4 Cara Back Up Data dari Komputer Secara Online Maupun Offline, Mudah Dilakukan

4 Cara Back Up Data dari Komputer Secara Online Maupun Offline, Mudah Dilakukan
SUMUT | 31 Juli 2020 15:30 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Setiap orang kehilangan data pada titik tertentu dalam hidup mereka. Hard drive komputer mungkin dapat rusak besok, atau bug perangkat lunak dapat menghapus file penting. Jika Anda tidak mencadangkan komputer secara teratur, Anda dapat kehilangan file-file itu selamanya.

Cadangan tidak harus sulit atau membingungkan. Anda mungkin pernah mendengar tentang metode cadangan yang tak terhitung jumlahnya, tetapi mana yang tepat untuk Anda? Dan file apa yang Anda benar-benar perlu untuk cadangan?

Mari kita mulai dengan yang sudah jelas: apa yang Anda butuhkan cadangannya? Nah, pertama dan terpenting, Anda harus membuat cadangan file pribadi. Anda selalu dapat menginstal ulang sistem operasi dan mengunduh ulang program jika hard drive Anda gagal, tetapi data pribadi tidak tergantikan.

Setiap dokumen pribadi, foto, video rumahan, dan data lainnya di komputer harus dicadangkan secara teratur. Itu tidak pernah bisa diganti.

Sistem operasi, program, dan pengaturan Anda yang lain juga dapat dicadangkan. Anda tidak harus mencadangkannya, tetapi ini dapat membuat hidup Anda lebih mudah jika seluruh hard drive Anda gagal.

Jika Anda tipe orang yang suka bermain-main dengan file sistem, mengedit registri, dan memperbarui perangkat keras secara teratur, memiliki cadangan sistem lengkap dapat menghemat waktu Anda ketika ada masalah. Berikut cara back up data penting dari komputer dan smartphone:

Baca Selanjutnya: Drive Eksternal...

Halaman

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami