10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang, Aman dan Efektif

10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang, Aman dan Efektif
SUMUT | 24 Maret 2020 16:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang kerap kali terjadi baik anak-anak maupun orang dewasa. Masalah gigi berlubang tentu memberikan kondisi di dalam mulut yang tidak nyaman.

Rasa sakit atau nyeri pada gigi yang berlubang sering kali mengganggu aktivitas makan. Bukan hanya itu, kondisi gigi berlubang bahkan juga menjadi sumber utama munculnya bau mulut yang tidak sedap.

Bau mulut yang ditimbulkan oleh gigi berlubang memang cukup mengganggu, bahkan tidak jarang mengurangi rasa percaya diri seseorang. Orang pun akan cenderung untuk menghindari percakapan dengan supaya tidak mengganggu orang lain.

Namun tetap saja, hal ini akan terasa sulit untuk dilakukan. Apalagi jika setiap hari bekerja yang mengharuskan berhadapan atau berkomunikasi dengan orang banyak.

Tentu saja, aroma tidak sedap yang keluar dari mulut akibat gigi berlubang ini bisa dikurangi atau diminimalisir. Bahkan bisa dilakukan dengan cara-cara alami yang aman dan efektif.

Dilansir dari Brilio.net dan berbagai sumber, berikut merdeka.com merangkum beberapa cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang patut Anda coba.

1 dari 10 halaman

Gosok Gigi Secara Rutin

ilustrasi wanita menggosok gigi

Shutterstock/Rock and Wasp

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang pertama adalah dengan menggosok gigi secara rutin. Bukan tanpa alasan, kondisi gigi yang banyak terdapat kotoran dari sisa-sisa makanan inilah yang sering kali menyebabkan bau tidak sedap dari mulut.

Apalagi jika kondisi seperti ini dibiarkan terlalu lama, maka sisa makanan tersebut akan membusuk di dalam mulut dan semakin menimbulkan bau yang tidak enak.

Dengan begitu, bagi Anda yang mempunyai masalah gigi berlubang sangat disarankan untuk rajin menggosok gigi. Idealnya, gosok gigi dilakukan dua kali sehari. Namun Anda juga bisa menggosok gigi setelah sarapan pagi dan sebelum tidur.

Hal yang perlu dihindari adalah menggosok gigi terlalu sering hingga lebih dari 3 kali sehari atau bahkan setiap habis makan. Walaupun dapat membuat gigi menjadi bersih, tetapi gosok gigi yang berlebihan dapat mengikis enamel gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi.

2 dari 10 halaman

Ganti Sikat Gigi Setiap Tiga Bulan Sekali

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang selanjutnya juga dapat dilakukan dengan mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali. Setiap kali menggosok gigi, tentu sisa-sisa makanan yang berhasil dibersihkan akan berpindah ke bulu sikat gigi yang digunakan.

Bahkan ketika sikat sudah dibilas bersih, bakteri-bakteri yang tidak terlihat mungkin saja masih terdapat dalam bulu sikat tersebut. Apalagi jika sikat dibiarkan dalam keadaan basah, maka bakteri-bakteri tersebut akan mudah berkembang.

Untuk itu, Anda perlu mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali. Hal ini dilakukan supaya gigi bisa dibersihkan dengan optimal.

Jika masih saja menggunakan sikat gigi yang sudah kotor, yang ada bakteri dalam sikat tersebut justru masuk kembali dalam mulut sehingga dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap.

Tidak harus menunggu selama 3 bulan, jika kondisi sikat gigi Anda sudah rusak akan lebih baik untuk segera diganti.

3 dari 10 halaman

Bersihkan Lidah

009 siti rutmawati

www.healthiswealthofheart.com

Salah satu cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang juga dapat dilakukan dengan membersihkan lidah. Selain bisa masuk dalam sela-sela gigi, kotoran sisa makanan dengan ukuran kecil juga dapat tersimpan dalam permukaan lidah.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka semakin lama akan semakin menumpuk. Sehingga bau mulut yang tidak sedap pun tak terhindarkan.

Dengan begitu, Anda juga disarankan untuk rutin membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah. Anda bisa menggosok permukaan lidah dengan alat tersebut beberapa kali dengan gerakan searah, hingga sisa-sisa makanan yang menempel pada lidah bisa terangkat.

Dengan cara ini, akan semakin mengurangi risiko timbulnya bau mulut tidak sedap yang sering mengganggu.

4 dari 10 halaman

Lakukan Flossing

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah dengan melakukan flossing. Flossing adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang karena tidak dapat terjangkau dengan sikat gigi. Cara ini terbukti dapat membersihkan plak dan karang gigi yang sering kali menyebabkan bau mulut.

Caranya sangat mudah, ambul benang sepanjang 45 cm. Lilitkan kedua ujung benang pada jari tengah tangan kiri dan kanan. Pegang benang dengan ibu jari dan telunjuk.

Selipkan dengan hati-hati di sela gigi. Gesekkan dengan membentuk pola huruf C. Lalu gerakkan naik turun secara lembut agar tidak melukai gusi. Lakukan hal yang sama pada sela-sela gusi lainnya.

5 dari 10 halaman

Berkumur dengan Mouthwash

ilustrasi mouthwash

Shutterstock.com/ Andrey_Popov

Berikutnya, cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang bisa dilakukan dengan berkumur menggunakan mouthwash atau penyegar mulut. Cara ini sebaiknya Anda lakukan setelah selesai menggosok gigi dan menggunakan floss.

Pilihlah cairan penyegar mulut yang mengandung zinc dan fluoride. Kemudian gunakan cairan tersebut untuk berkumur beberapa menit untuk membersihkan mulut dan gigi dari sisa-sisa makanan. Cara ini dapat membuat napas menjadi lebih segar dan menghindarkan dari berbagai masalah gigi dan mulut.

6 dari 10 halaman

Periksa Gigi Setiap Enam Bulan Sekali

Sudah menjadi anjuran umum agar kita dapat memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter setiap 6 bulan sekali. Apalagi jika sudah mempunyai masalah gigi berlubang, berkonsultasi dengan dokter tidak boleh diabaikan begitu saja.

Dengan pergi ke dokter, Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan mulut dan gigi. Jika memang terdapat masalah, maka akan lebih cepat ditangani dan menghindarkan dari kondisi yang lebih buruk. Dengan cara ini, kondisi gigi dan mulut menjadi lebih mudah terkontrol dengan baik.

7 dari 10 halaman

Tambal Gigi

berlubang

boldsky.com

Jika cara sebelumnya belum juga dapat menunjukkan kemajuan dalam mengatasi bau mulut, Anda dapat memilih tindakan tambal gigi. Jika Anda pergi ke dokter, hal ini bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan dokter untuk mengatasi gigi berlubang yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

Tindakan menutup lubang gigi yang terbuka dengan menggunakan semen bisa menghentikan perkembangan bakteri dan kuman yang ada di dalamnya. Dengan begitu, bau mulut akan menjadi lebih berkurang atau bahkan hilang.

Ini menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang bisa Anda pertimbangkan.

8 dari 10 halaman

Minum Air Putih Setiap Bangun Tidur

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang selanjutnya adalah dengan rutin mengonsumsi air putih setiap bangun tidur di pagi hari. Sebab, biasanya bau mulut akibat gigi berlubang akan semakin parah dengan berkurangnya produksi air liur saat tidur.

Kondisi inilah yang membuat bakteri semakin mudah berkembang. Jadi bagi Anda yang mempunyai masalah ini, Anda bisa mulai melakukan kebiasaan konsumsi air putih setiap bangun tidur secara rutin.

9 dari 10 halaman

Perhatikan Konsumsi Makanan

dan sayuran

2015 Picjumbo/Victor Hanacek

Selain diperparah oleh berkurangnya produksi air liur, bau mulut akibat gigi berlubang juga semakin buruk ketika Anda tidak memperhatikan konsumsi makanan yang dimakan sehari-hari. Anda sebaiknya mengurangi konsumsi makanan-makanan manis dan asam karena makanan ini mampu memperburuk bau mulut yang tidak sedap.

Anda lebih baik banyak mengonsumsi makanan sayur, buah, permen karet bebas gula, yoghurt juga teh hijau. Selain itu Anda juga disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi dan kalsium untuk kesehatan gigi.

10 dari 10 halaman

Hindari Merokok dan Minuman Alkohol

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang berikutnya juga dapat dilakukan dengan menghindari kebiasaan merokok dan konsumsi minuman alkohol.

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan kerusakan gusi, mengotori gigi juga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

Konsumsi minuman alkohol juga dapat membuat bau mulut semakin buruk bahkan dapat menyebabkan mulut menjadi kering.

(mdk/ayi)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami