11 Penyebab Telat Datang Bulan, Tidak Selalu Karena Sedang Hamil

11 Penyebab Telat Datang Bulan, Tidak Selalu Karena Sedang Hamil
SUMUT | 3 Agustus 2020 09:30 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Pernahkan Anda telat datang bulan dan cemas karena hal tersebut? Mungkin apabila Anda memang sebelumnya melakukan hubungan seks, Anda akan mengira sedang hamil. Namun jika tidak, apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh Anda?

Tidak mengalami atau terlambat datang bulan terjadi karena berbagai alasan selain kehamilan. Penyebab umum dapat berkisar dari ketidakseimbangan hormon hingga kondisi medis serius.

Ada juga dua momen dalam kehidupan seorang wanita ketika itu adalah hal yang normal saat haidnya menjadi tidak teratur: yaitu ketika pertama kali dimulai, dan ketika menopause dimulai. Saat tubuh Anda melewati transisi, siklus normal Anda dapat menjadi tidak teratur.

Sebagian besar wanita yang belum mencapai menopause biasanya mengalami menstruasi setiap 28 hari. Namun, siklus menstruasi yang sehat dapat berkisar dari setiap 21 hingga 35 hari.

Anda mungkin melewatkan menstruasi selama satu atau dua bulan, atau Anda mungkin mengalami amenore lengkap yang merupakan kurangnya menstruasi selama tiga bulan atau lebih berturut-turut. Berikut 11 penyebab telat datang bulan yang paling umum dan mengapa siklus Anda tidak lancar:

Baca Selanjutnya: 1 Perubahan berat badan...

Halaman

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami