5 Bentuk Badan Usaha yang Ada di Indonesia, Kenali Sebelum Mendirikannya

5 Bentuk Badan Usaha yang Ada di Indonesia, Kenali Sebelum Mendirikannya
SUMUT | 7 September 2020 15:15 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Bentuk badan usaha memengaruhi seberapa banyak Anda membayar pajak, kemampuan untuk mengumpulkan uang, dokumen yang perlu diarsipkan, dan tanggung jawab pribadi.

Anda harus memilih bentuk badan usaha sebelum mendaftarkan bisnis. Sebagian besar bisnis juga perlu mendapatkan nomor dan file ID pajak untuk lisensi dan izin yang sesuai.

Pilih dengan hati-hati. Meskipun dapat beralih ke struktur bisnis yang berbeda di masa mendatang, mungkin ada batasan berdasarkan lokasi. Hal ini juga dapat mengakibatkan konsekuensi pajak dan pembubaran yang tidak disengaja, di antara komplikasi lainnya.

Keputusan ini akan memiliki implikasi hukum dan keuangan yang penting bagi usaha. Jumlah pajak yang harus Anda bayarkan bergantung pada pilihan badan usaha, begitu pula kemudahan untuk mendapatkan pinjaman usaha kecil atau mengumpulkan uang dari investor.

Plus, jika seseorang menggugat bisnis, struktur entitas bisnis menentukan eksposur risiko. Berikut 5 bentuk badan usaha yang dirangkum dari laman Accurate:

Baca Selanjutnya: Apa Itu Badan Usaha?...

Halaman

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami