Man of the Match Persela Vs PSM di BRI Liga 1: Sutanto Tan dan Gol Perdana di Kompetisi Kasta Tertin

Man of the Match Persela Vs PSM di BRI Liga 1: Sutanto Tan dan Gol Perdana di Kompetisi Kasta Tertin
Gelandang PSM Makassar, Sutanto Tan, mengeksekusi penalti dan mencetak gol yang menyelamatkan timnya dari kekalahan saat menghadapi Persela Lamongan pada pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022, Kamis (2/12/2021) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
SEPAKBOLA | 3 Desember 2021 00:16 Reporter : Redaksi Bola.com

Merdeka.com -  

Bola.com, Magelang - Persela Lamongan dan PSM Makassar berbagi poin setelah bermain imbang 1-1 pada laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Kamis (2/12/2021). Laskar Joko Tingkir lebih dulu unggul, tapi kemenangan digagalkan Sutanto Tan yang melakukan eksekusi penalti dengan baik untuk PSM.

Persela Lamongan memang berhasil membuka keunggulan lewat sebuah tendangan bebas indah yang dilepaskan gelandang Afghanistan, Jabar Sharza, pada menit ke-47. Namun, PSM mampu bangkit dan mencetak gol lewat eksekusi penalti Sutanto Tan pada menit ke-60.

Bagi PSM, hasil imbang ini terbilang baik karena pada laga ini harus kehilangan lebih dari separuh kekuatan mereka. Pelatih Syamsuddin Batola tidak bisa memainkan Zulkifli Syukur, Anco Jansen, dan Hasim Kipuw yang absen karena akumulasi kartu kuning, serta Serif Hasic yang cedera.

Bahkan pada babak pertama pertandingan kontra Persela ini, PSM harus kehilangan Wiljan Pluim dan Yakob Sayuri yang ditarik keluar karena cedera.

Dalam situasi minor tersebut, pujian khusus pantas disematkan kepada Sutanto Tan yang dalam pertandingan ini bermain sebagai seorang bek tengah. Ia berduet dengan Erwin Gutawa di pusat pertahanan PSM menggantikan peran Serif Hasic dan Hasim Kipuw.

Mantan pemain Persija Jakarta dan Bali United itu tidak hanya piawai mengontrol lini pertahanan, tapi sesekali menuruti nalurinya sebagai gelandang untuk membantu serangan.

Gol penaltinya ke gawang Persela terbilang baik. PSM mendapatkan hadiah penalti setelah gelandang Persela, Riyatno Abiyoso, melakukan pelanggaran kepada penyerang sayap Juku Eja, Rizky Eka Pratama, di kotak penalti.

Sutanto Tan yang mendapatkan tugas sebagai eksekutor dengan dingin dan tenang mengarahkan bola ke sudut kanan gawang Persela yang tidak mampu diantisipasi oleh kiper Dwi Kuswanto.

 

Gol Perdana di Kompetisi Kasta Tertinggi

man of the match persela vs psm di bri liga 1: sutanto tan dan gol perdana di kompetisi kasta tertin
Pemain PSM Makassar menyambut Sutanto Tan yang berhasil mencetak gol penyeimbang kedudukan kala menghadapi Persela Lamongan pada laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Kamis (2/12/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bagi Sutanto Tan, golnya ke gawang Persela Lamongan sangat bermakna. Pasalnya gol tersebut merupakan yang perdana dilakukannpa pada kompetisi resmi.

Ia sebelumnya tidak pernah mencetak satu gol pun, baik ketika berkostum Mitra Kukar, Persija Jakarta, Bali United, PSIM Yogyakarta, dan PSMS Medan. Begitu pun ketika berkostum klub Liga Singapura, Hougang United.

Jadi wajar kalau PSM bisa disebut sebagai tempat terbaik bagi pemain kelahiran Pekanbaru, 4 Mei 1994 itu. Sutanto Tan pun bergabung di PSM jelang perhelatan Piala Menpora 2021 dengan status pinjaman dari PSMS Medan.

Dalam ajang pramusim tersebut, Sutanto Tan tampil apik dan membawa PSM menembus semifinal. Sukses yang membuat manajemen PSM mengikatnya dengan status permanen. Ia sudah tampil dalam 14 laga bersama Juku Eja di BRI Liga 1 2021/2022 dan mencetak satu gol yang dibuatnya ke gawang Persela.

 

Posisi PSM di BRI Liga 1 Saat Ini

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami