7 Cara Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas, Makan Lebih Sedikit

7 Cara Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas, Makan Lebih Sedikit
Cuaca panas di Rusia. ©Alexander NEMENOV/AFP
SUMUT | 18 Mei 2022 07:15 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Dengan berlalunya waktu, suhu menjadi sangat tinggi dan itu memengaruhi kesehatan kita. Cuaca panas dapat membahayakan kesehatan. Penyakit yang berhubungan dengan panas meliputi serangan panas, kelelahan karena panas, pingsan karena panas, ruam panas dan kram otot.

Sangat penting untuk berhati-hati selama suhu yang mudah menguap. Ada beberapa cara untuk tetap menjaga kesehatan selama cuaca yang panas. Cara-cara ini mungkin terkadang dilupakan karena tampak sepele, namun cara inilah yang membuat kita tidak tumbang ketika udara terlalu panas. Berikut cara menjaga kesehatan saat cuaca panas:

2 dari 3 halaman

Tetap Segar dan Terhidrasi

Cara menjaga kesehatan saat cuaca panas paling banyak dibicarakan yaitu tetap terhidrasi. Minum banyak air, setidaknya dua hingga empat cangkir saat bangun di pagi hari, dan jumlah yang sama untuk aktivitas dan olahraga. 

Bawalah air bersama Anda dalam tumblr setiap kali Anda pergi keluar. Sebagian besar dari kita membutuhkan dua hingga tiga liter air per hari dan lebih banyak lagi dalam cuaca panas atau dengan berkeringat dan berolahraga. 

ilustrasi minum air putih
©pexels-Daria Shevtsova

Jadi sangat penting untuk menjaga diri terhidrasi dengan minum setidaknya delapan sampai sembilan gelas air sehari.

Lindungi Diri dari Paparan Berlebih

Salah satu cara menjaga kesehatan saat ciaca panas adalah menjaga tubuh dari paparan berlebihan. Aktivitas aerobik sangat penting untuk menjaga jantung tetap kuat dan sehat. 

Anda harus banyak menghirup dan menghembuskan napas serta melakukan olahraga ringan secara teratur. Jika Anda hanya berolahraga di klub kesehatan atau gym, luangkan waktu untuk melakukan aktivitas luar ruangan yang menyegarkan. Ini akan membantu meningkatkan tingkat energi.

Memiliki Pola Makan yang Sehat dan Tepat

Cara menjaga kesehatan saat cuaca panas berikutnya adalah mengikuti diet seimbang. Mempertahankan diet yang tepat dan makan buah dan sayuran musiman secara teratur adalah suatu keharusan. 

Mengonsumsi makanan ringan dan dingin (buah segar, jus sayuran, salad mentah, penting, dan banyak air) akan menyehatkan tubuh Anda untuk aktivitas di luar ruangan. Sertakan beberapa protein dengan satu atau dua kali makan dalam diet dan hindari makanan berminyak atau junk food.

3 dari 3 halaman

Miliki Perawatan Kulit yang Tepat

Cara menjaga kesehatan saat cuaca panas yang paling penting adalah merawat kulit. Kulit harus dilembapkan dengan benar di musim panas. Untuk kulit kering total, Anda juga bisa menggunakan krim pelembab. 

Wajah atau kulit harus dicuci dengan benar di cuaca panas untuk melindunginya dari sengatan panas dan partikel debu.

Hindari Minuman Keras Berlebihan

Cara menjaga kesehatan saat cuaca panas selanjutnya adalah menghindari minuman keras. Over-Intoxication dapat mempengaruhi kesehatan hingga menjadi buruk. Juga, minum alkohol di bawah sinar matahari dapat membuat Anda dehidrasi parah karena Anda berkeringat dan buang air kecil lebih banyak.

ilustrasi vitamin d
alanurla.org

Miliki Suplemen Nutrisi yang Diperlukan

Suplemen nutrisi yang tepat dapat mendukung Anda dengan energi fisik yang lebih besar dan meningkatkan aktivitas cuaca panas. 

Vitamin B kompleks mengendurkan sistem saraf dan sangat membantu untuk produksi energi sel. Antioksidan lainnya melindungi tubuh dari stres, polutan kimia, dan produk sampingan biokimia dari olahraga.

Makan Lebih Sedikit dan Lebih Ringan

Anda harus makan kecil dan ringan sebagai bagian dari rutinitas perawatan kesehatan saat cuaca panas. Hindari makanan berat seperti fast food, junk food, dll.

Makanan berat sulit dicerna, membuat malas, dan meningkatkan kolesterol, yang berdampak buruk bagi kesehatan. Sebaliknya, fokuslah pada makanan ringan seperti salad, buah, minuman hijau, dll., yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk dicerna. Anda juga harus mempertimbangkan sayuran berdaun dalam makanan Anda secara teratur di cuaca panas.

(mdk/amd)

Baca juga:
Penyebab Ambeien Kambuh dan Cara Mengatasinya, Lakukan Hal Ini
12 Faktor Penyebab Haid Telat, Bukan Hanya Kehamilan
5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mencegahnya
Penyebab Gusi Bengkak pada Anak dan Cara Mengobatinya, Orang Tua Wajib Tahu
7 Makanan Sumber Omega 3 Selain Ikan, Cocok untuk Vegetarian
Kenali Eksim Basah, Lengkap dengan Pengobatannya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami