 2-1 di Stamford Bridge.

Kemenangan ini membuat Chelsea dipastikan lolos ke 16 besar sebagai runner-up Grup H. Mereka menemani Valencia yang mengalahkan Ajax Amsterdam 1-0 di saat yang sama.

Reporter: Richard Andreas
Sumber: Bola.net (mdk/RWP)

Baca juga:
Hasil Liga Champions: Barcelona Pupuskan Peluang Inter Milan Melaju ke Babak 16 Besar
Hasil Liga Champions: Liverpool Bermain Imbang 1-1 Melawan Napoli
Hasil Liga Champions: Barcelona Ungguli Borussia Dortmund 3-1
Hasil Liga Champions: Inter Milan Kalahkan Slavia Praha 3-1
Hasil Liga Champions: Real Madrid Bermain Imbang 2-2 Melawan PSG
Hasil Liga Champions: Juventus Kalahkan Atletico Madrid 1-0

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.