Pemain naturalisasi Indonesia siap buktikan diri

Pemain naturalisasi Indonesia siap buktikan diri
SEPAKBOLA | 23 November 2014 17:59 Reporter : Bola.net Sumber:

Merdeka.com - Laga antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia kontra Filipina, Selasa (25/11) besok lusa bukan sekadar ajang balas dendam bagi The Azkals, julukan Filipina, melainkan juga ajang pembuktian dari pemain naturalisasi.

Baik Indonesia maupun Filipina memang menaturalisasi sejumlah pemain untuk memperkuat Timnas sepakbolanya. Pada penyelenggaraan AFF Cup 2014 ini, Skuat Garuda Merah diperkuat empat pemain naturalisasi.

Keempat pemain itu antara lain, Victor Igbonefo, Raphael Maitimo, Cristian Gonzales dan Sergio van Dijk. Menilik pertandingan kontra Vietnam, maka Maitimo dan van Dijk lah yang kemungkinan akan dimainkan lawan Filipina di My Dinh Stadium, lusa.

Sedangkan mayoritas pemain Filipina merupakan naturalisasi dari berbagai negara di Eropa. Bayangkan, dari 23 pemain yang diboyong oleh pelatih Thomas Dooley ke Vietnam, hanya empat pemain saja yang asli Filipina.

Pada AFF edisi 2010 lalu, Filipina sudah tampil dengan sejumlah pemain hasil mencaplok negara lain. Mereka di antaranya adalah, Jason De Jong, Rob Gier, Ray Jonsson, Manuel Ott, James dan Phil Younghusband, Alexander Borromeo, Neil Etheridge dan Chris Greatwich.

Hasilnya, mereka terhenti di babak semifinal usai takluk di tangan Indonesia dengan agregat 2-0. Dua tahun berselang, tim naturalisasi milik Filipina melaju ke semifinal AFF Cup 2012. Namun mereka kembali gagal setelah kalah dari Singapura.

Tahun ini Filipina datang sebagai tim dengan predikat peserta AFF yang memilki ranking paling tinggi. Pada rilis 5 Oktober lalu, Filipina berada di peringkat 129 FIFA.

Tak heran bila banyak pihak yang memprediksi kekuatan Filipina berbeda dengan tim yang dimainkan pada AFF 2010 dan 2012 lalu. Salah satu pemain naturalisasi asal Indonesia, Sergio van Dijk angkat bicara seputar pertandingan besok.

Meski banyak dihuni oleh pemain impor, serta memiliki ranking FIFA lebih baik dibanding Indonesia, van Dijk menilai kualitas Phil Younghusband dan kawan-kawan masih di bawah Vietnam. Vietnam adalah tim yang secara permainan bikin pemain Indonesia terkencing-kencing.

"Saya lihat pertandingan Filipina juga. Mereka tidak selevel dengan Vietnam. Secara fisik Filipina masih di bawah Vietnam. Vietnam luar biasa. Lari cepat, passing cepat. Saya belum lihat tim yang sama dengan mereka. Termasuk Filipina," seru van Dijk eksklusif kepada Bola.net

Menurut Van Dijk, saat menghadapi Filipina, Timnas tak akan menemui kesulitan seperti ketika melawan Vietnam. "Besok memang pertandingan tidak gampang. Tapi peluang kami lebih besar," tegas mantan pemain Persib Bandung ini.

Sayang satu pemain naturalisasi yang menjadi andalan Alfred Riedl lain, Raphael Maitimo menolak untuk wawancara. Meski begitu penjelasan van Dijk cukup menjabarkan bagaimana pemain naturalisasi Indonesia siap membuktikan diri saat melawan Timnas impor milik Thailand.

Van Dijk juga menegaskan bahwa dia siap beradu badan dengan pemain Filipina yang memiliki tinggi setara dengannya. "Ya. Saya siap duel dengan mereka. Itu gaya saya. Sepakbola lebih ke fisik dari pemain yang lain," pungkas van Dijk. (faw/dzi)


Sumber: Bola.net

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5