6 Makanan Khas Belitung yang Menggugah Selera, Wajib Dicoba saat Berkunjung

6 Makanan Khas Belitung yang Menggugah Selera, Wajib Dicoba saat Berkunjung
10 Resep Olahan Otak-Otak Ikan Gurih, Camilan Lezat Mudah Dibuat. ©2021 Merdeka.com
SUMUT | 13 Oktober 2021 13:30 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Makanan khas Belitung jangan sampai lupa dicoba saat berkunjung di Pulau Belitung. Pasalnya, ada banyak makanan khas Belitung yang menggugah selera dan sukses bikin nagih.Makanan khas Belitung ini pun menarik wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Pulau Belitung secara administratif masuk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau yang terkenal dengan sabuk timah dunia (World’s tin belt) mulanya memiliki nama dari bahasa lokal setempat. Diambil dari nama semacam siput laut.

Sedangkan menurut buku Potret Belitung Negeri Laskar Pelangi, Fei Hsin menulis pada Catatan Umum Perjalanan di Lautan tahun 1436, Belitung dikenal dengan nama Kau-lan. Diperkirakan penduduknya adalah keturunan tentara Mongol yang ditinggalkan di Kau-lan pada tahun 1293.

Karena Pulau Belitung cukup dekat dengan wilayah lautnya, banyak makanankhas Belitung yang berbahan dasar seafood seperti ikan dan udang.Makanan khas Belitung yang terkenal hingga ke Pulau Jawa salah satunya yakni otak-otak yang gurih dan lezat.

Berikut selengkapnya Merdeka.com merangkum makanan khas Belitung yang menggugah selera dan wajib dicoba:

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Belitung yang Menggugah Selera

10 resep olahan otak otak ikan gurih camilan lezat mudah dibuat©2021 Merdeka.com

Otak-otak

Makanan khas Belitung yang pertama yaitu otak-otak. Otak-otak terbagi menjadi tiga jenis yaitu otak-otak panggang, otak-otak goreng, dan otak-otak kukus atau rebus.

Otak-otak merupakan produk pengolahan dari daging ikan yang dicampur dengan tapioka dan bumbu yaitu: santan, garam, gula, lada, bawang putih, dan bawang merah.

Di Pulau Belitung, otak-otaknya berbeda karena dimakan dengan sambal tauco yang berwarna merah dan juga perasan jeruk kunci. Salah satu otak-otak yang terkenal berasal dari Belinyu.

Di sana salah satu warung otak-otak legendaris yang kerap menjadi tujuan wisata yakni warung Afung.

Mie Belitung

Makanan khas Belitung berikutnya yakni mie Belitung. Mie Belitung dibuat dari mie kuning yang dilengkapi dengan potongan kentang rebus, irisan mentimun, tahu kotak serta ditaburi kerupuk emping.

Mie Belitung memiliki kuah kental yang terbuat dari kaldu udang. Makanan khas Belitung ini memang tak lepas dari kearifan lokal Pulau tersebut yang mengonsumsi tangkapan laut.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Belitung yang Bikin Nagih

gangan ikan©2021 Merdeka.com/instagram belitung24jam

Gangan Ikan

Makanan khas Belitung selanjutnya yakni gangan ikan. Seperti namanya, sajian ini menggunakan bahan dasar berupa olahan hasil laut yaitu berupa ikan. Adapun ikan yang digunakan dalam membuat sup ganggan biasanya menggunakan ikan tenggiri yang masih segar.

Selain itu, ikan yang digunakan bisa juga ikan yang banyak ditemukan di Belitung seperti ketarap, libam atau baronang, kakap merah, dan ikan bulat. Rempah yang digunakan adalah kunyit, lengkuas, serai, cabe rawit, bawang merah, terasi, asam jawa, garam, dan gula pasir. Sehingga menghasilkan warna kuah sup gangan kuning dan memiliki rasa asam, gurih dan pedas.

Orang Belitung memasak Sop Gangan hampir setiap hari.

Ketam Isi

Makanan khas Belitung yang tak kalah lezatnya yaitu ketam isi. Ketam isi atau istilahnya adalah kepiting isi. Makanan ini berbahan dasar kepiting yang isinya dikeluarkan dari cangkangnya, lalu dicampur bumbu, dan dimasukkan kembali ke cangkang. Setelah itu digoreng dan dapat dimakan bersama cangkangnya.

Rasanya yang lezat membuatnya menjadi kuliner yang tak terlupakan ketika berkunjung ke Belitung.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Belitung yang Wajib Dicoba

Suto Belitung

Makanan khas Belitung lainnya yaitu suto Belitung. Suto Belitung terdiri dari lontong, soun, emping, daging sapi dan kuah santan. Suto Belitung sekilas memang mirip ketupat sayur. Selain mengenyangkan, suto Belitung akan mengisi perut Anda yang kosong setelah berkeliling di Pulau Belitung.

Berego

Makanan khas Belitung yang unik yakni berego. Berego ini tampak mirip lontong jika dilihat sekilas, namun sebenarnya memiliki bahan yang berbeda. Berego dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung sagu.

Namun dalam menyajikan berego, sama dengan bagaimana menyajikan lontong yang dipotong-potong kemudian disiram dengan kuah sayur. Karena makanan khas Belitung ini memang menjadi makanan yang banyak dikonsumsi di Belitung, maka kuah sayur yang melengkapi berego pun umumnya gangan, lakse atau juga mie Belitong.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami