7 Cara Menghilangkan Rasa Malas agar Kembali Bersemangat, Meditasi hingga Tidur Cukup

7 Cara Menghilangkan Rasa Malas agar Kembali Bersemangat, Meditasi hingga Tidur Cukup
Ilustrasi malas. shutterstock
SUMUT | 5 Oktober 2022 20:00 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Merasa kehilangan semangat dan enggan melakukan kegiatan produktif adalah hal yang wajar bagi manusia. Dalam beberapa titik dalam hidup, tentu ada masa-masa tersebut. Namun, yang tidak boleh adalah untuk terus merasa malas dan tidak bersemangat. Seringkali kita bahkan tidak sadar bahwa kita sedang merasakan malas dan tidak bersemangat.

Rasa malas dapat berpengaruh dalam produktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Selain berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari, rasa malas dapat juga berpengaruh dalam terhadap semangat dalam menikmati hobi.

Untuk dapat mengembalikan semangat dalam berkegiatan, berikut merdeka.com telah merangkum 10 cara menghilangkan rasa malas dan kembali bersemangat:

2 dari 3 halaman

Mencari Tahu Dulu Penyebabnya

Salah satu cara menghilangkan rasa malas dan kembali bersemangat dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Kemunculan rasa malas tersebut memang sulit untuk dibendung. Jika Anda mengalaminya, maka sebaiknya Anda mencari tahu apa penyebab di balik munculnya kemalasan tersebut.

Luangkan sedikit waktu untuk introspeksi diri supaya Anda bisa mengetahui faktor pemicu rasa malas itu. Rasa lelah, takut, atau kewalahan mungkin saja menjadi penyebab utama dari rendahnya motivasi Anda untuk melakukan aktivitas.

Anda dapat memulai proses tersebut dengan cara mencatat aktivitas harian yang Anda lakukan, setidaknya selama satu minggu. Aktivitas tersebut akan membuat lebih mudah untuk mendeteksi kegiatan dan menemukan pola yang mungkin saja menjadi celah kemalasan yang muncul di diri Anda sendiri.

Jika rasa malas tersebut muncul karena rasa lelah, maka beristirahatlah sebentar dan fokuskan diri untuk rileks. Namun bila penyebabnya adalah kewalahan karena terlalu banyak pekerjaan, maka sebaiknya mundur sesaat untuk mengatur prioritasmu dan mengatasinya satu per satu.

Lakukan Aktivitas Fisik

Rasa malas bisa saja muncul karena Anda sulit untuk fokus. Melakukan aktivitas fisik dapat mengembalikan fokus yang hilang.  Anda dapat menyelipkan aktivitas fisik di sela-sela kegiatan seperti jalan-jalan santai ketika jam istirahat dan lain sebagainya.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa aktivitas fisik ataupun olahraga bisa membuat pikiran seseorang menjadi lebih fokus. Dengan demikian, Anda akan jauh lebih semangat dan rasa malas akan berangsur hilang. Selain itu, olahraga yang teratur juga terbukti bisa meningkatkan kemampuan konsentrasi Anda dalam jangka panjang.

Lakukan Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara menghilangkan rasa malas dan kembali bersemangat yang tidak harus Anda lakukan dalam waktu yang lama. Melakukan meditasi secara singkat tapi rutin di waktu tertentu, misalnya saja sebelum memulai hari atau ketika istirahat kerja, diketahui bisa membuat Anda lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Selain itu, Anda bisa merasa lebih tenang dan pada akhirnya dapat mengelola perasaan dengan baik, termasuk membuang rasa malas. Salah satu teknik meditasi yang dapat Anda coba adalah meditasi Kundalini.

3 dari 3 halaman

Lawan Rasa Bosan

Rasa bosan seringkali disalah artikan dengan rasa malas, padahal kedua hal itu sangat berbeda. Orang yang bosan umumnya hanya tidak tertarik untuk melakukan satu kegiatan tertentu, namun masih ada keinginan untuk melakukan hal yang berbeda.

Untuk mengatasi rasa malas, cobalah untuk melakukan hal-hal yang menarik hati Anda dan bisa membuatmu senang. Sehingga semangat akan berangsur kembali dan rasa malas hilang.

Jalani Hobi

Melakukan aktivitas yang sama secara terus-menerus bisa membuat orang merasa jenuh dan malas untuk melakukannya lagi. Dengan menyelingi kegiatan Anda dengan hobi dapat menjadi salah satu cara menghilangkan rasa malas dan kembali bersemangat yang cukup ampuh.

Rutin menyisakan waktu untuk melakukan hobi bisa membuatmu merasa lebih bahagia dan semangat menikmati hidup.

Tidur Cukup

Kurang tidur atau istirahat akan membuat tubuh mudah lelah dan sulit untuk fokus, terlebih lagi setelah berjam-jam melakukan berbagai macam kegiatan. Apabila tubuh dibiarkan tidak memperoleh istirahat, maka rasa malas akan menjadi-jadi.

Untuk mengatasinya, Anda perlu istirahat dengan cukup setiap kali selesai mengerjakan sesuatu. Tubuh juga membutuhkan asupan tenaga lagi di sela-sela kegiatan, sehingga Anda tidak akan merasa kelelahan dan malas untuk melanjutkan aktivitas lagi.

Selain itu, alangkah lebih baik untuk tidur minimal 7 hingga 9 jam per harinya supaya tubuh Anda terasa segar dan siap untuk menjalani hari-hari.

Menikmati Alam

Cara menghilangkan rasa malas dan kembali bersemangat yang paling mudah dilakukan adalah dengan menikmati pemandangan alam. Sebuah penelitian membuktikan bahwa menikmati alam dengan melihat tanaman seperti padang rumput, pepohonan, ataupun bunga dapat mengembalikan semangat dan membuat pikiran menjadi lebih jernih.

Apabila Anda tidak sempat untuk pergi mengunjungi tempat-tempat yang menawarkan pemandangan alam, maka Anda bisa menggantinya dengan meletakkan pot tanaman di dekat meja kerja.

Demikian beberapa cara untuk menghilangkan rasa malas dan kembali bersemangat.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini