10 Tanda Kiamat Menurut Agama Islam, Begini Penjelasannya

10 Tanda Kiamat Menurut Agama Islam, Begini Penjelasannya
SUMUT | 29 Juli 2020 17:00 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Ada banyak narasi yang memberi arti penting pada 'hari kiamat' dan bagaimana mempertahankan iman ketika hari itu tiba. Hari Kiamat, Penghakiman atau Qayamah adalah waktu di mana Allah akan memerintahkan kehancuran Bumi. Istilah 'hari' berarti usia dan tanda-tanda adalah simbol yang membuka jalan bagi hari kebangkitan terakhir.

Ada banyak tanda kiamat dalam Islam; besar dan kecil tetapi semua tanda-tanda ini menunjukkan bagaimana dan kapan saatnya akan tiba. Meskipun tanggal pasti waktu itu hanya diketahui Allah, rujukan Alquran dan banyak hadis memberikan pengetahuan dan membimbing umat Islam sebelumnya sehingga ketika saatnya tiba, mereka siap untuk membedakan antara yang benar dan yang salah.

Diceritakan oleh Hudhayfah bin Usayd: Rasul Allah tiba-tiba mendatangi kami ketika kami sibuk berdiskusi. Dia bertanya: 'Apa yang kamu diskusikan?' Para sahabat menjawab: 'Kami sedang membahas Hari Kiamat.

Kemudian dia berkata: ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya'juj dan Ma'juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka,”

(Lihat Abul Husain Muslim bin Hajjaj bin Muslim An-Naisaburi, Al-Jāmi’us Ṣaḥīḥ, [Beirut, Dārul Afaq Al-Jadidah: tanpa tahun], juz VIII, halaman 178).

Ada sepuluh tahap utama dari tanda kiamat dalam Islam yang menggambarkan peristiwa itu secara kategoris dilansir dari Salam Planet.

Baca Selanjutnya: 1) Kedatangan Imam Mahdi...

Halaman

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami