6 Manfaat Hula Hoop bagi Kesehatan, Bakar Kalori dan Perbaiki Postur

6 Manfaat Hula Hoop bagi Kesehatan, Bakar Kalori dan Perbaiki Postur
Ilustrasi hula hoop. Shutterstock/Yellowj
SUMUT | 18 Oktober 2021 08:15 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Hula hoop telah menjadi mainan populer selama lebih dari 60 tahun. Hula hoop bukan hanya sekedar mainan untuk anak-anak. Lebih dari itu, orang dewasa juga bise memperoleh manfaat kesehatan ketika memainkannya.

Satu studi dari American Council On Exercise menemukan bahwa latihan hula hoop selama 30 menit memiliki manfaat kebugaran yang serupa dengan olahraga lain seperti boot camp, kickboxing, atau kelas kardio dansa dengan durasi yang sama.

Seiring dengan bagaimana hula hoop menjadi bagian dari olahraga, muncul berbagai variasi hula hoop yang dikhususkan sebagai alat berolahraga.

Hula hoop berbobot adalah variasi dari versi plastik aslinya. Seperti namanya, hula hoop satu ini biasanya lebih berat. Hula hoop tersebut juga biasanya lebih besar dan terbuat dari bahan yang lembut.

Berikut manfaat hula hoop bagi kesehatannya jika rutin memainkannya melansir dari byrdie dan healthline:

2 dari 4 halaman

Membakar Kalori

Manfaat hula hoop yang pertama yakni dengan memainkannya dalam durasi tertentu dapat membantu membakar kalori. Studi menunjukkan bahwa hula hoop membakar antara 3 dan 7 kalori per menit, tergantung pada tipe tubuh seseorang dan jenis hoop yang  digunakan. Jumlah kalori yang dapat dibakar hula hooping sebanding dengan latihan berdampak rendah seperti berjalan.

Faktanya, hula hooping setara dengan boot camp atau cardio kickboxing dalam hal bagaimana jantung seseorang terpompa. Karena membakar sekitar 210 kalori dalam 30 menit, hula hooping adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari manajemen berat badan.

ilustrasi hula hoop
Shutterstock/Yellowj

Membangun Kekuatan Inti

Manfaat hula hoop berikutnya yakni dapat membantu membangun kekuatan inti. Ketika seseorang tidak terbiasa bermain hula hoop, ia tidak akan serta merta langsung berhasil melakukannya.

Dibutuhkan kekuatan ini dan kebiasaan untuk berhasil memainkan hula hoop ini. Hula hooping membutuhkan gerakan yang kuat di sekitar pinggul dan pinggang agar tidak jatuh. Anda dapat membangun otot perut yang kuat dan obliques dari hula hooping yang konsisten. 

Untuk tantangan yang lebih besar bagi inti tubuh dan peningkatan pembakaran kalori, hula hoop ring berbobot sangat pas untuk dicoba.

3 dari 4 halaman

Memperbaiki Postur

Manfaat hula hoop selanjutnya yakni memperbaiki postur. Jika Anda kesulitan mempertahankan postur tubuh yang baik, terutama jika duduk sepanjang hari, bermain hula hoop dapat membantu mempertahankannya. 

Karena seluruh tubuh Anda perlu dihidupkan dan bekerja sebagai satu unit untuk menjaga agar lingkaran tetap bergerak, otot-otot kecil yang kurang bekerja di punggung bagian atas, inti, glutes, dan kaki akan menyala, yang mengarah ke postur yang lebih baik.

Saat bermain hula hoop, bentuk tubuh Anda stabil dan terlibat sepanjang latihan. Melatih tubuh  dengan cara ini dapat memperbaiki postur tubuh, fungsi harian tubuh, dan menunjang kebugaran tubuh.

Meningkatkan Sistem Kardiovaskular

Mendapatkan cukup latihan cardio sangat penting untuk gaya hidup sehat. Hula hooping dapat membantu Anda melakukan aktivitas sedang (atau 75 menit) yang direkomendasikan selama 150 menit per minggu dengan cara yang menyenangkan dan menantang.

Kardio tidak hanya membantu mengurangi lemak tubuh, tetapi juga membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru sambil mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh Anda juga.

Semua faktor ini berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Latihan aerobik seperti hula hooping dapat meningkatkan kadar kolesterol, yang juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4 dari 4 halaman

Detoks Mental

Sangat penting untuk menikmati jenis olahraga yang dilakukan sehingga membuahkan hasil yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Menggunakan sesi olahraga sebagai cara untuk mengeluarkan tenaga dan menghilangkan stres berfungsi sebagai perawatan diri tugas ganda.

Hula hooping bisa menjadi olahraga yang menyenangkan untuk melepaskan endorfin.  Latihan ini juga membutuhkan perhatian penuh Anda untuk menjaga ritme, sehingga dapat mengalihkan pikiran  dari stres sehari-hari dan memungkinkan Anda untuk rileks secara mental selama beberapa menit.

hoop
www.liferetreat.co.za

Melatih Otot Tubuh Bagian Bawah

Bukan hanya otot inti manfaat hula hoop juga dapat melatih otot tubuh bagian bawah. Otot - otot di tubuh bagian bawah meliputi paha depan (depan paha), paha belakang (belakang paha), glutes, dan betis juga akan terasa terbakar, terutama jika Anda menggunakan ring pemberat.

Untuk menjaga gerakan depan-ke-belakang dan sisi-ke-sisi berjalan, Anda perlu merekrut otot-otot besar di kaki dan glutes Anda untuk membantu menggerakkan gerakan.

(mdk/amd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami