7 Khasiat Biji Kelor untuk Kesehatan, Bantu Atasi Penyakit Asma

7 Khasiat Biji Kelor untuk Kesehatan, Bantu Atasi Penyakit Asma
Daun kelor. © Moringafarms.com
SUMUT | 28 Februari 2022 11:30 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Kelor adalah jenis tanaman yang sangat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Seringkali, tanaman yang memiliki ukuran daun kecil ini diolah menjadi berbagai macam menu makanan. Selain rasanya yang lezat, daun kelor juga mengandung segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Tidak hanya daunnya, biji kelor juga memiliki kandungan manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari Healthline, biji kelor mengandung vitamin C, kalsium, kalium, protein, hingga zat besi yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan khasiat biji kelor, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung layaknya seperti kacang. Selain itu, Anda juga bisa merebusnya seperti kacang polong dan menggunakannya sebagai lauk untuk makanan apa pun.

Lantas, apa saja khasiat biji kelor untuk kesehatan? Simak beragam khasiat biji kelor yang merdeka.com lansir dari Healthline:

2 dari 4 halaman

Mengatasi Insomnia

ilustrasi insomnia
©2012 Merdeka.com

Salah satu khasiat biji kelor untuk kesehatan, yaitu mengatasi insomnia. Biasanya, kondisi ini akan menimbulkan penurunan kualitas tidur yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, baik tubuh maupun mental. Gangguan tidur jika tidak segera diatasi dapat memicu terjadinya penyakit berbahaya lainnya.

Untuk itu, bagi Anda yang sulit tidur nyenyak, tidak ada salahnya untuk minum air rebusan biji kelor sebelum waktu tidur. Dengan mengonsumsi rebusan ini, dipercaya efektif untuk mengatasi gangguan tidur. Tentu saja, khasiat biji kelor ini bisa diperoleh dengan cara mengonsumsinya secara teratur.

Mengontrol Gula Darah

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula darah. Penyakit ini apabila tidak segera diatasi maka dapat membahayakan kesehatan tubuh. Pasalnya kelebihan gula darah dapat menimbulkan masalah kronis, seperti penyakit jantung hingga stroke.

Cara mengatasi penyakit diabetes salah satunya mengonsumsi biji kelor. Kandungan senyawa berupa isothiocyanate pada tanaman ini berfungsi efektif menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukan seseorang yang mengonsumsi setidaknya 50 gram daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah sebanyak 21%.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat biji kelor yang tak kalah penting lainnya ialah meningkatkan kekebalan tubuh. Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah maka akan dengan mudah terserang penyakit.

Sebaliknya, orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu cara meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah mengonsumsi biji kelor.

Kandungan nutrisi asam amino pada biji kelor berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi bijikelor juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

Mencegah Penyakit Hati

ilustrasi hati
©2013 Merdeka.com/Shutterstock/O2creationz

Khasiat biji kelor yang selanjutnya, yaitu berguna untuk menjaga kesehatan hati. Biji kelor memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat antioksidan tersebut ialah meningkatkan kesehatan hati secara keseluruhan.

Dalam penelitian yang dimuat The Journal of Food Science, juga menyebutkan manfaat biji kelor bagi kesehatan hati. Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa dengan mengonsumsi biji kelor secara rutin, dapat memperbaiki kerusakan hati akibat hepatitis.

Mengatasi Penyakit Asma

Khasiat biji kelor lainnya, yaitu dapat digunakan sebagai obat asma. Ekstrak dari biji kelor ini dipercaya bermanfaat sebagai obat alami untuk penyakit asma bronkial. Sifat antispasmodic yang ada pada biji kelor mampu membantu mengurangi tingkat keparahan serangan asma.

Selain itu, biji kelor juga memiliki sifat antiinflamasi yang efektif membantu mengatasi peradangan pada saluran pernapasan.

4 dari 4 halaman

Mencegah Penuaan Dini

ilustrasi wajah cantik

©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/aslysun

Selain memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, biji daun kelor juga efektif untuk mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan yang tinggi pada biji kelor berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya keriput yang terjadi akibat radikal bebas.

Selain itu, biji kelor juga efektif melindungi keutuhan elastin pada kulit yang berfungsi untuk menjaga kulit. Dengan menggunakan daun kelor sebagai masker, dapat membantu mencegah penuaan dini.

Mengatasi Kulit Berminyak

Biji kelor memiliki kandungan vitamin A, E, dan C yang berfungsi efektif untuk menghilangkan kulit berminyak. Caranya cukup mudah, tumbuk biji kelor, campur dengan sedikit air, lalu oleskan pada kulit yang berminyak.

Agar mendapatkan manfaat biji kelor untuk wajah berjerawat dengan maksimal, lakukan cara ini secara rutin dan teratur. Dengan begitu, kulit wajah Anda akan terbebas dari kulit kering dan berminyak.

(mdk/jen)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini