12 Tempat Wisata Solo yang Paling Terkenal dan Ikonik, Sayang Dilewatkan

12 Tempat Wisata Solo yang Paling Terkenal dan Ikonik, Sayang Dilewatkan
Doa di Keraton Kasunanan Surakarta. ©2017 Merdeka.com
SUMUT | 18 Oktober 2021 14:15 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Tempat wisata Solo memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan saat pelancong mengunjungi kota Solo. Ada banyak tempat wisata Solo yang tak kalah apik dari daerah lainnya di Indonesia. Tempat wisata Solo juga enggak bikin kantong wisatawan kering.

Solo atau Surakarta adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang mudah diingat seseorang dari luar provinsi tersebut. Kota Solo ikonik dengan Bengawan Solo-nya yang dijadikan lagu oleh Gesang, dan Stasiun Balapan oleh Didi Kempot.

Kota Solo juga terkenal dengan batiknya yang digemari banyak wisatawan. Tempat wisata Solo yang paling terkenal yaitu wilayah Keraton Kasunanan dan Mangkunegaran. Selain dua keraton tersebut, masih ada tempat wisata Solo yang tak kalah menarik.

Jika berlibur ke Solo, jangan lupa untuk mengunjungi rekomendasi tempat wisata Solo yang dirangkum Merdeka.com berikut:

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Solo yang Paling Terkenal

Ngarsopuro Solo

Tempat wisata Solo yang pertama yaitu Ngarsopuro. Ngarsopuro adalah kawasan pedestrian yang ditata secara artistik di Jalan Diponegoro, di depan (bagian selatan) Pura Mangkunegaran.

Di sini juga ada pasar malam tiap akhir pekan. Ini tempat berdagang yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki KTP Solo.

Produk yang dijual seperti kerajinan, batik, souvenir, hingga kuliner khas Solo. Di tempat ini juga bisa dijumpai penampilan seni musik dan tari.

Taman Balekambang

Tempat wisata Solo berikutnya yakni Taman Balekambang. Berlokasi di dekat Terminal Tirtonadi, juga dekat Stasiun Balapan dan Stadion Sepak Bola Manahan.

Taman Balekambang dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka. Taman Balekambang mulai difungsikan sebagai taman rekreasi dan edukasi sejak tahun 2008.

Keraton Surakarta

Keraton Surakarta merupakan salah satu bangunan yang eksotis dan otentik. Salah satu arsitek istana ini adalah Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengkubuwono I) yang juga menjadi arsitek utama Keraton Yogyakarta.

Tiket masuknya tidak mahal, wisatawan sudah dapat berkeliling menikmati koleksi benda kuno di museum, dan juga berfoto dengan prajurit penjaga Keraton Surakarta.

Ada pohon sawo kecik, yang artinya sarwo becik, serba baik. Ada kereta-kereta kencana yang dulu ditarik kuda dipamerkan di Keraton Surakarta. Keraton Surakarta menjadi salah satu tempat wisata Solo yang selalu ramai pengunjung. 

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Solo yang Ikonik

Museum Batik Danar Hadi Solo

Danar Hadi adalah salah satu produsen batik terkenal di Solo. Museum ini menjadi salah satu tempat wisata Solo yang ikonik. Di museum ini, pengunjung dapat menjumpai koleksi corak, motif, dan jenis kain batik dari seluruh nusantara. Koleksinya bahkan mencapai 10.000 helai kain batik.

Oleh sebab itu, museum ini diakui oleh MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai museum yang mempunyai koleksi kain batik terbanyak. Ada pula Museum Radya Pustaka di dekat Taman Sriwedari, salah satu museum tertua di Indonesia.

Di museum ini, pengunjung dapat mengetahui riwayat Solo di masa lampau bahkan melihat porselen yang merupakan hadiah dari Napoleon Bonaparte kepada Sri Susuhunan Paku Buwana IV.

Tugu Lilin

Tempat wisata Solo yang bersejarah ialah Tugu Lilin. Tugu Lilin adalah sebuah monumen peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Dengan bentuk uniknya yang menyerupai sebuah lilin menyala. Tugu Lilin melambangkan pengabdian dan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang berapi-api memperjuangkan kemerdekaan.

Tugu Lilin yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo sangat cocok untuk wisatawan yang ingin berfoto-foto di tempat unik.

Kampoeng Batik Kauman

Kampoeng Batik Kauman adalah salah satu tempat wisata Solo dalam kategori wisata belanja. Kampoeng Batik Kauman merupakan pusat kerajinan batik yang berlokasi dekat dengan Keraton Kasunan Surakarta di pusat kota Solo.

Produk batik di Kampoeng Batik Kauman rata-rata mempunyai warna gelap dengan motif modern. Produk batik Kampoeng Batik Kauman sudah terkenal di dunia, banyak orang luar negeri yang berlangganan membeli batik di Kampoeng Batik Kauman.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Solo yang Wajib Dikunjungi

Pasar Klewer

Tempat wisata Solo selanjutnya ialah Pasar Klewer. Pusat tekstil dan sandang terbesar di kota Solo dengan lebih dari 2.000 pedagang. Berlokasi di sebelah alun-alun Solo, di samping keraton.

Pengunjung dapat menemukan berbagai jenis batik diPasar Klewer, mulai dari batik buatan dalam negeri, hingga batik buatan luar negeri. Sebagian pedagang di Pasar Klewer juga menjual pakaian selain batik, misalnya seragam sekolah, dasi, jaket, kaus, dan juga jasa jahit sesuai permintaan pelanggan.

Pasar Triwindu

Bagi Anda pecinta aneka barang antik, mengunjungi Pasar Triwindu Solo adalah jawaban yang tepat. Di tempat wisata Solo yang satu ini, Anda akan menemukan berbagai macam koleksi barang-barang lawas yang antik dengan nilai seni tinggi.

Mulai dari kain batik kuno, lukisan, uang dan koin kuno, ornamen wayang, onderdil otomotif langka, dan lain sebagainya.

Agrowisata Lembah Hijau Jaten

Agrowisata Lembah Hijau Jaten merupakan tempat wisata Solo yang cocok sebagai destinasi wisata edukasi bersama anak-anak. Alasannya, wisata alam ini menyediakan berbagai macam kegiatan alam yang bisa dicoba seperti menanam berbagai macam tanaman hingga pohon, memberikan pupuk, hingga membuat pupuk organik secara langsung.

Bukan hanya bercocok tanam, wisata alam ini juga memberi kesempatan bagi kamu yang ingin belajar ternak melalui kegiatan memerah susu sapi. Selain terdapat berbagai fasilitas kegiatan alam, Agrowisata Lembah Hijau Jaten juga menyediakan kafetaria dengan berbagai macam kuliner yang bisa kamu cicipi di tempat.

Menyantap kuliner di tempat ini menjadi lebih nikmat dengan suguhan pemandangan rumput hijau yang menyegarkan mata. Wisata alam ini bisa menjadi rekomendasi menarik bagi kamu yang penat dengan aktivitas sehari dan ingin bersantai sejenak bersama dengan keluarga.

Istana Mangkunegaran

Istana Mangkunegaran menjadi tempat wisata Solo yang wajin dikunjungi. Pusat kegiatan Istana Mangkunegaran terdapat di pendopo, yaitu paviliun yang dibangun dengan perpaduan gaya arsitektur Jawa dan Eropa. Bentuknya tinggi dengan langit-langit bundar, dengan lukisan yang rumit dikelilingi gambar zodiak Jawa. Lukisan yang dicat pada tahun 1937 ini dibuat dengan warna-warna yang mistis dan terasa suram.

Di dalamnya masuk ke wilayah "dalem" yang diperuntukkan sebagai museum istana. Terdapat banyak barang-barang koleksi pribadi dari Mangkunegara VII. Dipamerkan juga gaun berlapis emas untuk tarian kerajaan, koleksi topeng, perhiasan, termasuk cincin berbentuk Budha.

Dibutuhkan pemandu jika Anda ingin mengunjungi museum ini. Kebanyakan pemandu wisata memberikan informasi sejarah dan lancar berbahasa Inggris. Di dalam paviliun, terdapat latihan musik gamelan, tari dan nyanyi tiap hari Rabu jam 10 pagi.

Tumurun Private Museum

Tempat wisata Solo yang Instagramable ada di Tumurun Private Museum. Tumurun merupakan museum pribadi di Solo milik keluarga Iwan Kurniawan Lukminto, anak dari HM Lukminto, pendiri perusahaan tekstil Asia, PT Sritex.

Karena milik pribadi, museum ini tidak bisa diakses setiap hari dan sembarangan. Pengunjung yang hendak melihat koleksi di Tumurun harus mendaftarkan diri dan rombongannya terlebih dahulu.

Museum ini menyuguhkan lukisan dengan harga yang fantastis dan merupakan karya masterpiece seniman Indonesia.

 Loji Gandrung

Loji Gandrung menjadi tempat wisata Solo bagi para penikmat wisata sejarah.  Lokasi ini adalah peninggalan sejarah yang masih terawat dengan sangat baik. Menurut sejarah pada tahun 1797-1839 adalah rumah milik Johannes Augustinus. Rumah bergaya Jawa dan Belanda itu kini menjadi Rumah Dinas Wali Kota, meski bangunan tua namun tetap kokoh dan indah.

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami