12 Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong, Bisa Turunkan Berat Badan

12 Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong, Bisa Turunkan Berat Badan
Ilustrasi minum air. BT.com
SUMUT | 11 Oktober 2020 12:01 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Kita sering terburu-buru untuk minum air setiap kali kita haus, atau setelah makan, atau setelah makan sesuatu yang pedas. Tapi tahukah Anda kapan tepatnya Anda harus minum air? Jawabannya adalah saat perut kosong.

Hampir 70% tubuh kita terdiri dari air, dan manfaatnya tidak dapat disangkal untuk kesehatan yang baik. Air adalah raja tubuh kita dan sangat penting untuk fungsi normal dan lancar dari semua organ.

Orang Jepang telah mengetahui fakta ini dari generasi ke generasi dan secara religius mempraktikkan ritual pagi pembersihan air sampai saat ini. Sekarang, dunia tampaknya juga sedang hangat terhadap gagasan ini. Tidak mengherankan jika orang Jepang dikenal dengan tubuh dan corak yang langsing dan sehat.

Air putih adalah minuman terbaik yang bisa memuaskan dahaga, dan meminumnya saat perut kosong bisa menyembuhkan hampir semua masalah di tubuh Anda.

Berikut manfaat minum air putih saat perut kosong:

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong

1.   Mempercepat Metabolisme

Manfaat minum air putih saat perut kosong yang pertama yaitu dapat mempercepat metabolisme. Jika Anda sedang diet, minum air saat perut kosong dapat meningkatkan pola makan Anda karena dapat membantu meningkatkan laju metabolisme hingga hampir 25 persen seperti yang dilansir dari Style Craze

Mempercepat metabolisme membantu pencernaan makanan lebih cepat, dan ini membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Itu selalu disukai untuk minum setidaknya empat liter air per hari untuk hasil terbaik.

2.   Meningkatkan Kekebalan Anda

Kita menyadari fakta bahwa air sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran kita secara keseluruhan. Yang juga perlu kita ketahui adalah bahwa manfaat air diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Membiasakan minum air secara teratur saat perut kosong terbukti bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh kita. Ini dapat membantu Anda melawan infeksi.

3.   Membersihkan Usus Anda

manfaat minum air putih saat perut kosong bisa membantu mengatur saluran pencernaan. Dan ketika Anda minum banyak air, Anda merasakan dorongan untuk buang air besar. Berlatih setiap hari dapat membantu buang air besar secara teratur dan juga berkontribusi untuk membuang kotoran dari tubuh Anda secara teratur.

4.   Ini Juga Membantu dalam Mengusir Racun Dari Tubuh.

Setiap kali Anda buang air kecil, Anda mengeluarkan racun dalam bentuk cair. Semakin banyak Anda minum air, semakin banyak Anda pergi ke kamar mandi. Dengan cara ini, Anda membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh Anda. Ini juga mencegah kembung.

3 dari 4 halaman

5. Mencegah Serangan Migrain

Salah satu alasan utama orang sering menderita sakit kepala dan serangan migrain adalah karena kekurangan air dalam tubuh. Dehidrasi adalah akar penyebab sakit kepala, dan minum air dengan interval yang sering, terutama saat perut kosong, dapat membantu menghilangkan sakit kepala secara alami. Tidak hanya itu, minum air yang cukup juga membantu mencegah masalah mulut atau gigi.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum lebih banyak air saat diet dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat karena air tidak memiliki kalori sama sekali, dan meminumnya secara berkala akan membantu menjaga perut Anda tetap kenyang. Juga, tidak ada konsekuensi negatifnya. Karena minum banyak air membantu mempercepat metabolisme, ini membantu membakar kalori lebih cepat.

7. Membuat Anda Merasa Lapar

Karena air minum membantu buang air besar secara teratur, air juga membuat Anda merasa lapar di pagi hari sehingga Anda bisa sarapan tepat waktu.

8. Ini Membersihkan Kulit

Minum banyak air putih adalah cara termudah untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bercahaya. Noda atau bercak hitam biasanya disebabkan karena penumpukan racun di dalam tubuh. Air dapat membantu mengeluarkan racun yang tidak diinginkan ini dari tubuh. 

Buang air besar secara teratur juga membantu dalam mencapai kulit yang bersih dan jernih. Minum air saat perut kosong bisa membantu mempercepat prosesnya.

9. Ini Membantu dalam Meningkatkan Energi

Jika Anda merasa mengantuk atau lesu, minum air putih saat perut kosong bisa membuat Anda langsung aktif. Ini merangsang sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat, yang menghasilkan lebih banyak oksigen dan energi.

4 dari 4 halaman

10. Membersihkan Usus Besar

Minum segelas air saat perut kosong dapat membantu menghilangkan endapan yang menumpuk dan memungkinkan penyerapan nutrisi lebih cepat. Ini menghasilkan usus besar yang lebih sehat dan tubuh yang sehat secara keseluruhan.

 11. Mendukung Kesehatan Rambut 

Minum banyak air juga meningkatkan kesehatan dan kilau rambut. Air membuat 1/4 rambut dan oleh karena itu asupan air yang tidak mencukupi dapat membuat helai rambut rapuh dan lemah. Dilansir dari Manipal Hospitals, asupan air secara teratur meningkatkan dan meningkatkan kualitas rambut.

12. Mencegah Batu Ginjal

Minum air saat perut kosong mencegah pembentukan batu ginjal. Ini juga mencegah infeksi kandung kemih. Air mengencerkan asam dan mencegah pembentukan batu di ginjal.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami