Raih Kemenangan Perdana, Barito Putera Tekuk Bali United 1-0

SEPAKBOLA » MAKASSAR | 15 Juli 2019 09:44 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Barito Putera berhasil meraih kemenangan perdana mereka pada ajang Shopee Liga 1 2019. Menjamu Bali United di Stadion Demang Lehman, Martapura, Minggu (14/7), Barito Putera menang dengan skor 1-0.

Pertandingan yang disiarkan di Indosiar ini berlangsung dengan tempo sedang di babak pertama. Namun di babak kedua laga berjalan lebih intens hingga akhirnya menghasilkan satu kartu merah.

Kartu merah itu diberikan untuk Willian Pachecho, bek Bali United. Sementara itu gol Barito Putera dihasilkan oleh Rafael Silva.

Barito Putera langsung tampil ofensif begitu laga babak pertama dimulai. Di sisi lain Bali United memilih untuk bermain pasif lebih dahulu sembari memperkuat benteng pertahanannya dan mengamati permainan sang tuan rumah.

Bali United kemudian membangun serangan dengan perlahan. Namun begitu sampai di tengah, mereka kerap langsung melepas bola langsung ke depan dengan umpan-umpan lambung.

Barito Putera lantas makin intens menyerbu pertahanan sang tamu. Beberapa tendangan dilancarkan namun bola masih belum menemui sasaran. Bali United sendiri tetap bermain dengan sabar. Namun mereka mendapat peluang mencetak gol apik pada menit ke-33.

Setelah mendapat umpan silang dari Fajrin, Platje menendang bola di muka gawang. Namun Adhitya mampu dengan gemilang menggagalkan peluang tersebut. Barito berbalik menyerang dan Rafael Silva akhirnya bisa masuk ke kotak penalti dan melepas tendangan keras ke pojok kiri atas gawang Bali united. Namun bola bisa ditepis Wawan.

Barito terus bermain ofensif. Namun mereka cukup kesulitan membongkar pertahanan sang tamu. Kemudian Bali United justru bisa mencetak gol pada menit 45+2. Spaso mendapat umpan lambung dari Paulo Sergio dan mengeksekusi peluangnya dengan apik. Akan tetapi ternyata ia dianggap terkena jebakan offside lebih dahulu.

Laga babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Begitu laga dimulai, Barito kembali tampil menyerang lagi. Di sisi lain Bali United tak terlalu banyak mengubah permainannya seperti di babak pertama. Tuan Rumah pun lebih dominan menyerang sementara sang tamu sesekali berusaha keluar dengan melancarkan serangan balik.

Beberapa peluang akhirnya tercipta. Namun tak terlalu berbahaya. Peluang apik pertama akhirnya didapat oleh Barito pada menit ke-75. Tendangan keras Samsul di mulut gawang mampu digagalkan oleh Wawan Hendrawan.

Pada menit ke-77, Barito mendapat peluang emas lagi. Pachecho gagal menyapu bola dengan baik sehingga bola bergulir melewatinya. Dengan cepat bola dikejar oleh Samsul Arif. Namun ternyata Wawan bergerak sigap untuk keluar dari kotak penalti. Peluang itu mampu ia gagalkan dengan sapuan kakinya. Serdadu Tridatu kemudian berbalik menyerang. Mereka langsung nyaris mencetak gol pada menit ke-78. Namun sayang sontekan Spaso yang mendapat umpan dari Paulo Sergio hanya mencium tiang gawang.

Dua menit berselang, akhirnya gol tercipta. Barito Putera mencetak gol melalui tandukan kepala Rafael Silva, setelah memanfaatkan umpan tendangan bebas Rizky Pora. Para pemain Bali United sempat memprotes gol ini karena menuding Rafael berada dalam posisi offside. Namun wasit tak menghiraukan protes itu. 1-0.

Bali United kemudian bisa mencetak gol pada menit ke-84 melalui tendangan bebas Paulo Sergio. Namun wasit menganulirnya karena menganggap Pacheco melanggar Adhitya lebih dahulu.

Petaka menghampiri Bali United pada menit ke-87. Wasit memberikan kartu merah langsung kepada Pacheco. Pasalnya sang bek dianggap melakukan pelanggaran keras pada Gavin Kwan Adsit.

Bali United berusha untuk bangkit dan membalas gol Barito Putera. Sayangnya mereka gagal melakukannya hingga laga berakhir. Skor 1-0 bertahan sampai akhir.

Kemenangan ini membuat Barito Putera mengoleksi tujuh poin. Mereka pun terangkat dari zona degradasi dan sekarang berada di peringkat 14.

Sementara itu Bali United tetap mengoleksi 16 poin. Mereka tak beranjak dari posisi kedua klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 dan gagal menggusur Tira Persikabo.

Sumber: Bola.net

Baca juga:
Hasil Shopee Liga 1 2019: PSM Makassar Tekuk Bhayangkara FC 2-1
Persela Lamongan Hancurkan Kalteng Putra dengan Skor 3-0
Borneo FC Tundukkan PSIS Semarang di Samarinda dengan Skor 2-0
Persipura Gagal Raih Kemenangan, Bermain Imbang 1-1 Saat Hadapi Badak Lampung
Bermain dengan 10 Pemain, Persija Harus Rela Berbagi Poin Saat Hadapi Persib Bandung
Hasil Pertandingan Borneo FC vs PSIS Semarang: Skor 2-0

(mdk/RWP)