6 Manfaat Menggunakan Hand Cream Secara Teratur, Cegah Tangan Menua

6 Manfaat Menggunakan Hand Cream Secara Teratur, Cegah Tangan Menua
Ilustrasi memakai lotion. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Firman Wahyudin
SUMUT | 15 Juni 2022 17:30 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Dengan mencuci tangan terus-menerus dan penggunaan pembersih tangan yang konstan, sangat penting untuk merawat tangan Anda, dan krim tangan adalah cara yang baik untuk memulai.

Menggunakan krim tangan menjadi praktik gaya hidup sehat yang membantu tangan tetap terlindungi dan terhidrasi dengan baik. Krim tangan atau hand cream memiliki konsistensi yang lebih kaya dan dibuat dengan formula yang sangat melembapkan.

Berikut merdeka.com merangkum beberapa manfaat menggunakan hand cream secara teratur yang menarik diketahui:

2 dari 3 halaman

Tangan menua lebih cepat, hand cream mencegahnya

Manfaat hand cream yang pertama adalah mencegah tangan menua lebih cepat. Kulit di bagian atas tangan kita memiliki lebih sedikit kelenjar sebaceous dan karenanya mengering lebih cepat. 

Selain itu, mereka sering terpapar secara berlebihan oleh beberapa penyebab stres lingkungan termasuk matahari, air, kekeringan, polusi, dll. Faktor-faktor ini menyebabkan mereka mengembangkan tanda-tanda awal penuaan seperti pigmentasi, kerutan, dan penipisan kulit.

Membantu mengobati peradangan kulit

Manfaaf hand cream berikutnya dapat membantu mengobati peradangan kulit. Mencuci tangan dengan sabun yang keras dan pembersih kimia dapat menghilangkan kelembapan tangan dan menyebabkan iritasi dan peradangan kulit. 

Hal ini dapat menyebabkan kekeringan, gatal, kemerahan pada kulit .Jadi, setelah mencuci tangan, gunakan krim pelembab tangan untuk mengembalikan minyak alami di kulit.

Menggunakannya sesering mungkin akan mencegah peradangan dan menjaga tangan Anda tetap lembut dan kenyal.

3 dari 3 halaman

Bersifat Membersihkan

Tangan jelas merupakan aset paling berharga untuk melakukan banyak kegiatan termasuk makan. Dalam prosesnya, mereka sering terpapar patogen dan kuman yang tidak terlihat. 

Penggunaan cuci tangan atau sanitiser yang berlebihan dapat membahayakan kulit halus tangan Anda. Jadi, pilihlah krim tangan antibakteri berkualitas tinggi yang dapat menghidrasi sekaligus melindungi dari kuman.

Infeksi bakteri dan virus lebih mungkin terjadi pada tangan yang pecah-pecah atau berdarah. Kulit yang rusak dan terbuka menyimpan lebih banyak infeksi, dan sering mencuci tangan tidak akan banyak membantu kecuali kita menjaga rutinitas yang padat.

Menyembuhkan kulit kering

Tangan kita lebih rentan terhadap kekeringan daripada wajah kita karena kulit di punggung tangan kita tipis dan memiliki lebih sedikit kelenjar minyak.

Oleh karena itu, penting untuk mengoleskan krim tangan beberapa kali sehari untuk merawat kulit yang kasar, kering, dan pecah-pecah serta menjaganya agar tetap halus dan lembut. Pilih satu dengan vitamin C atau asam hialuronat untuk hasil yang lebih baik.

Membantu melepaskan stres

Berjam-jam melakukan pekerjaan rumah tangga dan pekerjaan lainnya dapat membuat tangan terasa lelah dan pegal.

Menerapkan krim tangan dapat memberi Anda pengalaman yang menenangkan dan damai dan membantu melepaskan stres. Aroma krim yang menyenangkan dapat membantu menenangkan saraf Anda dan menghilangkan kecemasan.

Jadi manjakan diri Anda dengan perawatan diri dengan memijat krim tangan setelah seharian bekerja yang melelahkan.

Memberi kuku yang sehat

Jangan lupa untuk mengoleskan krim tangan pada kuku dan kutikula, karena sangat rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur, terutama selama musim hujan.

Krim akan menjaga kuku tetap lembab, sehat, dan bersih serta menjauhkan mikroorganisme atau kotoran.

Menerapkan krim tangan berkualitas baik akan memastikan bahwa kutikula dan kuku dipelihara dan dirawat dengan baik, membuatnya tampak sehat, cerah dan berkilau.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini