Raih 82 Suara, Iwan Bule Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI 2019-2023

SEPAKBOLA | 2 November 2019 13:32 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Mochamad Iriawan atau yang akrab dipanggil Iwan Bule resmi terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Jenderal Polisi bintang tiga itu akan memimpin PSSI selama empat tahun ke depan, hingga 2023.

Dalam Kongres Pemilihan PSSI yang berlangsung secara tertutup di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11), Iwan Bule mendapatkan 82 suara dari 85 pemilik suara yang datang. Tiga suara dari tiga voters dianggap tidak sah. Sementara itu, satu voters, Persis Solo, tidak menggunakan hak suaranya.

Ketika kongres memasuki masa istirahat, sejumlah wartawan termasuk Bola.com menemui seorang calon wakil ketua umum PSSI, Rahim Soekasah. Rahim membenarkan bahwa Iwan Bule terpilih secara mutlak.

"Kongres Pemilihan PSSI dimenangi Iwan Bule. Dia mendapatkan 82 suara, tiga suara tidak sah, dan satu voters tidak hadir," kata Rahim

Sebelumnya, kontestasi calon wakil ketua umum PSSI tinggal menyisakan tiga kandidat setelah tujuh calon memutuskan mundur sebelum dan saat kongres berlangsung. Ketiga calon ketua umum PSSI tersebut meliputi Iwan Bule, Rahim Soekasah, dan Arif Putra Wicaksono.

1 dari 2 halaman

Kongres PSSI Memanas, Iwan Bule dan Vijaya Fitriyasa Bersitegang di Depan Wartawan

Kongres Pemilihan PSSI belum dimulai, tapi keadaan sudah memanas. Dua calon Ketua Umum PSSI, Vijaya Fitriyasa dan Mochamad Iriawan sudah saling dorong.

Hal itu terjadi saat Mochamad Iriawan alias Iwan Bule sedang diwawancarai oleh wartawan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11) pagi. Di saat bersamaan, Vijaya menghampiri Iwan Bule.

Vijaya berharap dirinya bisa berbincang dengan Iwan Bule setelah adanya pelaporan pencemaran nama baik. Vijaya dilaporkan simpatisan Iwan Bule.

Ini dikarenakan perkataan Vijaya di sebuah acara talk show beberapa waktu lalu, yang diduga melakukan pencemaran nama baik.

"Pak Iwan-pak Iwan mumpung ada wartawan saya mau bicara," kata Vijaya.

Namun, ajakan Vijaya berbicara ditolak oleh Iwan. Bahkan, dorong-dorongan keduanya pun sempat terjadi yang membuat situasi memanas. "Nanti saya bicara dahulu. Kamu saya lagi bicara main nyela-nyela saja saja," timpal Iwan Bule.

Setelah itu, Vijaya mundur, Iwan Bule pun melanjutkan wawancara dengan media di kongres PSSI.

2 dari 2 halaman

86 Voters

Kongres ini akan diikuti 86 voters dari berbagai anggota PSSI. 86 voter PSSI terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi (Asprov), 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, 1 Asosiasi Futsal (FFI) dan 1 Asosiasi Sepak Bola Wanita.

Pada KLB ini perwakilan FIFA dan AFC juga turut hadir. Kehadiran delegasi FIFA dan AFC untuk memantau dan mengawasi langsung jalannya KLB dengan agenda pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota komite eksekutif PSSI.

Reporter: Muhammad Adiyaksa
Sumber: Bola.com

(mdk/bim)

Baca juga:
Pukul Gong, Menpora Buka Kongres Luar Biasa PSSI 2019
Kongres PSSI Memanas, Iwan Bule dan Vijaya Fitriyasa Bersitegang di Depan Wartawan
Diduga Cemarkan Nama Baik M Iriawan, Caketum PSSI Vijaya Fitriyasa Dipolisikan
Jokowi Harap KLB Hasilkan Ketua Umum PSSI yang Berintegritas
Resmi, Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021
Masih Aktif di Partai, FX Rudy Tolak Jadi Exco PSSI
Komjen Mochamad Iriawan: Kapolri Beri Izin Saya Maju Ketum PSSI