17 Tujuan SDGs yang Penting Diketahui, Salah Satunya Kesetaraan Gender

17 Tujuan SDGs yang Penting Diketahui, Salah Satunya Kesetaraan Gender
Webinar internasional Sustainable Development Goals (SDGs). ©2020 Merdeka.com
SUMUT | 8 April 2021 15:40 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Sustainable Development Goals (SDGs) yang juga dikenal sebagai Global Goals atau tujuan global merupakan cita-cita yang diadopsi oleh semua Negara Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2015.

SDGs menggantikan Millennium Development Goals (MDGs), yang memulai upaya global pada tahun 2000 untuk mengatasi pengentasan kemiskinan.

Selama 15 tahun, MDG mendorong kemajuan di beberapa bidang penting: mengurangi kemiskinan pendapatan, menyediakan akses yang sangat dibutuhkan ke air dan sanitasi, menurunkan angka kematian anak dan secara drastis meningkatkan kesehatan ibu.

Mereka juga memulai gerakan global untuk pendidikan dasar gratis, menginspirasi negara-negara untuk berinvestasi pada generasi masa depan mereka. Yang paling signifikan, MDG membuat langkah besar dalam memerangi HIV/AIDS dan penyakit lain yang dapat diobati seperti malaria dan tuberkulosis.

Itulah yang kemudian diteruskan oleh SDGs yang selain mencari jalan keluar untuk beragam masalah, jalan keluar yang dipilih tentu saja harus yang berkelanjutan.

Berikut merdeka.com merangkum 17 tujuan SDGs yang penting diketahui untuk ikut berkontribusi dirangkum dari laman populationmatters.org:

Baca Selanjutnya: Tujuan SDGs...

Halaman

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami