5 Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami, Mudah dan Efektif

5 Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami, Mudah dan Efektif
SUMUT | 6 April 2020 17:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Mata ikan merupakan salah satu gangguan kulit yang sering kali mengganggu. Mata ikan biasanya muncul akibat terjadinya tekanan atau gesekan pada permukaan kulit secara berulang-ulang. Hal ini kemudian akan menyebabkan penebalan pada permukaan kulit tersebut. Bahkan terkadang disertai dengan gejala rasa nyeri atau sakit saat disentuh.

Gangguan kulit berupa mata ikan ini umumnya terjadi pada kulit bagian kaki, baik telapak kaki maupun jari kaki. Hal ini tidak lain karena bagian kaki menerima gesekan atau tekanan yang cukup sering dari pemakaian sepatu atau alas kaki lain.

Bahkan dikatakan bahwa perempuan mempunyai risiko yang lebih besar daripada laki-laki. Sebab, perempuan sering memakai sepatu yang tertutup dengan berbagai macam bentuk, seperti high heels, yang kadang membuat kaki tidak leluasa.

Namun, mata ikan tidak menutup kemungkinan menimpa kaum pria. Apalagi jika pemakaian sepatu atau alas kaki yang sempit dan tidak nyaman. Meskipun begitu, masalah mata ikan ini masih dapat disembuhkan. Bahkan terdapat beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati mata kaki.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut beberapa cara mengobati mata ikan secara alami, mudah dan efektif yang bisa Anda lakukan.

1 dari 6 halaman

Penyebab Mata Ikan

5 cara mengobati mata ikan secara alami mudah dan efektif

2020 Merdeka.com/Liputan6

Sebelum mengetahui cara mengobati mata ikan secara alami, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu hal apa saja yang menjadi penyebab munculnya mata ikan pada kaki. Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa mata ikan pada kaki dapat muncul akibat kulit pada bagian kaki terlalu sering menerima gesekan dan tekanan.

Misalnya ketika memakai sepatu yang terlalu sempit atau sepatu dengan bentuk yang tidak nyaman. Tentu saja hal ini akan menyebabkan tekanan dan gesekan pada permukaan kulit kaki. Jika dibiarkan terlalu lama, kulit pada kaki pun akan semakin menebal dan timbul rasa sakit.

Bukan hanya itu, tidak memakai kaos kaki juga bisa menjadi penyebab timbulnya mata ikan. Penggunaan kaos kaki bisa meminimalisir bahkan melindungi kulit kaki dari tekanan dan gesekan yang terlalu keras dan sering.

Selain itu, penggunaan barang-barang yang mengharuskan adanya gesekan juga bisa menyebabkan mata ikan. Misalnya seperti pemakaian instrument musik petik dan peralatan masak yang sering digunakan. Biasanya hal ini akan menyebabkan mata ikan pada bagian tangan.

Munculnya mata ikan pada bagian tangan juga bisa disebabkan oleh pemantik api. Terjadinya gesekan pada ibu jari yang sering digunakan untuk memantik api, semakin lama akan menimbulkan mata ikan di kulit bagian telapak jari. Tidak heran jika kulit bagian ibu jari tersebut akan menebal hingga mengeras dibandingkan kulit jari lainnya.

2 dari 6 halaman

Cuka Apel

manfaat cuka apel

2020 Merdeka.com

Cara mengobati mata ikan secara alami yang pertama dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel memiliki kandungan yang mampu membantu melembutkan dan menghilangkan mata ikan di kaki. Caranya pun cukup mudah. Rendam kaki yang terdapat mata ikan dalam larutan berisi cuka apel selama 25 menit.

Kemudian gosok perlahan dengan menggunakan batu apung halus. Setelah itu, balut kaki dengan perban yang sudah dibasahi larutan cuka apel. Lakukan rutin selama seminggu, dan mata ikan pun akan hilang.

3 dari 6 halaman

Pepaya

Pepaya juga bisa menjadi bahan alami untuk mengobati mata ikan. Cara mengobati mata ikan dengan pepaya pun tidak kalah mudah. Pertama, buatlah jus pepaya muda atau mentah hingga teksturnya menjadi halus. Oleskan jus pepaya muda tersebut pada bagian kaki yang terdapat mata ikan, dengan menggunakan bola kapas. Lakukan cara ini dengan rutin, dan lihatlah perkembangan baiknya.

4 dari 6 halaman

Bawang Putih

manfaat bawang putih

2020 Merdeka.com

Cara mengobati mata ikan berikutnya bisa dengan memanfaatkan bawang putih. Bawang putih sudah dikenal sebagai bahan alami yang ampuh dan efektif menghilangkan mata ikan pada kaki.

Caranya, cukup dengan memotong bawang putih segar. Kemudian gosokkan pada bagian mata ikan selama satu menit. Selain itu, Anda juga bisa menutup bagian mata ikan dengan perban yang diisi dengan bawang putih halus. Cara ini juga bisa dilakukan rutin, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5 dari 6 halaman

Lemon

Cara mengobati mata ikan secara alami yang tidak kalah mudah bisa dilakukan dengan menggunakan lemon. Anda bisa mengambil air perasan lemon untuk dioleskan pada bagian mata ikan. Kandungan air lemon dapat membantu melembutkan mata ikan sehingga mudah untuk digosok dengan batu apung.

6 dari 6 halaman

Aspirin

006 tantri setyorini.jfif

Shutterstock

Cara mengobati mata ikan yang terakhir dengan aspirin. Anda bisa mencampurkan aspirin dengan air perasan lemon dan air biasa untuk membantu menghilangkan mata ikan pada kaki. Haluskan enam tablet aspirin, tambahkan sedikit air dan air lemon. Oleskan ramuan itu pada mata ikan dan bungkus kaki dengan kantong plastik dan handuk hangat di sekitarnya.

Diamkan selama 15 menit dan sikat mata ikan menggunakan batu apung dengan gerakan yang lembut. Perawatan ini bisa dilakukan selama tujuh hari berturut-turut sampai mata ikan hilang.

(mdk/ayi)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami