Prediksi Shopee Liga 1 Arema FC Vs Persib 30 Juli 2019

SEPAKBOLA » MALANG | 30 Juli 2019 11:09 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Arema FC akan menjamu Persib Bandung dalam laga tunda pekan ke-empat Shopee Liga 1 di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang. Laga panas ini akan dihelat pada Selasa malam ini, 30 Juli 2019.

Pertandingan ini selalu menyita perhatian publik sepak bola Indonesia karena dua tim dikenal sebagai rival dan punya gengsi tersendiri.

Kondisi Arema sekarang bisa dibilang lebih baik. Mereka menduduki posisi kelima di klasemen sementara dengan koleksi 15 poin.

Namun, selisih poin dengan Persib yang ada di urutan ke-11, tidak beda jauh. Kedua tim hanya terpaut dua poin. Hal itu berarti Persib juga punya spirit untuk melangkahi Arema. Tentunya, dengan syarat menang di Malang.

Kubu Arema menyadari hal tersebut. Itu sebabnya, mereka tak ingin kalah ngotot untuk meraih kemenangan. Apalagi duel ini dilangsungkan di kandang sendiri.

"Pertandingan ini penting bagi kami untuk tetap di papan atas. Jadi, kami harus bisa mendapatkan tiga poin dan tetap berada di sana," ujar Milomir Seslija, pelatih Arema.

Hanya, kekuatan Arema tereduksi karena ada dua pemain inti yang masih cedera, yakni Dedik Setiawan dan Alfin Tuasalamony.

Sementara Ahmad Alfarizi, yang juga sempat cedera tumit, di luar dugaan bisa cepat sembuh. Dalam sesi latihan satu hari jelang pertandingan, dia masuk tim utama.

Sementara posisi Dedik dan Alfin diisi oleh Ricky Kayame dan Agil Munawar. Kedua pemain ini dikenal punya skill dan kecepatan yang tidak beda jauh dengan pemain inti di skuat Arema.

"Saya percaya dengan pemain yang sudah siap menghadapi laga ini," kata Milo.

1 dari 3 halaman

Beban Tuan Rumah

Jika bicara skuat pincang, Persib sebenarnya juga mengalami hal sama. Justru dua pemain asing mereka yang absen karena menjalani hukuman akumulasi kartu, yaitu Bojan Malisic dan Ezechiel Ndouassel.

Bisa dibilang, kedua tim harus berduel dengan skuat pincang. Tetapi, kubu Arema menggaransi duel ini bakal tetap panas.

"Kami sama-sama kehilangan pemain dalam duel ini. Persib kehilangan Ezechiel, yang jadi salah satu pemain paling berbahaya. Dia selalu membahayakan lawan dengan duel bola atas dan kualitasnya. Pertandingan nanti akan tetap menarik. Arema tidak membiarkan Persib dapat banyak ruang karena ini kandang kami dan harus dapat tiga poin," imbuh pelatih asal Serbia itu.

Ada satu hal yang sempat dikhawatirkan Arema, yakni beban yang lebih besar. Seperti pertemuan terakhir kedua tim di babak 16 besar Piala Indonesia 2018. Persib mampu menahan Arema 2-2 di Malang. Skuat Singo Edan seakan terbebani saat bermain di hadapan Aremania yang memenuhi Stadion Kanjuruhan.

"Saya kira Persib lebih baik ketika bermain away. Mereka berusaha mengikuti apa yang dibangun tim lawan dan berusaha melakukan serangan balik, seperti saat mereka menang melawan PSIS. Tapi, saya yakin pemain Arema sekarang sudah terbiasa bermain di bawah tekanan," ucap Milo.

Atmosfer Stadion Kanjuruhan memang selalu membiru ketika Persib datang sebagai tim tamu. Aremania memenuhi stadion dengan tujuan menyaksikan Arema meraih kemenangan. Bukan malah memberikan beban untuk pemain sendiri.

"Kami memiliki Aremania yang selalu memberikan dukungan di belakang tim. Kami harap mereka datang memenuhi stadion karena itu bisa merubah permainan semoga lebih baik," ucap pelatih berusia 54 tahun ini.

2 dari 3 halaman

Mental Pemain Persib

Di kubu Persib, mereka juga sama optimistisnya dengan tuan rumah, kendati harus bermain tanpa Ezechiel dan Bojan. Hal itu tidak membuat pelatih Persib, Robert Alberts, resah. Apalagi pemain lainnya sudah siap menjalani big match ini.

"Kami tanpa atau dengan Eze, sama saja. Kami sudah pernah mengalamii hal ini sebelumnya, Eze sudah dua kali kena sanksi akumulasi seperti ini, dan kami tidak jatuh dengan situasi ini," ujar Robert.

Ia menuturkan Persib pernah mencatatkan hasil bagus, meski bermain tanpa Ezechiel. Itulah mengapa dengan kondisi sekarang, bukan tidak mereka mungkin bisa mengulangi hasil positif tersebut.

Robert menambahkan mental pemainnya saat ini dalam kondisi bagus walau kalah di kandang sendiri pada pertandingan terakhir.

"Memang kemarin hasil yang tidak bagus, tapi mental pemain tidak ada masalah. Kami sudah melakukan kerja yang bagus, tapi hasilnya kurang baik. Kami tentu akan mengulang kerja keras kami dengan lawan yang berbeda, tapi dengan hasil yang bagus untuk kami," ucap Robert.

Perihal kekuatan Arema, Robert mengakui tim tuan rumah itu kini sedang merangkak naik di klasemen sementara Liga 1 2019.

"Kami tahu Arema di kandang adalah tim yang kuat dengan lini depan yang bagus. Jadi, kami harus mempersiapkan ini untuk bisa menahan lini serang Arema," ujar pelatih asal Belanda ini.

"Dan suporternya, Aremania, sangat mendukung tim. Atmosfernya tentu akan jadi bagus dan saya pikir akan jadi pertandingan yang menarik. Yang pasti, kami akan mempersembahkan yang terbaik agar bisa merebut tiga poin," tegas Robert.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Arema FC (4-2-1-3): Utam Rusdiana (kiper); Agil Munawar, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Ahmad Alfarizi (belakang); Jayus Hariono, Hendro Siswanto; Makan Konate (tengah); Ricky Kayame, Sylvano Comvalius, Dendi Santoso (depan).

Pelatih: Milomir Seslija

Persib Bandung (4-5-1): 78-I Made Wirawan (kiper); 22-Supardi Nasir, 16-Achmad Jupriyanto, 6-Saepulloh Maulana, 3-Ardi Idrus (belakang); 13-Febri Hariyadi, 9-Esteban Vizcarra, 24-Hariono, 82-Rene Mihelic, 77-Ghozali Siregar (tenngah); 71-Artur Gevorkyan (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Sumber: Bola.com (mdk/idc)

Baca juga:
Hasil Shopee Liga 1 2019: Persela Lamongan Ditahan Imbang Borneo FC 2-2
Hasil Shopee Liga 1 2019: Semen Padang vs Persebaya Surabaya 0-0
Highlights Shopee Liga 1 2019: Madura United 5-1 Badak Lampung FC
Hasil Shopee Liga 1 2019: Persib Bandung Kalah di Kandang Saat Hadapi Bali United 0-2
Gilas Kalteng Putra, PS Tira Persikabo Bertahan di Puncak Klasemen Shopee Liga 1 2019
Hasil Shopee Liga 1 2019: Arema FC Ungguli Bhayangkara FC dengan Skor 3-2
Prediksi Shopee Liga 1 Persib Vs Bali United 26 Juli 2019