7 Manfaat Air Beras untuk Wajah yang Jarang Diketahui, Baik untuk Kecantikan

7 Manfaat Air Beras untuk Wajah yang Jarang Diketahui, Baik untuk Kecantikan
Ilustrasi air beras. © Boldsky
SUMUT | 6 Juni 2022 07:35 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Saat mencuci beras, jangan buru-buru membuang air beras bekas cuciannya. Siapa yang menyangka air beras ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Ada berbagai manfaat air beras untuk wajah yang jarang diketahui orang.

Air beras terdiri dari cairan tepung yang tersisa setelah beras direndam atau direbus. Air beras mengandung zat yang dikenal untuk membantu melindungi dan memperbaiki kulit.

Berikut selengkapnya merdeka.com merangkum manfaat air beras untuk wajah dan kecantikan yang jarang diketahui:

2 dari 3 halaman

1. Manfaat Anti Penuaan

Manfaat air beras untuk wajah yang jarang diketahui yaitu memiliki manfaat anti penuaan. Sebuah penelitian mengevaluasi efek formulasi gel yang mengandung air beras pada kulit manusia. 

Penelitian ini melibatkan 12 sukarelawan yang menggunakan formulasi selama 28 hari. Ditemukan bahwa air beras mengandung antioksidan yang dapat menghambat aktivitas elastase (enzim yang merusak elastin). Dengan demikian, dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

2. Efek Mencerahkan Kulit

Manfaat air beras untuk wajah dan kecantikan ini memang  belum terbukti secara ilmiah. Namun, orang-orang di Korea dan Jepang menggunakan air beras untuk meminimalkan noda dan mencerahkan kulit mereka. 

Air beras diduga mengandung beberapa enzim yang memiliki efek mencerahkan kulit. Inilah sebabnya mengapa digunakan sebagai bahan aktif dalam sabun dan krim.

3. Melindungi Penghalang Kulit

Penghalang kulit merupakan lapisan terluar dari sel kulit ditambah dengan matriks lipid dari ceramide, kolesterol, dan asam lemak yang menahan beragam jenis sel. Secara keseluruhan ini berfungsi sebagai penghalang dan pelindung dari iritasi lingkungan dan mikroba berbahaya.

Ketika penghalang alami kulit Anda terganggu, itu menjadi kering dan rentan terhadap kondisi kulit seperti dermatitis atopik. Sebuah penelitian menemukan bahwa tepung beras dapat membantu meningkatkan dan memperbaiki penghalang alami kulit. Manfaat air beras untuk wajah bisa bermanfaat bagi orang yang menderita dermatitis atopik

4. Menenangkan Sunburn

Manfaat air beras untuk wajah dapat menenangkan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Banyak orang merasa sangat bermanfaat untuk mengobati gejala ringan terbakar sinar matahari, seperti kemerahan, peradangan, dan gatal-gatal.

Saat dioleskan pada kulit, air beras berpati juga memiliki efek mengencangkan dan mengencangkan. Ini bisa sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan kulit berminyak.

5. Memudarkan Bekas Luka

Manfaat air beras untuk wajah untuk memudarkan bekas luka. Jika Anda mengalami masalah seperti kulit kusam, noda, atau warna kulit tidak merata, air beras fermentasi dapat sangat membantu. 

Ini akan meningkatkan produksi kolagen di kulit dan memberi Anda kulit yang kenyal dan bercahaya. Selain itu, ini juga membantu memudarkan noda, meringankan bekas luka, dan tambalan berpigmen. 

6. Antioksidan

Beras mengandung antioksidan, seperti inositol. Antioksidan membantu melawan efek radikal bebas, yaitu molekul volatil yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Perusahaan sering menambahkan antioksidan ke produk perawatan kulit.

Sebuah penelitian kecil tahun 2018 dengan 12 peserta menguji gel air beras pada kulit selama 28 hari. Para peneliti menemukan bahwa beras memiliki aktivitas antioksidan yang sama dengan asam askorbat, atau vitamin C.

7. Eksfoliasi

Manfaat air beras untuk wajah bisa sebagai eksfoliasi. Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit mati agar sel kulit baru bisa terbentuk (regenerasi). Jika tidak dibersihkan, penumpukan sel kulit mati ini akan menghambat peremajaan kulit wajah.

Gunakan beras harus sebagai eksfoliasi wajah alami agar wajah kamu semakin cerah dan sel kulit mati terangkat. 

3 dari 3 halaman

Cara menggunakan air beras di wajah

Setelah mengetahui manfaat air beras untuk wajah. Ada beberapa cara berbeda untuk menyiapkan air beras. Sebagian besar mengatakan bahwa jenis beras yang digunakan tidak masalah.

Air beras mendidih

Bilas beras secara menyeluruh dan tiriskan. Gunakan sekitar empat kali lebih banyak air daripada beras. Aduk beras dan air bersama-sama dan didihkan. Angkat dari kompor. 

Ambil sendok dan tekan beras untuk melepaskan bahan kimia yang bermanfaat, saring beras dengan saringan, dan dinginkan air dalam wadah kedap udara hingga seminggu. Encerkan dengan air biasa sebelum digunakan.

Perendaman air beras

Anda juga bisa membuat air beras dengan merendam beras dalam air. Ikuti proses yang sama seperti di atas, tetapi alih-alih merebus beras dan air, biarkan meresap setidaknya selama 30 menit sebelum menekan beras dan menyaringnya melalui saringan. Terakhir, dinginkan air beras.

Air beras fermentasi

Untuk membuat air beras fermentasi, gunakan proses yang sama untuk merendam beras. Kemudian, alih-alih mendinginkan air (setelah menekan dan menyaring beras), biarkan dalam stoples pada suhu kamar selama satu atau dua hari. 

Saat wadah mulai berbau asam, masukkan ke dalam lemari es. Encerkan dengan air biasa sebelum digunakan.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini