10 Wisata di Bekasi yang Jarang Diketahui, Pantai hingga Bangunan Sejarah

10 Wisata di Bekasi yang Jarang Diketahui, Pantai hingga Bangunan Sejarah
Pantai Muara Beting. ©Instagram.com/bekasi.update
SUMUT | 6 Juli 2022 14:10 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Bekasi termasuk dalam lingkungan megapolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Ada banyak pilihan wisata di Bekasi yang belum banyak dikunjungi dan diketahui terutama bagi pendatang. Bagi kamu yang bingung menghabiskan akhir minggu ke mana, berwisata di Bekasi bisa menjadi alternatif.

Wisata di Bekasi bisa menjadi tujuan berlibur bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Wisata di Bekasi memiliki ragam pilihan yang seperti wisata alam, sejarah, edukasi, maupun bangunan-bangunan unik.

Berikut selengkapnya merdeka.com merangkum kumpulan wisata di Bekasi yang bisa menjadi rujukan liburan:

2 dari 3 halaman

Jembatan Cinta Marunda

Wisata di Bekasi yang pertama yaitu Jembatan Cinta Marunda. Jembatan ini mirip dengan jembatan yang ada di Pulau Seribu. Dikenal juga sebagai Jembatan Muara Tawar karena lokasinya berdekatan dengan tempat pelelangan ikan Muara Tawar. Posisi tepatnya ada di daerah Tarumajaya Bekasi.

Jembatan ini cukup menarik karena strukturnya terbuat dari kayu dengan cat warna-warni. Dari jembatan, kamu dapat menatap lautan luas. Jangan lewatkan juga kuliner olahan ikan dan makanan laut lain di warung yang ada di sekitar.

Dunia Salju

Wisata di Bekasi berikutnya yaitu Dunia Salju di Revo Town Mall yang terletak di Jalan A Yani, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan. Konsepnya hampir sama dengan Snow World di Ancol dengan ruangan berdekorasi salju yang indah.

Efek hujan salju di dalam ruangan bersuhu mencapai 2 derajat Celsius ini membuat suasana romantis serasa musim salju di Eropa. Pahatan balok es berbentuk pohon, penguin, kereta Sinterklas, dan kursi sangat cocok dijadikan latar belakang foto berdua.

Untuk masuk ke dalam wahana Snow World International Revo Town dikenakan tiket seharga Rp50.000 bagi anak-anak mulai usia satu tahun hingga mempunyai tinggi badan maksimal 140cm. Sementara untuk dewasa, tiket yang harus dibeli seharga Rp60.000 untuk sekali masuk.

Taman Buaya Indonesia Jaya

Ini adalah tempat wisata di Bekasi yang tak boleh dilewatkan pencinta buaya. Taman Buaya Indonesia Jaya merupakan tempat penangkaran buaya yang berada di Jalan Raya Serang Cibarusah, Desa Sukaragam. Sebelum masuk, kamu akan disambut dengan sebuah patung buaya besar di halaman depan tempat penangkaran buaya ini.

Klenteng Hok Lay Kiong

Klenteng Hok Lay Kiong merupakan salah satu klenteng tertua di Bekasi. Tak ada yang tahu pasti kapan tepatnya klenteng yang berada di Jalan Kenari, Margahayu ini dibangun.

Klenteng ini diperkirakan berdiri sejak 300–400 tahun yang lalu. Tak berbeda dengan kebanyakan klenteng, di sini warna merah masih mendominasi bangunan dan segala ornamennya.

Danau Cibereum

Danau seluas 2 hektare ini memiliki sebuah pulau kecil di tengahnya yang ditumbuhi sebuah pohon besar. Pulau di tengah danau ini menjadi objek foto favorit para pengunjung.

Selain hunting foto, kamu juga bisa memasang tenda atau menggelar tikar untuk piknik bersama keluarga. Fasilitas di danau sudah lumayan lengkap mulai dari toilet, warung makan, toko suvenir sampai bangku-bangku yang menghadap ke danau.

3 dari 3 halaman

Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting terletak di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, atau sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Bekasi. Pantai Muara Beting memiliki pasir putih kecokelatan yang landai. Selain pantai, di kawasan ini juga terdapat cagar alam yang terdiri dari hutan bakau dan beberapa satwa seperti lutung hitam dan buaya rawa.

Gedung Juang 45

Gedung Juang 45 atau yang disebut juga dengan Gedung Tinggi ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang menyukai wisata sejarah. Tempat wisata di Bekasi ini menjadi saksi perjuangan rakyat Bekasi melawan penjajah. Di tempat ini pula banyak terjadi perundingan atas tukar tawanan antara pejuang dan penjajah.

Saung Ranggon

Saung Ranggon dibangun sekitar abad ke-16 oleh Pangeran Rangga. Saung Ranggon mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Hal ini terlihat jelas dari ornamen asli peninggalan zaman kerajaan. Walaupun ukuran tempat wisata Bekasi ini tidak begitu besar, suasana di sekitarnya sangat nyaman. Udaranya sejuk dan relatif bersih sehingga cocok untuk relaksasi.

Hutan Mangrove Muara Gembong

Tempat wisata di Bekasi selanjutnya bernama Hutan Mangrove Muara Gembong. Jarak Hutan Mangrove ini dari pusat Kota Bekasi lumayan jauh, sekitar 70 km, dan biasanya dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Salah satu tempat wisata Bekasi ini sangatlah menarik dengan pemandangan indahnya dan alamnya yang sangat asri, dengan hamparan hutan mangrove yang sangat luas. Kamu dapat berkeliling hutan mangrove ini menggunakan perahu sampan dengan tarif yang cukup terjangkau.

Go! Wet Waterpark Grand Wisata Bekasi

Go! Wet Waterpark Grand Wisata berlokasi di Jalan Southern Boulevard Kav. 1, Grand Wisata, Bekasi, Jawa Barat. Destinasi tempat wisata Bekasi ala keluarga ini menawarkan sejumlah permainan air yang seru dan menyenangkan, seperti Go! Boomer, Go! Splash, Go! Twist, dan Go! Wave. Tiap permainan memberi pengalaman berbeda.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini