6 Ciri Planet Venus, Planet dengan Suhu Terpanas

6 Ciri Planet Venus, Planet dengan Suhu Terpanas
Planet Venus. ©ESA
SUMUT | 6 Juli 2022 14:45 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Venus adalah planet kedua dari Matahari, dan merupakan tetangga terdekat Bumi di tata surya. Planet terik ini dinamai dewi cinta dan kecantikan Romawi dan merupakan satu-satunya planet yang dinamai menurut nama perempuan.

Venus diamati oleh para astronom kuno dari budaya yang berbeda berkali-kali, namun pengamatan akurat pertama adalah pada tahun 1610 oleh Galileo Galilei. Galileo melihat Venus melalui teleskop dan menentukan bahwa ia memiliki fase yang mirip dengan Bulan. Ini membantu mendukung pandangan Copernicus bahwa planet mengorbit Matahari dan bukan sebaliknya seperti yang diyakini sebelumnya.

Venus dan Bumi sering disebut kembar karena memiliki ukuran, massa, kepadatan, komposisi, dan gravitasi yang mirip. Venus hanya sedikit lebih kecil dari planet asal kita, dengan massa sekitar 80% dari Bumi. Berikut selengkapnya merangkum ciri planet Venus yang menarik diketahui:

2 dari 3 halaman

Venus Planet Terpanas di Tata Surya

Meskipun Venus bukan planet yang paling dekat dengan matahari, atmosfernya yang padat memerangkap panas dalam versi efek rumah kaca yang menghangatkan Bumi.

Akibatnya, suhu di Venus mencapai 880 derajat Fahrenheit (471 derajat Celcius), yang lebih dari cukup panas untuk melelehkan timah. Pesawat ruang angkasa bertahan hanya beberapa jam setelah mendarat di planet ini sebelum dihancurkan.

Dengan suhu yang sangat panas, ciri planet Venus juga memiliki atmosfer neraka, yang sebagian besar terdiri dari karbon dioksida dengan awan asam sulfat dan hanya sedikit air. Atmosfernya lebih berat daripada planet lain mana pun, menyebabkan tekanan permukaan lebih dari 90 kali lipat dari Bumi, mirip dengan tekanan yang ada di kedalaman 3.300 kaki (1.000 meter) di lautan.

di planet venus
© NASA/Mailone

Jarak, Ukuran dan Massa

Ciri planet Venus adalah planet terdekat kedua dengan Matahari, pada jarak 108,2 juta km/ 67,24 mi atau 0,7 AU menerima cahaya matahari dalam waktu 6 menit. Venus memiliki radius 6,051 km atau 3,760 mil dan diameter 12,104 km atau 7,521 mi, sedikit lebih kecil dari Bumi.

Ia memiliki massa 4,87 × 10 24  kg, atau 85% dari Bumi. Kesamaan yang disebutkan juga memberi jalan pada kepadatan yang sama, Venus memiliki kepadatan 5,24 gram per sentimeter kubik, sedangkan Bumi memiliki 5,52. Ia juga memiliki volume sebanyak Bumi - 928,45 miliar km kubik dibandingkan dengan Bumi 1083,21 miliar.

Pendekatan terdekatnya ke Bumi terjadi setiap 584 hari sekali, ketika planet-planet saling mengejar. Rata-rata ia bisa sampai sedekat 25 juta mil atau 40 juta kilometer ke Bumi setara dengan sekitar 0,28 AU.

Venus Planet Berbatu

Komposisi interior Venus sangat mirip dengan Bumi, kedua planet memiliki inti besi yang dikelilingi oleh mantel batu panas dan kerak luar yang tipis, menurut NASA. Permukaan Venus ditutupi oleh berbagai struktur geologis, seperti gunung, lembah, dan gunung berapi.

Kira-kira dua pertiga permukaan Venus ditutupi oleh dataran datar dan halus yang dirusak oleh ribuan gunung berapi, beberapa di antaranya masih aktif hingga saat ini, dengan lebar berkisar antara 0,5 hingga 150 mil (0,8 hingga 240 km), dengan aliran lava yang terukir, kanal panjang berliku yang panjangnya mencapai lebih dari 3.000 mil (5.000 km).

3 dari 3 halaman

Permukaan Venus Sangat Kering

Selama evolusinya, sinar ultraviolet dari matahari menguapkan air dengan cepat, menjaga planet ini dalam keadaan cair yang berkepanjangan. Tidak ada air cair di permukaannya hari ini karena panas terik yang diciptakan oleh atmosfernya yang dipenuhi ozon akan menyebabkan air segera mendidih.

Venus Memiliki Mahkota

Ciri planet Venus memiliki korona, atau mahkota, struktur seperti cincin yang lebarnya berkisar antara 95 hingga 1.300 mil (155 hingga 2.100 km). Para ilmuwan percaya ini terbentuk ketika bahan panas di bawah kerak planet naik, membengkokkan permukaan planet.

Venus juga memiliki tesserae, atau ubin, daerah yang ditinggikan di mana banyak pegunungan dan lembah terbentuk di arah yang berbeda.

Dengan kondisi di Venus yang dapat digambarkan sebagai neraka, nama kuno untuk Venus yaitu Lucifer, tampaknya cocok. Namun, nama itu tidak membawa konotasi jahat; Lucifer berarti "pembawa cahaya", dan jika dilihat dari Bumi, Venus lebih terang daripada planet lain atau bahkan bintang mana pun di langit malam karena awannya yang sangat reflektif dan kedekatannya dengan planet kita.

Diperkirakan bahwa Venus dinamai dewi Romawi yang cantik (sebanding dengan Aphrodite Yunani) karena penampilannya yang cerah dan bersinar di langit. Dari lima planet yang diketahui para astronom kuno, itu akan menjadi yang paling terang.

Berputar Searah Jarum Jam

Berbeda dengan planet lain di tata surya kita, ciri planet Venus berputar searah jarum jam pada porosnya Semua planet lain berputar berlawanan arah jarum jam pada porosnya dan mengorbit Matahari berlawanan arah jarum jam. Venus juga mengorbit Matahari berlawanan arah jarum jam, tetapi rotasi sumbunya yang tidak biasa terjadi karena terbalik, ia terlempar dari posisi tegaknya lebih awal dalam sejarahnya.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini