11 Manfaat Brotowali Bagi Kesehatan, Akar Abadi Ramuan Ayuverdic India Kuno

11 Manfaat Brotowali Bagi Kesehatan, Akar Abadi Ramuan Ayuverdic India Kuno
SUMUT | 17 Juni 2020 10:01 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Tanaman brotowali atau bratawali (Tinospora Cordifolia) adalah ramuan Ayurvedic yang telah digunakan dan dianjurkan dalam pengobatan India selama berabad-abad", kata Ahli Gizi Anshul Jaibharat yang berbasis di Delhi dilansir dari Food NDTV.

Dalam bahasa Sanskerta, brotowali dikenal sebagai 'Amrita', yang secara harfiah diterjemahkan menjadi 'akar keabadian', karena khasiat obatnya yang melimpah.

“Batang brotowali memiliki kegunaan maksimal, tetapi akarnya juga dapat digunakan. Manfaat dan kegunaannya bahkan telah disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration)”, tambah Ahli Gizi Anshul Jaibharat.

Ashutosh Gautam, Baidyanath menambahkan, "Brotowali dapat dikonsumsi dalam bentuk jus, bubuk atau kapsul". Berikut manfaat brotowali bagi kesehatan tubuh Anda:

1 dari 11 halaman

Meningkatkan Kekebalan

Dr. Ashutosh mengatakan, "Brotowali adalah ramuan universal yang membantu meningkatkan kekebalan". Ini adalah pembangkit tenaga antioksidan yang memerangi radikal bebas, menjaga sel-sel Anda sehat dan menyingkirkan penyakit.

Giloy/ brotowali membantu menghilangkan racun, membersihkan darah, melawan bakteri yang menyebabkan penyakit dan juga memerangi penyakit hati dan infeksi saluran kemih.

Brotowali digunakan oleh para ahli dalam mengobati kondisi terkait jantung, dan juga bermanfaat dalam mengobati infertilitas.

2 dari 11 halaman

Mengobati Demam Kronis

ilustrasi demam

Shutterstock/Ronald Sumners

Dr. Ashutosh Gautam, Baidyanath mengatakan, “Brotowali membantu menyingkirkan demam berulang. Karena brotowali bersifat anti-piretik, ia dapat mengurangi tanda dan gejala beberapa kondisi yang mengancam kehidupan seperti Dengue, Flu Babi, dan juga Malaria."

3 dari 11 halaman

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

"Brotowali sangat bermanfaat dalam meningkatkan pencernaan dan mengobati masalah terkait usus", kata Ahli Gizi Anshul Jaibharat yang berbasis di Delhi. 

Anda dapat mengonsumsi setengah gram bubuk brotowali secara teratur untuk memaksimalkan hasil, atau dengan jaggery/ gula Myanmar untuk mengobati sembelit.

4 dari 11 halaman

Mengobati Diabetes

012 febrianti diah kusumaningrum

shutterstock

Menurut Dr. Manoj K. Ahuja, Rumah Sakit Fortis, "Brotowali bertindak sebagai agen hipoglikemik dan membantu mengobati diabetes (khususnya diabetes Tipe 2)". Jus brotowali membantu mengurangi kadar gula darah yang tinggi dan menghasilkan keajaiban.

5 dari 11 halaman

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Tahukah Anda bahwa brotowali dapat digunakan sebagai ramuan adaptogenik juga? Ini membantu mengurangi stres mental dan juga kecemasan. 

Ini membantu menyingkirkan racun, meningkatkan memori, menenangkan Anda dan menajdi tonik kesehatan yang sangat baik jika dikombinasikan dengan herbal lain.

6 dari 11 halaman

Anti Inflamasi

ilustrasi batuk

©medicalnewstoday.com

Dr. Ashutosh lebih lanjut menambahkan, "Brotowali terkenal karena manfaat anti-inflamasinya dan membantu mengurangi masalah pernapasan seperti batuk, pilek, amandel yang sering terjadi".

7 dari 11 halaman

Mengobati Arthritis

“Brotowali mengandung sifat anti-inflamasi dan anti-rematik yang membantu mengobati artritis dan beberapa gejalanya. Untuk nyeri sendi, bubuk dari batang brotowali dapat direbus dengan susu dan dikonsumsi,” kata Dr. Ashutosh. Ini dapat digunakan bersama dengan jahe untuk mengobati rheumatoid arthritis.

8 dari 11 halaman

Mengurangi Gejala Sesak Napas

008 siti rutmawati

©www3.imperial.ac.uk

Asma menyebabkan sesak dada, sesak napas, batuk, mengi, dll. Yang membuatnya sangat sulit untuk mengobati kondisi seperti itu. “Mengunyah akar brotowali atau minum jus brotowali membantu pasien asma dan sering direkomendasikan oleh para ahli,” tambah Dr. Manoj K. Ahuja, Fortis Hospital.

9 dari 11 halaman

Meningkatkan Penglihatan

10 dari 11 halaman

Mengurangi Tanda Penuaan

001 larensi mahligai mustika rani

©2015 Merdeka.com/blog.mariobadescu.com

Tanaman Brotowali mengandung sifat anti-penuaan yang membantu mengurangi bintik-bintik hitam, jerawat, garis-garis halus dan kerutan. Ini memberi Anda kulit bercahaya sempurna yang selalu Anda inginkan.

11 dari 11 halaman

Afrodisiak

Apakah Anda merasa tidak begitu baik di tempat tidur? Jangan khawatir! Anda sekarang dapat meningkatkan kehidupan seks Anda dengan menambahkan sedikit brotowali!

Para ahli percaya bahwa brotowali mengandung sifat-sifat afrodisiak yang akan meningkatkan libido dan meningkatkan kualitas seks Anda.

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami