7 Cara Mengurangi Kecemasan secara Alami yang Mudah Dipraktikkan

7 Cara Mengurangi Kecemasan secara Alami yang Mudah Dipraktikkan
Ilustrasi perempuan ketakutan. ©2022 Merdeka.com/Freepik
SUMUT | 22 Juli 2022 10:25 Reporter : Muhammad Farih Fanani

Merdeka.com - Memiliki gangguan kecemasan atau dalam bahasa populernya adalah anxiety tentu bukan sesuatu yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Pasalnya, perasaan cemas ini sangat mengganggu. Hal itu merupakan dampak dari pola kehidupan dunia sekarang ini yang sangat sibuk. Kita tidak bisa menghindarinya, tapi setidaknya, bisa menguranginya.

Ada beberapa cara untuk mengurangi kecemasan atau anxiety. Cara mengurangi kecemasan bisa dengan cara alami. Dimana semua orang bisa mempraktikkannya. Kecemasan bukanlah salah sebuah gangguan yang datang dari tubuh yang merespons stres.

Kecemasan atau anxiety adalah perasaan takut atau khawatir yang dapat diyakini disebabkan oleh kombinasi antara genetik dan lingkungan otak. Maka dari itu, berikut ini adalah cara mengurangi kecemasan secara alami yang mudah untuk dipraktikkan oleh siapa saja dikutip dari laman healthline.

2 dari 3 halaman

1. Selalu Aktif

Cara mengurangi kecemasan secara alami adalah dengan tetap aktif, yaitu tetap aktif dalam beraktivitas dan tentu olahraga teratur. Beraktivitas yang membuat badan aktif terbukti akan mengurangi kecemasan yang ada pada otak. Selain itu, selalu berolahraga akan mengalihkan perhatian terhadap sesuatu yang membuat cemas.

Olahraga dapat membantu seseorang untuk meningkatkan detak jantung dan tentu akan berdampak kepada kesehatan. Hal inilah yang menjadi salah satu cara untuk mengurangi kecemasan secara alami yang mudah untuk dipraktikkan.

2. Berhenti Merokok

Beberapa orang akan mengambil sebatang rokok ketika mereka sedang mengalami kecemasan yang berlebih. Ini tentu terjadi karena orang sudah kecanduan dengan rokok. Padahal sebatang rokok tidak akan menghilangkan kecemasan dalam diri Anda. Rokok atau bahan nikotin lainnya akan mengubah jalur di otak yang terkait dengan kecemasan.

Anda bisa mulai untuk berhenti merokok supaya bisa mengurangi kecemasan. Selain karena rokok itu berbahaya bagi tubuh, rokok juga bukanlah cara mengurangi kecemasan yang efektif.

3. Hindari Alkohol

Cara mengurangi kecemasan secara alami selanjutnya adalah dengan menghindari alkohol. Untuk Anda yang memang tidak pernah mengonsumsi alkohol, itu adalah langkah dan keputusan yang bijak, akan tetapi, untuk para pecandu alkohol, sebaiknya menghentikannya karena alkohol bukanlah solusi ketika sedang mengalami kecemasan.

Salah satu dampak buruk alkohol adalah kurangnya tidur malam. Sedangkan tidur malam adalah salah satu cara yang paling ampuh dalam mengurangi kecemasan secara alami.

4. Batasi Asupan Kafein

Kafein bukanlah kawan yang tepat ketika Anda tengah mengalami kecemasan yang tinggi. Pasalnya, kafein hanya akan menyebabkan kegugupan dan kegelisahan. Kafein berfungsi untuk meningkatkan detak jantung. Jika Anda gugup, mengonsumsi kafein bukanlah cara mengurangi kecemasan secara alami.

Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi air putih. Ini akan membantu Anda untuk menghilangkan dahaga dan tidak akan memperburuk situasi pada kecemasan Anda.

3 dari 3 halaman

5. Istirahat Malam yang Cukup

Tidur adalah senjata efektif untuk cara mengurangi kecemasan secara alami. Ketika seseorang tengah mengalami gangguan mental, maka tidur adalah solusinya. Diketahui bahwa orang dewasa direkomendasikan tidur selama 7 hingga 9 jam setiap hari.

Untuk Anda yang selalu mengalami kesulitan saat tidur, Anda bisa melakukan hal ini, yaitu hanya tidur ketika lelah, tidak membaca atau  bermain gadget di tempat tidur, menghindari kafein, menjaga kamar tetap gelap dan sejuk, dan tidur di waktu yang sama setiap hari.

6. Makanan yang Seimbang

Inilah salah satu cara mengurangi kecemasan yang juga penting untuk diperhatikan. Kadar gula rendah, dehidrasi, bahan kimia dalam olahan makanan, dan pengawet dapat menyebabkan perubahan pada suasana hati pada seseorang. Ini tentu berdampak pada peningkatan kecemasan yang Anda rasakan.

Solusinya adalah menjaga makanan yang seimbang. Anda perlu untuk tetap terhidrasi, menghilangkan makanan olahan, makan makanan yang seimbang, buah, sayur, dan lain sebagainya. Hal itu tentu menjadi salah satu cara mengurangi kecemasan yang baik.

7. Meditasi 

Meditasi merupakan salah satu cara mengurangi kecemasan yang juga bisa dilakukan oleh orang yang mengalami kecemasan berlebih. Pasalnya, meditasi akan memberikan rasa tenang dan kepuasan dengan meningkatkan kemampuan untuk toleran terhadap semua hal yang ada dalam pikiran.

Meditasi akan membantu seseorang ketika mengalami masalah dalam kesehatan mental. Terdapat beberapa jenis meditasi antara lain: meditasi kesadaran, meditasi rohani, meditasi terfokus, meditasi gerakan, meditasi mantra, meditasi cinta kasih, dan lain sebagainya. Meditasi sudah banyak dilakukan oleh orang dan menjadi cara mengurangi kecemasan yang efektif.

Demikian adalah 7 cara mengurangi kecemasan secara alami yang mudah untuk dipraktikkan. Ini tentu merupakan sebuah informasi yang bermanfaat, pasalnya untuk mengurangi kecemasan butuh beberapa cara yang ekstrem dan terkadang harus membuat kita mengeluarkan kocek yang dalam.

Namun, dengan melakukan 7 cara mengurangi kecemasan di atas, maka diharapkan Anda bisa mengurangi kecemasan tanpa harus menjalani pengobatan medis yang cukup serius.

(mdk/mff)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini