Untung dan rugi Barcelona kehilangan Thiago

Untung dan rugi Barcelona kehilangan Thiago
Thiago bersama dengan Pep Guardiola. (c) AFP
SEPAKBOLA | 24 Juli 2013 18:36 Reporter : Bola.net Sumber:

Merdeka.com - Sampai saat ini, kepergian Thiago Alcantara ke Bayern Munich masih banyak disesalkan oleh publik Catalan. Pemain berusia 22 tahun tersebut hengkang dengan biaya transfer sebesar 25 juta Euro, sebuah nominal yang oleh banyak pihak dinilai cukup murah mengingat kualitas serta potensi yang dimilikinya.

Jarangnya Thiago mendapat kesempatan di skuat utama Barca disinyalir menjadi sebab utama hengkangnya sang gelandang dengan harga rendah. Selain membuat Thiago berniat mencari peluang tim inti di klub lain, kurangnya menit bermain juga membuat buyout clause Thiago jeblok menjadi 18 juta Euro, memantik saga transfer segitiga yang melibatkan Barca, Bayern, dan Manchester United.

Direktur Finansial Barcelona, Javier Faus, mengakui bahwa Blaugrana mengalami kerugian dengan hengkangnya Thiago.

"Dari sudut pandang olahraga, penjualan Thiago jelas merugikan kami karena dia memiliki masa depan yang cerah," ungkap Faus dalam konferensi pers.

"Namun dari segi ekonomi, kami cukup untung. Kami mendapatkan 25 juta Euro hanya dari seorang pemain, angka yang di atas rata-rata. Tidak buruk, mengingat buyout clause Thiago hanya 18 juta."

Ketika dikonfirmasi apakah Barca akan melakukan penjualan pemain lainnya untuk menutup pengeluaran besar dari pembelian Neymar, Faus dengan cepat membantah hal tersebut.

"Kami bisa saja mendapatkan banyak uang dengan menjual pemain lainnya. Namun bagi kami, beberapa pemain memiliki status tak tergantikan," jawab Faus.

Perkataan Faus tersebut sepaham dengan apa yang dinyatakan oleh Direktur Olahraga Barca, Andoni Zubizarreta. Eks kiper Timnas Spanyol tersebut juga menyebut bahwa klubnya diuntungkan secara bisni dalam transaksi transfer Thiago. (as/mri)


Sumber: Bola.net

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami