PSM Makassar vs Semen Padang: Tuan Rumah Siap Tempur untuk Petik Kemenangan Perdana

SEPAKBOLA » MAKASSAR | 20 Mei 2019 09:01 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - PSM Makassar bakal mengawali langkah mereka di Shopee Liga 1 2019 dengan menjamu Semen Padang. Laga kontra Semen Padang ini bakal digelar di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Senin (20/5).

Pelatih Juku Eja, Darije Kalezic, menegaskan skuatnya bakal meraih poin penuh pada laga ini.

"Semua pemain dalam kondisi bugar. Kecuali Ferdinand Sinaga yang masih dalam proses pemulihan. Kondisi ini membuat saya senang dan optimistis PSM mengalahkan Semen Padang," ujar Darije.

Mengacu pada beberapa pertandingan PSM Makassar di Piala Indonesia 2018 dan Piala AFC 2019, formasi starter Darije menghadapi Semen Padang tak akan berubah banyak.

Di lini belakang, duet Abdul Rahman dan Aaron Evans jadi pilihan utama di depan kiper Rivki Mokodompit. Sementara di posisi bek sayap, Beny Wahyudi dan Taufik Hidayat, jadi plihan utama. Bek senior Zukilfi Syukur juga berpeluang tampil menggantikan peran Beny.

"Saya akan lihat perkembangan terakhir Zulikifli. Saat melawan Lao, dia sudah tampil 70 menit. Saya puas dengan penampilannya," jelas Darije.

Di tengah, trio terbaik PSM, Wiljan Pluim, Rizky Pellu dan Marc Klok kembali jadi starter. Ketiganya bukan hanya menjadi penyeimbang, tetapi juga pencetak gol. Sedangkan di depan, Darije menumpuhkan harapannya kepada Eero Markkanen yang bakal diapit dua penyerang sayap, Zulham Zamrun dan M. Rahmat.

Menyandang status kandidat juara Liga 1 2019, tidak membuat Darije dan skuatnya terlena. Menurut Darije, Semen Padang tentu sudah menyiapkan diri untuk mencuri poin di Makassar. Darije tak menjadikan penampilan tim Urang Awak di Piala Presiden 2019 sebagai acuan.

"Penampilan mereka tentu lebih baik. Sama seperti PSM yang kian berkembang setelah bermain di Piala Indonesia dan Piala AFC," tegas Darije.

Itulah mengapa Darije mengungkapkan ia lebih fokus ke timnya daripada memikirkan Semen Padang. "Kalau PSM Makassar tampil dengan standar permainannya, saya yakin kami bisa mengalahkan Semen Padang," kata Darije.

Di kubu Semen Padang, tim Urang Awak datang ke Makassar tanpa empat pemain starter, yakni Mario Alberto Barcia, Jose Sardon, Rudi, dan Syaiful Indra Cahya. Tetapi, pelatih Syafrianto Rusli tidak menjadikan kondisi ini sebagai kendala.

"Pemain absen sudah biasa terjadi dalam kompetisi. Saya sudah mengantisipasinya dengan meracik taktik yang pas untuk mencuri poin di Makassar," kata pelatih yang baru saja mengikuti kursus Pro AFC ini.

Untuk menjebol gawang PSM Makassar, Syafrianto bertumpu pada striker Karl Max Dany Bathelemy yang baru bergabung setelah mengurus KITAS di Malaysia. Bomber asal Chad ini akan ditopang Irsyad Maulana dan Dedi Hartono, yang berpengalaman bermain di Liga 1.

Sementara di tengah ada Ronaldo Juliyanto dan Manda Cingi yang harus kerja ekstra keras untuk meredam aksi kreator serangan PSM, Wiljan Pluim. Begitu pula dengan bek Shukurali Pulatov, yang akan berduel satu melawan satu dengan striker tinggi besar PSM, Eero Markkanen.

Syafrianto tinggal memilih Dedi Gusmawan atau Agung Prasetyo untuk mendampingi Pulatov.

Status sebagai tamu yang baru saja promosi tak membuat Syafrianto dan skuatnya minder. Mereka malah sangat antusias menatap laga perdana.

Syafrianto tanpa sungkan merujuk sukses dua tim promosi lainnya, PSS Sleman dan Kalteng Putera, sebagai motivasi dan inspirasi Semen Padang. PSS mengalahkan Arema FC 3-1 dan Kalteng Putera menekuk tuan rumah PSIS Semarang 2-1.

"Kami tentu ingin mengikuti jejak PSS dan Kalteng Putera," tegas Syafrianto.

Prakiraan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit; Beny Wahyudi, Aaron Evans, Abdul Rahman, Taufik Hidayat (belakang); Wiljan Pluim, Rizky Pellu, Marc Klok (tengah); Zulham Zamrun, Eero Markkanen, M. Rahmat (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Semen Padang (4-4-2): Teja Paku Alam; Agung Prasetyo, Shukurali Pulatov, Dedi Gusmawan, Boas Artururi (belakang); Dedi Hartoni, Fridolin Yoku, Irsyad Maulana, Manda Cingi (tengah); Riski Novriansyah, Karl Max Bathelemy

Pelatih: Syafrianto Rusli

Reporter: Abdi Satria
Sumber: Bola.com

Baca juga:
Jadwal Pertandingan & Live Streaming Shopee Liga 1 Hari Senin, 20 Mei 2019
PS Tira Persikabo vs Perseru Badak Lampung FC: Laga Penuh Makna bagi Rahmad Darmawan
Prediksi Persib Bandung vs Persipura Jayapura: Tuan Rumah Bidik Kemenangan Pertama
Madura United Bantai Persela 5-1 pada laga di Lamongan

(mdk/RWP)