10 Makanan Sehat Penangkal Stres yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Cokelat

10 Makanan Sehat Penangkal Stres yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Cokelat
SUMUT | 24 Maret 2020 19:00 Reporter : Dimas Putra Mandegani

Merdeka.com - Sebagian besar orang mungkin sudah menjadikan stres sebagai gaya hidup. Stres merupakan reaksi tubuh yang muncul saat menghadapi suatu tekanan atau ancaman. Stres juga bisa terjadi karena merasa putus asa, gugup, marah bahkan bersemangat.

Ada beberapa pemicu terjadinya stres. Namun, seringkali stress dipicu oleh tekanan batin seperti masalah keluarga, hubungan sosial, cinta bertepuk sebelah tangan hingga finansial. Stres juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Lingkungan pertemanan sangat bisa menjadi pemicu munculnya stres.

Beberapa gejala muncul ketika seseorang merasa stress. Gejala emosi seperti frustasi, moody, overthinking, merasa kesepian hingga depresi. Gejala fisik seperti pusing, kepala tegang, migrain, mual, diare hingga gangguan menstruasi untuk perempuan. Gejala kognitif seperti sering lupa, pesimis, tidak bisa mencerna perkataan orang lain dan selalu berpikiran negatif. Gejala perilaku seperti susah makan, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol hingga obat-obatan terlarang.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menangkal stres. Olahraga teratur, tidur cukup, membatasi konsumsi kafein hingga mengonsumsi makanan yang tepat dan sehat. Makanan sehat juga bisa membuat imun meningkat sehingga hormone depresi berkurang.

Berikut merdeka.com kumpulkan 10 makanan sehat penangkal stres dari beberapa sumber.

1 dari 10 halaman

1. Ikan

segar

2018 Merdeka.com/Pixabay

Jenis ikan yang bisa mengurangi stres merupakan jenis ikan berlemak seperti sarden, tuna, makerel hingga salmon. Ikan-ikan tersebut mengandung banyak asam lemak omega 3, vitamin B6 dan B12.

Kandungan tersebut diketahui dapat menurunkan tingkat kortisol dan bisa melawan stres. Jenis-jenis ikan tersebut ada baiknya dikonsumsi dua kali seminggu.

2 dari 10 halaman

2. Sayuran Hijau

ilustrasi sayuran hijau

Shutterstock/Elena Elisseeva

Dari banyaknya sayuran di muka bumi, sayuran hijau seperti bayam atau asparagus bisa diolah menjadi makanan sehat yang bisa menangkal stres.

Bayam menghasilkan zat dopamine yang merangsang kebahagiaan dalam tubuh manusia. Bayam juga sangat mudah diolah di rumah. Bayam tumis, oseng bayam, lotek hingga yang paling mudah sup bayam. Jika seseorang mengonsumsi bayam akan membantu meredakan panik dan tetap tenang.

3 dari 10 halaman

3. Cokelat

hitam

www.afternoonrecipes.com

Sudah banyak studi yang mengungkapkan bahwa cokelat merupakan makanan ampuh pereda stres. Jika seseorang merasa stress, maka bagian tubuh yang merespons rasa stres tersebut bernama kortisol atau hormon stres.

Meningkatnya kadar kortisol dalam tubuh dapat meningkatkan pula tingkat stres seseorang. Hal ini dapat membahayakan tubuh ketika seseorang tidak dapat mengontrol kadar hormon kortisol dengan baik.

Cokelat menjadi salah satu makanan yang dapat mengurangi kadar hormon kortisol. Cokelat juga bisa meningkatkan suasana hati seseorang, terlebih jika kamu merasa suntuk atau bosan saat bekerja di rumah. Namun perlu diperhatikan konsumsi cokelat secukupnya agar terhindar dari penyakit diabetes dan penyakit lainnya.

4 dari 10 halaman

4. Alpukat

10 manfaat buah alpukat untuk ibu hamil bisa cegah bayi lahir cacat

2020 Merdeka.com

Buah yang juga enak diolah menjadi jus ini ternyata mengandung banyak vitamin. Alpukat mengandung vitamin B yang sudah terbukti sebagai penghilang stres. Selain itu, alpukat juga kaya akan asam lemak omega 3, vitamin E, vitamin A dan nutrisi penting lainnya.

Alpukat juga mengandung glutathione, zat yang dapat menghambat penyerapan usus dari lemak tertentu yang menyebabkan kerusakan oksidatif. Kandungan asam lemak omega 3 bisa meningkatkan suasana hati serta menurunkan kadar stres, depresi dan kecemasan.

5 dari 10 halaman

5. Kacang dan Biji-bijian

almond

herkkusuu.fi

Kacang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B, magnesium, seng dan lemak sehat. Keseluruhan nutrisi tersebut membantu mengurangi stress dan tingkat kecemasan.

Bahkan, beberapa studi menunjukkan bahwa pistachio dan kenari bisa membantu mempersiapkan tubuh menghadapi stres. Biji-bijian kaya akan asam lemak omega 3, magnesium, vitamin dan mineral penting yang membantu menurunkan tingkat kestresan secara drastis.

6 dari 10 halaman

6. Oatmeal

ilustrasi oatmeal

Shutterstock

Selain untuk mencerahkan wajah, oatmeal juga berguna untuk menurunkan kadar stres. Oatmeal kaya akan vitamin B dan magnesium yang bisa menurunkan stres dan meningkatkan suasana hati.

Oatmeal mengandung karbohidrat komplek yang dapat membantu otak membuat serotonin. Serotonin merupakan hormon baik yang bersifat antioksidan, sehingga cocok dijadikan makanan penghilang stress.

7 dari 10 halaman

7. Teh Herbal

herbal

Shutterstock

Meminum teh herbal membuat seseorang bisa berfikir dengan tenang dan jernih. Teh hijau, chamomile, rooibos, lavender merupakan teh herbal yang kaya akan vitamin. Vitamin-vitamin tersebut dapat meredakan stres, terutama rooibos yang juga menjaga kesehatan jantung.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa teh hijau memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar stres karena kandungan kafeinnya yang rendah serta tinggi L-theanine, protein yang membantu otak menjadi rileks.

8 dari 10 halaman

8. Yoghurt dan Beri

cara membuat yoghurt

2020 Merdeka.com

Yoghurt jadi salah satu pilihan makan sehat pereda stres. Sumber energi yang besar dari protein dan kalsiumnya dibutuhkan tubuh untuk melepaskan neurotransmitter perasaan senang dan lega.

Yoghurt juga cocok dinikmati dengan buah-buahan, terutama kelompok beri (Strawberi, Blueberry, dan Raspberry). Kandungan antioksidannya membuat buah ini bisa menghilangkan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.

9 dari 10 halaman

9. Telur

ilustrasi telur

2019 Merdeka.com/Pixabay

Telur mengandung banyak protein, kolin, omega 3, asam lemak dan nutrisi lainnya yang mampu meningkatkan suasana hati secara signifikan dengan menurunkan tingkat stres dan kecemasan.

10 dari 10 halaman

10. Pisang

jenis pisang

Jenis pisang

Stres dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu dengan mengonsumsi pisang, maka tekanan darah akan turun. Pisang mengandung vitamin A, B dan C yang bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah.

Makanan sehat di atas terbukti ampuh untuk menghilangkan stres. Sudah mencoba?

(mdk/dim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami