6 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif dan Berpikir Lebih Jernih

6 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif dan Berpikir Lebih Jernih
SUMUT | 18 Juni 2020 11:03 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Berpikir negatif berkontribusi pada kecemasan dalam situasi sosial dan kinerja. Sebagian besar terapi untuk kecemasan sosial melibatkan aspek yang didedikasikan untuk mengubah pola pikir negatif menjadi cara yang lebih bermanfaat dan positif dalam memandang situasi.

Kunci untuk mengubah pikiran negatif Anda adalah memahami bagaimana Anda berpikir sekarang (dan masalah yang timbul). Kemudian menggunakan strategi untuk mengubah pikiran atau membuatnya memiliki efek yang lebih kecil.

Biasanya, langkah-langkah ini dilakukan dengan terapis, tetapi mereka juga dapat digunakan sebagai bagian dari upaya mandiri untuk mengatasi kecemasan sosial.

Berikut cara menghilangkan pikiran negatif serta mengendalikannya supaya berubah menjadi pikiran positif dilansir dari Very Well Mind:

1 dari 6 halaman

Pahami Gaya Berpikir Anda

Salah satu langkah pertama untuk mengubah pola berpikir negatif Anda adalah dengan memahami bagaimana Anda berpikir sekarang. Misalnya, jika Anda cenderung memandang diri Anda sebagai orang yang sukses atau gagal total dalam setiap situasi, maka Anda terlibat dalam pemikiran "hitam-putih". Pola berpikir negatif lainnya termasuk melompat ke kesimpulan, membuat bencana, dan generalisasi berlebihan.

Pola berpikir yang tidak membantu berbeda dalam cara yang halus. Tetapi mereka semua melibatkan penyimpangan realitas dan cara-cara irasional dalam memandang situasi dan orang.

2 dari 6 halaman

Pelajari Cara Berhenti Berpikir Negatif

Salah satu bagian dasar dari rencana perawatan yang melibatkan terapi kognitif-perilaku (CBT) adalah restrukturisasi kognitif. Proses ini membantu Anda mengidentifikasi dan mengubah pikiran negatif menjadi respons yang lebih bermanfaat dan adaptif.

Apakah dilakukan dalam terapi atau sendiri, restrukturisasi kognitif melibatkan proses langkah-demi-langkah di mana pikiran negatif diidentifikasi, dievaluasi keakuratan, dan kemudian diganti. Meskipun sulit untuk berpikir dengan gaya baru ini pada awalnya, seiring waktu dan dengan latihan, pikiran positif dan rasional akan muncul lebih alami.

3 dari 6 halaman

Berlatih Mengatasi Kritik

Selain restrukturisasi kognitif, aspek lain dari CBT yang terkadang membantu melibatkan sesuatu yang dikenal sebagai "pertahanan diri yang tegas." Karena ada kemungkinan bahwa pada suatu waktu, orang-orang akan benar-benar kritis dan menghakimi Anda, adalah penting bahwa Anda dapat mengatasi penolakan dan kritik.

Proses ini biasanya dilakukan dalam terapi dengan percakapan pura-pura antara Anda dan terapis Anda untuk membangun keterampilan ketegasan Anda dan respons tegas terhadap kritik. Keterampilan ini kemudian ditransfer ke dunia nyata melalui tugas pekerjaan rumah.

4 dari 6 halaman

Berlatih Mindfulness

Mindfulness berakar pada meditasi. Ini adalah praktik melepaskan diri dari pikiran dan emosi Anda dan melihatnya sebagai pengamat luar.

Selama pelatihan mindfulness, Anda akan belajar bagaimana memandang pikiran dan perasaan Anda sebagai benda yang melayang melewati Anda sehingga Anda bisa berhenti dan mengamati atau membiarkan Anda lewat begitu saja. 

Tujuan perhatian adalah untuk mengendalikan reaksi emosional Anda terhadap situasi dengan membiarkan bagian berpikir dari otak Anda mengambil alih.

5 dari 6 halaman

Hindari Pemikiran yang Terhenti

Berhenti berpikir adalah kebalikan dari perhatian. Ini adalah tindakan waspada terhadap pikiran-pikiran negatif dan bersikeras agar pikiran-pikiran itu dihilangkan.

Masalah dengan pikiran yang berhenti adalah bahwa semakin Anda mencoba untuk menghentikan pikiran negatif Anda, semakin mereka akan muncul. Mindfulness lebih disukai karena memberikan sedikit bobot pada pikiran Anda dan mengurangi dampaknya pada Anda. 

Menghentikan sebuah pikiran mungkin membantu dalam jangka pendek, tetapi seiring waktu, hal itu mengarah pada lebih banyak kecemasan.

6 dari 6 halaman

Gunakan Buku Harian

Buku harian pemikiran, juga disebut catatan pikiran, dapat digunakan sebagai bagian dari proses untuk mengubah pemikiran negatif. 

Buku harian pemikiran membantu Anda mengidentifikasi gaya berpikir negatif dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pikiran Anda (dan bukan situasi Anda saat ini) yang menyebabkan reaksi emosional Anda. 

Sebagian besar rencana perawatan CBT akan melibatkan penggunaan buku harian pemikiran sebagai bagian dari tugas pekerjaan rumah reguler.

Sebagai contoh, entri buku harian pemikiran dapat memecah proses berpikir seseorang pada suatu kencan, dan reaksi emosional dan fisik yang dihasilkan dari pola berpikir negatif.

Pada akhir analisis pikiran, Anda dapat mengganti pemikiran irasional tentang penolakan dengan cara berpikir yang lebih bermanfaat dan positif.

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami