10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Aman dan Ampuh

10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Aman dan Ampuh
SUMUT | 22 Mei 2020 10:00 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Masalah kulit yang kerap kali muncul dan hampir pernah dialami oleh semua orang adalah jerawat. Meski sudah melewati masa pubertas, sebagian besar orang masih bermasalah dengan jerawat. Tidak hanya itu, sebagian orang memiliki masalah jerawat yang semakin parah saat dewasa dan membuat kulit tidak mulus lagi.

Jerawat merupakan salah satu jenis peradangan kulit yang disebabkan ketika lubang kecil yang dikenal sebagai folikel rambut tersumbat. Tersumbatnya folikel disebabkan oleh sebum yang berlebih yang bercampur dengan sel kulit mati.

Dalam jumlah normal, sebum berguna sebagai zat yang membuat kulit tetap terhidrasi. Jumlah sebum yang berlebih dapat membuat bakteri mudah berkembang biak. Itulah mengapa sebum dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Tetapi tak perlu khawatir, ada banyak cara alami mengobati jerawat yang bisa dilakukan sendiri di rumah, seperti cara alami berikut ini:

1 dari 10 halaman

Madu

dan susu

©iStock

Madu merupakan bahan alami yang digunakan sebagai makanan dan pengobatan sejak dahulu kala. Madu telah banyak diteliti dan terbukti memiliki banyak khasiat. Madu mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan madu yaitu dengan mencampur madu, lidah buaya, dan sejumput kunyit untuk membuat pasta. Haluskan ketiga bahan tersebut dan aduk hingga ketiganya bercampur merata. Setelah itu, oleskan pasta di wajah anda.

Tunggu hingga 10 menit dan bilas dengan air dingin. Langkah terakhir, gunakan es batu untuk menutup pori-pori muka sehingga khasiat pasta bahan alami di atas bias bekerja maksimal.

2 dari 10 halaman

Membersihkan Wajah

Membersihkan dan merawat kulit Anda dua kali sehari merupakan cara terbaik untuk mencegah jerawat dan menghilangkannya. Untuk keadaan darurat saat Anda terlalu lelah untuk mencuci muka, simpan sisa tisu di laci meja samping tempat tidur Anda. Dengan cara ini, jika Anda pulang sangat larut dan tidak ingin pergi ke wastafel, Anda masih bisa tidur dengan kulit bersih!

3 dari 10 halaman

Lidah Buaya

ilustrasi lidah buaya

©2019 Merdeka.com/Pixabay


Tanaman rumah lidah buaya tidak hanya baik untuk menenangkan kulit terbakar, tetapi juga dapat membantu menghilangkan jerawat. Produk perawatan kulit dengan persentase tinggi lidah buaya sebagai bahan aktif telah terbukti secara klinis untuk meningkatkan penampilan kulit pada pasien, menurut ahli kulit.

"Sebuah studi pada 60 pasien jerawat yang juga menggunakan tretinoin (resep obat anti-jerawat) bernasib lebih baik ketika mereka juga menggunakan 50% gel lidah buaya selama delapan minggu dibandingkan dengan mereka yang menggunakan tretinoin saja," kata dokter kulit Fayne L. Frey, MD, FAAD .

4 dari 10 halaman

Cuka Apel

Selain baik untuk pencernaan selama program diet, ternyata sari cuka apel juga baik untuk menghilangkan jerawat dan panu di wajah. Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air, gunakan kapas steril untuk mengkompres jerawat selama 20 detik. Lakukan 1 2 kali sehari untuk hasil maksimal.

Berbagai langkah cara menghilang jerawat sebagai upaya anda bisa tampil percaya diri lagi tanpa jerawat, sudah bisa Anda praktikkan.

5 dari 10 halaman

Green Tea

green tea

©2020 Merdeka.com

Green tea terkenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan ini mampu membantu untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi saat jerawat muncul.

Salah satu alasan terjadinya kelebihan produksi sebum adalah kurangnya antioksidan di dalam tubuh. Cara pengaplikasian green tea cukup mudah. Anda hanya perlu menyeduh green tea atau menggunakan masker ekstrak green tea.

6 dari 10 halaman

Bawang

Bawang telah banyak dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap masakan. Namun, bawang juga terbukti ampuh digunakan sebagai obat tradisional dalam melawan infeksi. Kandungan senyawa organosulfur pada bawang memiliki efek antiinflamasi dan antibakteri alami.

Menggunakan bawang sebagai cara alami menghilangkan jerawat yang membandel dapat dilakukan dengan menambahkan banyak bawang ke makanan. Bawang juga bias langsung dikunyah bersama cengkeh ataupun dengan menambahkan pada minuman panas.

Bawang akan melawan bakteri dari dalam tubuh, cara sangat efektif dilakukan dengan melakukan perawatan alami lainnya langsung pada jerawat. Tentu saja hasil maksimal diperoleh dengan melakukan ini secara rutin hingga jerawat sembuh.

7 dari 10 halaman

Gunakan Putih Telur

Cara menghilangkan jerawat batu secara alami selanjutnya ialah menggunakan putih telur, karena mengandung enzim lisozim. Melansir dari Fakultas Farmasi UGM, 1996 menunjukkan hasil bahwa penambahan enzim lisozim menaikkan aktivitas antibiotic dan memecah dinding bakteri.

Ambil 1 butir telur ayam, ambil saja putih telurnya. Kocok hingga mengembang, lalu oleskan pada jerawat. Tunggu masker selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

8 dari 10 halaman

Masker Mentimun

001 magang

©2018 Liputan6.com

Mentimun mengandung air yang tinggi serta vitamin A,B, dan C. Terdapat pula mineral yaitu magnesium, kalium, mangan, dan silika. Mentimun juga memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih bagi wajah. Oleh karena itu, mentimun sangat manjur sekali untuk membasmi jerawat membandel.

Pengaplikasiannya hampir sama dengan tomat. Terdapat dua cara. Cara pertama adalah dengan mengiris tipis-tipis mentimun lalu letakkan pada wajah. Dan cara kedua adalah dengan menjus 1 buah mentimun lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

9 dari 10 halaman

Kulit Pisang

Apabila Anda sedang memakan pisang, jangan langsung membuang kulitnya. Kulit pisang kaya akan antioksidan, termasuk lutein, yang dapat melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Kulit pisang juga mengandung vitamin karotenoid yang terkait dengan vitamin A. Semua senyawa tersebut berguna untuk mengobati peradangan pada jerawat.

Cara menggunakan kulit pisang untuk merawat jerawat yaitu dengan mengiris kecil kulit pisang dan menggosokkan secara lembut pada area berjerawat. Kemudian diamkan selama beberapa menit.

Ketika sudah mengering, kulit akan menyerap vitamin dan nutrisi dari kulit pisang. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Apabila dipakai saat menjelang tidur, diamkan selama semalam dan cuci pada pagi harinya. Usahakan lakukan ini 3 kali sehari hingga jerawat mereda dan lihat hasilnya.

10 dari 10 halaman

Kunyit

011 tantri setyorini

©Pixabay


Kunyit adalah agen antiseptik dan terapi alami dan banyak digunakan untuk mengobati luka ringan, luka, jerawat, dan jerawatIa juga memiliki sifat mencerahkan kulit yang dapat membantu menghilangkan noda.

Anda akan perlu

  • 2 sendok makan bubuk kunyit
  • 1/4 gelas air 

Yang Harus Anda Lakukan

  • Campurkan dua sendok makan kunyit dengan air untuk membuat pasta kental.
  • Oleskan pasta ini di wajah Anda.
  • Biarkan selama sekitar lima menit. Bilas wajah Anda dengan air dingin. 

Seberapa Sering Anda Harus Melakukan Ini?

Oleskan paket wajah kunyit setiap hari.

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami